Selama ini, kita mengenal Power Rangers sebagai pahlawan asal Jepang. Ada banyak versi Power Rangers yang pernah dibuat, tetapi mayoritas tim Power Rangers terdiri dari 5 anggota. Mereka adalah pahlawan yang turun saat para villain jahat mencoba mengusik kedamaian dunia. Tetapi Geeks, sebenarnya tak selamanya Power Rangers baik. Karena ada beberapa dari mereka yang justru menjadi jahat dan mengancam Bumi. Siapa saja? Simak berikut ini Geeks!

Lord Drakkon

Buat penggemar Power Rangers, rasanya Tommy Oliver sudah tidak asing di telinga kalian. Dia melakukan debut sebagai Power Rangers hijau, dan menjadi musuh Power Rangers utama. Dalam komik Mighty Morphin Power Rangers, dia diceritakan membantu Rita Repulsa dan mendapat kekuatan White Rangers. Kekuatan White Ranger dan Green Ranger-nya lantas menyatu dalam tubuh Tommy Oliver, sehingga membuat kostumnya memiliki perpaduan putih dan hijau. Dan setelah mendapat kekuatan tersebut, Oliver membunuh Rita Repulsa dan mengganti namanya menjadi Lord Drakkon. Kekuatannya sudah tidak diragukan lagi, dan ia pernah membunuh beberapa Power Rangers baik.

Trek (Pyscho Green)

Trek pertama kali dikenalkan sebagai Supersonic Ranger. Dalam ceritanya, Trek berubah menjadi jahat karena perbedaan cara pandang dengan timnya. Karena itulah dia memutuskan bertarung dengan mantan timnya. Bahkan, dia juga dengan tega membunuh mantan rekan-rekannya tersebut dalam sebuah ledakan. Selain membunuh rekan satu tim, Trek juga pernah membunuh Power Rangers lainnya seperti Mighty Morphin. Trek menjadi kuat seperti sekarang setelah dia bertemu dengan Dark Specter, yang mengubahnya menjadi Pyscho Green. Dan setelah kejadian tersebut, Trek terus memberikan terror di dunia.

Shadow Rangers

Shadow Rangers sebenarnya adalah pasukan khusus yang diciptakan oleh Onikage. Onikage menciptakan mereka menggunakan bayangan dari para Rangers. Meskipun terdengar seperti lelucon, tetapi mereka sangat menyulitkan lawan. Pasalnya masing-masing dari mereka mampu menirukan keterampilan para Rangers. Akan sangat sulit mengalahkan mereka dalam pertarungan satu lawan satu. Terbukti, ketika pertarungan terjadi, para Rangers sempat kesulitan. Serangan para Rangers tidak bisa melukai Shadow Rangers. Tetapi beruntung karena Shadow Rangers akhirnya dihancurkan setelah para Rangers mengalahkan penciptanya yaitu Onikage.

The Dark Rangers

The Dark Rangers sebenarnya memiliki dua inkarnasi berbeda. Inkarnasi pertama dapat kita temui di Mighty Morphin Power Rangers Season 2. Dalam inkarnasi tersebut, timnya terdiri dari Justin, Bobby, Zane, Kristen, dan Trina, dan mereka dibentuk oleh Lord Zedd. Kostum mereka pun sangat sedeharna, dengan simbol Z besar di dada mereka. Sementara inkarnasi kedua, tim ini terdiri dari para penjahat dari seluruh dunia. Kostum mereka juga sama dengan yang digunakan oleh para Rangers biasa. Inkarnasi kedua ini juga sama-sama diciptakan oleh Lord Zedd. Nasib kedua inkarnasi The Dark Rangers sendiri berakhir dengan kekalahan.

Rita Repulsa

Di film Power Rangers yang rilis tahun 2017, film tersebut memperkenalkan versi baru Rita Repulsa yang diperankan oleh Elizabeth Banks. Dalam versi tersebut, Rita Repulsa diceritakan sebagai Green Rangers, dan berada di tim yang sama dengan Zordon. Namun pada akhirnya dia mengkhianat Zordon dan rekan-rekan Power Rangersnya demi mengambil Zeo Crystal, sebuah artefak yang dapat digunakannya untuk mengendalikan kehidupan dan kematian. Dalam film tersebut, Power Rangers mencoba menghentikan Rita, tetapi kemudian mereka berhasil dikalahkan dengan hanya menyisakan Zordon. Tetapi pada akhirnya Zordon berhasil menghentikan Rita Repulsa yang semakin liar.

