Diperkenalkan sebagai entitas dari Beyond Universe, Beyonder dianggap sebagai makhluk multiverse yang jauh lebih kuat dari sebagian besar entitas kosmik Marvel. Konon sosok sekuat Galactus, Eternity, bahkan Living Tribunal, tidak lebih dari sekadar ‘mainan’ bagi Beyonder. Menariknya, belum lama ini sebuah rumor terbaru mengklaim bahwa Beyonder akan jadi villain utama di film MCU mendatang yang sudah sangat diantisipasi penggemar, yaitu Avengers: Secret Wars. Terlepas dari kebenaran rumornya, tidak ada salahnya kita selami lebih dalam seperti apa asal usul dan kehebatan dari villain terkuat Marvel ini.

Beyonder, Pemicu Secret Wars di Marvel

Pertama kali diceritakan di komik Secret Wars (1984), Beyonder digambarkan sebagai makhluk multiverse yang tidak sengaja tiba di semesta utama Marvel. Tertarik dengan semestanya, Beyonder yang penasaran lantas mulai menculik sejumlah superhero dan supervillain, kemudian menempatkan mereka di sebuah planet ciptaannya, Battleworld. Dengan mengiming-imingi hadiah menarik bagi pemenangnya, Beyonder sengaja membuat para karakter Marvel saling bertarung. Di mana tujuannya hanya satu, yaitu menonton konflik mereka, karena bagi Beyonder hal tersebut sangatlah menyenangkan.

Di kisah Secret Wars pertama ini, Doctor Doom sempat diceritakan berhasil mencuri kekuatan Mahakuasa Beyonder, sebelum akhirnya Beyonder berhasil memanfaatkan Ulysses Klaw untuk merebut kembali kekuatannya sekaligus mengembalikan semuanya ke Bumi. Sukses dengan kisah pertama, setahun kemudian Marvel kembali menghadirkan Beyonder di kisah Secret Wars II (1985). Kali ini Beyonder diceritakan menggunakan kekuatannya untuk mengambil bentuk makhluk fana agar bisa berbaur dengan pahlawan dan penjahat, sehingga dia bisa mengetahui arti dari emosi manusia seutuhnya.

Saat tertarik untuk menjadi pahlawan Bumi, Beyonder mencoba untuk menghilangkan konsep kematian di alam semesta. Namun, karena masih merasa tidak puas dia lantas berniat menghancurkan multiverse demi kesenangannya. Pada titik inilah dia mendapatkan perlawanan dari para superhero termasuk Avengers, yang akhirnya berhasil membunuh Beyonder dengan bantuan Molecule Man. Di kisah Secret Wars terbaru yang rilis pada tahun 2015, diceritakan bahwa sebenarnya Beyonder adalah ‘bayi’ dari bangsa alien Beyonders yang memang ingin menghancurkan multiverse Marvel.

Dianggap Makhluk Paling Kuat di Multiverse

Berdasarkan sejarah singkat Beyonder di atas, sebenarnya sudah cukup jelas bahwa dia bukanlah makhluk sembarangan di Marvel Universe dan juga multiverse secara keseluruhan. Faktanya dia memang dianggap sebagai makhluk paling kuat di multiverse, bahkan lebih kuat dari sebagian besar entitas kosmik Marvel. Konon dengan kekuatan psioniknya, Beyonder bisa membaca semua pikiran makhluk hidup yang eksis di Marvel Universe sekaligus menghapus ingatan tentang dirinya.

Hampir semua kekuatan umum dari para superhero dan villain Marvel, dimiliki juga oleh Beyonder. Misalnya kekuatan fisik super, kemampuan untuk terbang, memanipulasi materi, memanipulasi realitas, teleportasi, dan masih banyak lagi. Singkatnya, Beyonder adalah makhluk Mahakuasa yang bisa menghancurkan multiverse hanya dengan pikirannya saja. Meskipun versi terbarunya cenderung dilemahkan oleh Marvel, tetapi dia masih mempunyai kekuatan untuk memanipulasi realitas. Kekuatan psioniknya juga masih memungkinkan Beyonder untuk mewujudkan semua kekuatan yang ada dipikirannya.

Berpotensi Muncul di Avengers: Secret Wars

Seperti yang sudah disinggung di awal, menurut sebuah rumor dari scooper Marvel yang cukup kredibel, MyTimeToShineHello, supervillain Beyonder akan jadi antagonis utama di film MCU, Avengers: Secret Wars. Di mana dia akan bertindak sebagai varian terkuat Kang the Conqueror sekaligus diperankan oleh aktor Jonathan Majors. Terlepas dari kebenaran rumornya, Marvel Studios memang sudah mengonfirmasi bahwa Secret Wars akan jadi tema utama untuk film Avengers keenam, tentunya setelah film Avengers: The Kang Dynasty yang tayang lebih dahulu.

Jika rumor ini benar, ada kemungkinan tujuan Kang di The Kang Dynasty sebenarnya ingin memperingatkan para superhero MCU, khususnya Avengers baru, tentang potensi kedatangan entitas Mahakuasa Beyonder. Mirip seperti He Who Remains yang muncul di serial Loki, di mana dia membahas potensi kemunculan varian Kang yang lebih jahat darinya. Dengan kata lain, sama seperti kematian He Who Remains yang telah memicu kemunculan Kang the Conqueror, kematian Kang pada masa yang akan datang juga secara tidak langsung akan membuka jalan bagi Beyonder untuk eksis di Secret Wars MCU.

Itulah pembahasan tentang sosok Beyonder, lawan terkuat Avengers yang telah berkali-kali memicu peristiwa Secret Wars. Jika rumor kemunculannya di film Avengers: Secret Wars benar, artinya Kang yang selama ini digadang-gadang sebagai big bad villain baru MCU, sebenarnya masih belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Beyonder. Kita lihat saja nanti seperti apa kebenarannya saat film Avengers: The Kang Dynasty dan Secret Wars tayang secara berurutan pada 7 November 2025 dan 1 Mei 2026 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.