Budaya toxic yang membuat para kru atau aktris tidak nyaman saat berada di lokasi produksi merupakan salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh sederet artis Hollywood. Dan hal ini pun ternyata juga sempat dialami oleh mega bintang Hugh Jackman. Menurut penuturannya, dia sempat merasakan pengalaman kurang menyenangkan saat proses produksi salah satu film X-Men garapan 20th Century Fox.

Dalam sebuah wawancara dengan The Guardian untuk mempromosikan film terbarunya, The Son, Jackman sempat menceritakan pengalaman buruknya terkait budaya toxic yang dilakukan oleh Bryan Singer di awal kemunculannya sebagai aktor dalam produksi film X-Men.

Ini (X-Men) adalah film pertamaku di Amerika, kau harus paham; semuanya benar-benar baru untukku. Rasanya adil untuk mengatakan bahwa… Ada beberapa cerita, kau tahu… Aku pikir ada beberapa sikap yang bisa muncul di set (pengambilan gambar) yang tidak akan terjadi pada masa sekarang. Dan aku pikir semuanya sudah berubah menjadi lebih baik. Tidak ada lagi toleransi terhadap sikap tidak menghargai, marjinalisasi, perundungan, dan sikap yang penuh kekerasan. Tidak ada toleransi untuk hal tersebut sekarang dan orang-orang akan berbicara, dan aku pikir itu hal yang baik.

Kasus Hukum Bryan Singer

Bryan Singer sendiri merupakan sutradara bagi beberapa film X-Men yang sempat diproduksi Fox. Sayangnya, tidak semua film X-Men yang disutradarai oleh Singer berhasil meraih kesuksesan. Meskipun begitu, Singer sendiri terus dipercaya untuk mengerjakan berbagai judul X-Men oleh pihak rumah produksi. Dan berbicara mengenai Singer, namanya sempat menjadi perbincangan publik dalam beberapa waktu belakangan akibat kasus hukum yang mengarah kepadanya.

Salah satu kasus hukum yang banyak disorot oleh berbagai media adalah bagaimana Bryan Singer melakukan hal toxic seperti perundungan, melakukan tindakan kekerasan, dan hal lainnya dalam proses produksi film yang ia garap, termasuk X-Men. Berdasarkan jawaban dari Hugh Jackman, Bryan Singer jelas memberikan pengalaman yang kurang menyenangkan terhadap sosok Hugh Jackman apalagi saat itu dia baru saja merintis karir sebagai aktor Hollywood.

Selain Hugh Jackman, beberapa nama besar Hollywood juga sempat menyuarakan pendapat mereka tentang sosok Bryan Singer. Misalnya, aktris Halle Berry yang mengatakan jika Bryan Singer merupakan salah satu sosok yang sangat sulit untuk diajak bekerja sama dalam sebuah tim. Jennifer Lawrence juga mengatakan dalam salah satu proses produksi, dia pernah melihat banyak orang yang marah terhadap Singer. Dengan berbagai pengalaman buruk tersebut, diketahui jika Bryan Singer sudah mulai jarang lagi menggarap proyek film layar lebar.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.