Heckyl Dark Ranger

Dalam peristiwa Shattered Grid, Heckyl Dark Ranger muncul bersama para Rangers lainnya. Heckyl merupakan villain yang pintar menyusun strategi. Tetapi mentalnya tidak stabil, karena dia memiliki koneksi dengan seorang villain bernama Snide. Karena itulah dia sewaktu-waktu bisa menjadi sangat jahat, dan menjadi ancaman bagi yang lainnya. Nah menariknya, terungkap bahwa sebenarnya Heckyl berasal dari masa depan. Diapun pernah menjadi musuh berat yang harus dihadapi oleh Power Rangers. Tetapi kemudian dia disadarkan dan menebus kesalahannya dengan menjadi Solar Rangers, untuk menyelamatkan Promethea.

Ranger Slayer

Bernama asli Kimberly, Rangers Slayer awalnya adalah sosok yang baik. Tetapi setelah terpukul atas kematian teman-temannya di tangan Lord Drakkon, ia pun berencana membalaskan dendam kepada Drakkon. Tetapi saat berusaha membunuh Drakkon, Kimberly justru terkena sihir jahat, sehingga Lord Drakkon pun mampu mengendalikan dan mengubahnya menjadi Rangers Slayer. Setelah itulah Rangers Slayer mulai membunuh Power Rangers lainnya. Ketika menjadi Rangers Slayer, Kimberly tidak memiliki belas kasih. Dia pernah menghancurkan otak Zordon dan menghancurkan Alpha 5. Beruntung karena pada akhirnya Kimberly dari masa depan mampu menghentikan Kimberly jahat.

Robo-Rangers dan Cyborg Rangers

Meski terlihat sama, tetapi sebenarnya Robo-Rangers dan Cyborg Rangers berbeda. Cyborg Rangers adalah unit yang dirancang oleh Lightspeed Headquarters sebagai pengganti tim Rangers manusia. Tetapi karena adanya kerusakan dalam system mereka, Cyborg Rangers justru berbalik melawan manusia dan berusaha membunuh Power Rangers lainnya. Tetapi sebenarnya mereka sangat lemah dibandingkan para Rangers biasa. Sementara itu Robo-Rangers adalah ciptaan yang berbeda karena mereka terikat pada kekuatan morphing. Yap kekuatan mereka berasal dari energi morphin dari Rangers yang ditangkap selama peristiwa Super Ninja Steel.

Psycho Pink

Meskipun tidak sejahat Pyscho Green, tetapi Psycho Pink tetap menjadi ancaman bagi para Power Rangers. Dia adalah salah satu villain yang cukup berpengaruh. Dia secara teknis adalah villain pertama yang berkontribusi pada kematian seorang Rangers. Meskipun Pyscho Pink tidak bertanggung jawab secara langsung, tetapi kematian Kendrix adalah kesalahan dari Psycho Pink. Setelah seluruh timnya berhasil dikalahkan, Pyscho Pink melakukan misi baru. Ia berusaha membalaskan dendam kepada para Rangers lainnya. Dia kemudian pergi untuk menemukan Savage Sword, senjata dengan kekuatan dahsyat. Dengan pedang tersebut, Pyscho Pink mulai membuat kekacauan.

Kiya

Kiya merupakan salah satu dari sekian banyak orang di universenya yang mendapat kekuatan dari Shatter. Dia juga menjadi salah satu Empowered terkuat di universenya. Tetapi saat pertama kali mendapat kekuatan tersebut, Kiya tidak bisa mengendalikannya sehingga membuat keluarganya terbunuh. Sebagai Omega Blue Ranger bersama dengan Jason, Trini, dan Zach, Kiya menggunakan kekuatan tersebut untuk menghentikan Empowered lain yang menggunakan kekuatannya untuk kejahatan. Memang awalnya Kiya adalah Rangers baik, tetapi kemudian dia berubah jahat dan melawan mantan rekan-rekannya. Rekan-rekannya dianggap melindungi Tommy Oliver, yang sebenarnya sudah Kiya incar.

Itulah beberapa Power Rangers jahat yang selama ini muncul dalam cerita. Beberapa Power Rangers tersebut ada yang terlahir jahat, tetapi di antaranya ada yang terlahir baik, namun berubah menjadi jahat karena suatu alasan. Siapa saja Power Rangers jahat favorit kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/