Proyek film adaptasi seri game balapan, Gran Turismo, garapan rumah produksi Sony Pictures hadirkan teaser perdananya beberapa saat yang lalu. Buat Geeks penggemar video game khususnya bergenre balapan, tentunya sudah tidak asing dengan game Gran Turismo. Ini merupakan salah satu judul game balapan klasik yang luar biasa populer, bahkan hingga saat ini. Sudah banyak judul yang kemudian dihadirkan di franchise Gran Turismo.

Rumah produksi Sony Pictures kemudian coba mengadaptasi seri game tersebut dalam versi layar lebar. Dengan judul yang sama, Gran Turismo disutradarai oleh Neill Blomkamp dan naskah skripnya ditulis oleh Jason Hall dan Zach Baylin. Filmnya sendiri dijadwalkan akan rilis pada 11 Agustus 2023 mendatang. Dan untuk mulai mempromosikan filmnya, Sony Pictures kemudian merilis teaser singkat yang menghadirkan sedikit gambaran alur cerita di filmnya.

Terinspirasi Dari Sebuah Kompetisi

Berdasarkan informasinya, film Gran Turismo ini terinspirasi dari sebuah peristiwa nyata dari sebuah kompetisi yaitu GT Academy. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Nissan dan Sony tersebut memiliki hadiah utama di mana pemenangnya akan jadi bagian dari Nissan’s Driver Development Programme, sebuah program untuk melatih atau menjadi seorang pebalap profesional di sirkuit. Salah satu peserta atau pemenang yang sukses dari program ini adalah Jann Mardenborough.

Berkat kemampuannya dalam bermain game Gran Turismo, Jann akhirnya berhasil menang di kompetisi GT Academy dan akhirnya dia berhasil mewujudkan mimpinya untuk menjadi seorang pebalap mobil profesional dunia. Setelah berhasil menang di tahun 2011, Jann kemudian berlaga di berbagai kompetisi balapan seperti 24 Hours of Le Mans, Japan GT Super Series, dan GP3 Series. Karakter Jann sendiri diketahui akan diperankan oleh Archie Madekwe.

Sederet aktor beken lainnya juga diketahui akan ikut berakting dalam film ini, seperti Orlando Bloom dan David Harbour. Seperti film adaptasi game lainnya, Gran Turismo sempat juga mengalami berbagai momen negatif saat proses pengembangan. Bahkan, di tahun 2018 proyek film ini akhirnya sempat dibatalkan setelah lima tahun masa pengembangan. Blomkamp sendiri merupakan sutradara kedua yang ditunjuk untuk mengerjakan filmnya. Sejak kembali dikerjakan pada 2022 kemarin, semuanya mulai berjalan lancar. Proses produksinya sendiri selesai pada Desember kemarin.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.