Healing Factor adalah salah satu kekuatan super yang paling istimewa sekaligus terkenal sangat kuat di Marvel Universe. Faktanya, siapa pun yang terbukti memiliki kekuatan ini, digadang-gadang mampu hidup sampai akhir zaman alias abadi. Hal tersebut bisa terjadi karena healing factor sendiri memungkinkan pemilik kekuatannya untuk menyembuhkan diri dari luka paling fatal sekalipun. Namun, tahukah kalian bahwa di Marvel Universe sebenarnya ada 4 senjata anti healing factor yang dapat membunuh sosok seperti Wolverine, Deadpool, X-23, Daken, dan sebagainya. Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Muramasa

Senjata anti healing factor pertama yang paling populer di kalangan penggemar adalah Muramasa. Katana berwarna merah darah yang ditempa oleh ahli pedang abadi bernama Muramasa ini mampu menetralisir kekuatan healing factor. Sehingga ketika katana Muramasa dipakai untuk menebas sosok seperti Wolverine, maka orang tersebut tidak akan bisa menyembuhkan lukanya sendiri.

Wolverine sendiri pernah menggunakan katana ini untuk membunuh Sabretooth, sebelum akhirnya jatuh pada keturunannya yang bernama Daken. Di mana Daken kemudian sengaja menghancurkan dan menanamkan serpihan Muramasa ke cakarnya agar bisa melukai Wolverine. Sedangkan sisa dari pecahan pedang tersebut dikumpulkan oleh orang jahat untuk kemudian dilelehkan dan diubah menjadi peluru anti healing factor.

Soulcutter

Soulcutter adalah pedang raksasa yang hanya boleh digunakan oleh Lord of Hell alias penguasa Neraka. Sesuai dengan namanya, Soulcutter merupakan pedang yang dimaksudkan untuk langsung memotong jiwa para korbannya. Di Marvel Universe, sosok pertama yang memiliki pedang ini adalah Marduk Kurios alias Satan. Dia mengklaim bahwa ketika pedang ini telah melukai tubuh seseorang, maka orang tersebut tidak akan pernah bisa menyembuhkan dirinya sendiri, karena pada dasarnya rohnya juga sudah terluka.

Selain pernah dimiliki oleh Satan, Soulcutter juga pernah jatuh ke tangan Wolverine, kemudian Sabretooth, dan terakhir kepada Puck, tepatnya ketika mereka mengunjungi Neraka. Namun pada akhirnya mereka semua sengaja merelakan pedang Neraka ini, begitu juga dengan jabatan Lord of Hell, agar bisa kembali ke dunia nyata.

Carbonadium

Di Marvel Universe, carbonadium dikenal sebagai elemen radioaktif yang mampu meniadakan efek healing factor. Ada banyak sekali karakter Marvel yang pernah diceritakan memanfaatkan carbonadium. Misalnya Doctor Octopus yang menciptakan lengan robotiknya dari carbonadium, kemudian Moon Knight juga pernah menciptakan kostumnya dari lapisan carbonadium. Namun di antara mereka semua hanya Deadpool yang menjadikan carbonadium sebagai senjata, lebih tepatnya katana kembar yang dimiliknya.

Tidak dijelaskan secara pasti bagaimana cara kerja radioaktif dari cabonadium bisa dimanfaatkan sebagai anti healing factor. Yang jelas Deadpool sendiri pernah menggunakan katana carbonadiumnya untuk membunuh para varian Deadpool jahat yang ingin membunuhnya. Di kisah lain, carbonadium juga pernah dijadikan peluru untuk membunuh para pemilik kekuatan healing factor, seperti Wolverine, Daken, dan sebagainya.

Annihilator

Senjata anti healing factor terakhir yang digadang-gadang dapat membunuh sosok seperti Deadpool dan Wolverine adalah Annihilator. Pencipta dari senjata mematikan ini adalah Weasel, mantan sidekick Deadpool yang memang terkenal sering menciptakan berbagai macam senjata canggih nan berbahaya. Saat bertemu kembali dengan Deadpool, Weasel pernah hampir menarik pelatuk Annihilator, tetapi akhirnya mengurungkan niatnya. Walaupun begitu, Weasel sendiri sempat menjelaskan kepada Deadpool bahwa “senjata ini akan melarutkan tubuhmu sampai ke tingkat atom.” Dan Deadpool sendiri tampaknya tidak membantah pernyataan tersebut.

Itulah berbagai senjata anti healing factor yang sudah diperkenalkan oleh Marvel melalui cerita komiknya. Perlu kita catat bahwa dari semua senjata yang ada di daftar ini memang yang efeknya sudah dibuktikan langsung hanyalah katana carbonadium Deadpool dan katana Muramasa. Namun, mengingat Deadpool dan Wolverine juga pernah terlibat dalam kisah yang melibatkan dua senjata lain, yaitu Annihilator dan Soulcutter, sepertinya tujuan Marvel sendiri memang mengarah pada kesimpulan yang sama. Di mana semua senjata ini memang dimaksudkan untuk membunuh pemilik kekuatan healing factor, siapa pun itu.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.