Selama hampir tiga dekade, waralaba Jurassic Park telah menunjukkan keajaiban sekaligus kengerian kepada penggemarnya dengan memboyong ilmu genetika dari dunia nyata ke dalam filmnya. Baik di trilogi Jurassic Park maupun trilogi Jurassic World, para ilmuwan cerdas di filmnya selalu diceritakan sengaja menghidupkan kembali para hewan prasejarah tanpa memikirkan dampaknya. Menariknya, dari banyaknya dinosaurus yang dihadirkan di film Jurassic Park, ternyata beberapa di antaranya adalah dinosaurus fiktif yang justru tidak mengacu pada ilmu sains sungguhan. Hanya dimaksudkan untuk kebutuhan cerita, berikut ini 5 dinosaurus fiktif yang hanya ada di film Jurassic Park dan Jurassic World.

Indominus Rex

Untuk dinosaurus fiktif pertama, mari kita mulai dari Indominus rex yang muncul sebagai antagonis di film keempat Jurassic Park, yaitu Jurassic World (2015). Di filmnya diceritakan bahwa Indominus rex adalah dinosaurus hibrida yang sengaja diciptakan oleh Dr. Henry Wu untuk mendongkrak popularitas theme park mereka. Sebagai satu-satunya dinosaurus dari jenisnya, Indominus rex tercipta dari gabungan DNA T-rex, Velociraptor, Carnotaurus, Giganotosaurus, Majungasaurus, Rugops, bahkan ikan buntal, dan katak pohon. Meskipun mempunyai DNA dari hewan yang bisa dibuktikan eksistensinya, ternyata faktanya Indominus rex tidak pernah ada di dunia nyata.

Indoraptor

Satu lagi dinosaurus hibrida yang ternyata fiktif adalah Indoraptor, antagonis di film Jurassic World: Fallen Kingdom (2018). Penciptanya masih sama, yaitu Dr. Henry Wu, yang kali ini dipaksa oleh Eli Milis untuk menciptakan senjata hewan. Setelah Dr. Wu berhasil menggabungkan DNA Indominus rex dan Velociraptor, akhirnya lahir Indoraptor yang mempunyai lengan lebih panjang dari Indominus. Menurut sutradara asli Jurassic Park, Steven Spielberg, Indoraptor adalah donosaurus paling mengerikan yang pernah diperkenalkan. Walaupun begitu, lagi-lagi Indoraptor juga adalah dinosaurus fiktif yang sama sekali tidak pernah ada di dunia nyata bahkan zaman prasejarah.

Pteranodon

Pteranodon adalah dinosaurus sejenis pterosaur yang mungkin memang pernah ada di dunia nyata, karena para peneliti sendiri telah berusaha membuktikan hal tersebut melalui jurnal-jurnal mereka. Walaupun begitu, Pteranodon yang diperlihatkan di film Jurassic Park III (2001) ternyata bukan dinosaurus asli yang selama ini diteliti di dunia nyata. Melainkan dinosaurus fiktif yang mengambil inspirasi dari Pteranodon untuk kemudian ‘dipermak’ demi kebutuhan cerita Jurassic Park. Hal tersebut terlihat dari perilaku agresif Pteranodon di filmnya, sampai bisa mengangkat manusia dengan kakinya. Padahal menurut para peneliti Pteranodon asli malah jauh dari yang digambarkan di filmnya.

Mosasaurus

Sama kasusnya dengan Pteranodon, Mosasaurus yang muncul di film Jurassic World juga ternyata merupakan dinosaurus fiktif yang mengambil inspirasi dari Mosasaurus asli. Hal ini bahkan disampaikan langsung oleh supervisi animasi filmnya, Glen McIntosh, yang mengatakan bahwa ukuran Mosasaurus fiktif di filmnya sengaja diperbesar agar terlihat lebih dramatis. Dia juga menjelaskan bahwa meskipun Mosasaurus asli mempunyai lidah bercabang, tetapi di filmnya hal tersebut sengaja diganti, agar lebih bisa dipercaya oleh para penontonya. Bedasarkan hal tersebut cukup jelas bahwa dinosaurus fiktif ini sebenarnya bukanlah Mosasaurus asli yang ukurannya tidak lebih besar dari paus biru.

Dilophosaurus

Masih ingat dengan dinosaurus mengerikan yang satu ini? Faktanya, Dilophosaurus adalah dinosaurus fiktif di film Jurassic Park pertama yang berhasil menyesatkan sebagian besar penontonnya. Di dunia nyata, Dilophosaurus adalah dinosaurus ‘baik’ yang tidak berjumbai serta tidak bisa menyemburkan racun seperti di filmnya. Tidak sedikit penggemar yang merasa Dilophosaurus adalah dinosaurus hibrida layaknya Indominus dan Indoraptor. Meskipun tidak dijelaskan, tetapi jika melihat ciri-cirinya, mungkin saja Dilophosaurus di filmnya tercipta dari gabungan DNA Dilophosaurus asli, kadal berjumbai, gurita, dan juga ular. Yang jelas di dunia nyata tidak ada Dilophosaurus yang mirip seperti di filmnya.

Itulah 5 dinosaurus fiktif yang hanya bisa kita temukan di waralaba film Jurassic Park. Meskipun kemunculan mereka berhasil membuat filmnya menjadi lebih seru untuk disaksikan, tetapi perlu kita ingat juga bahwa kelima dinosaurus ini justru sengaja dihadirkan di filmnya demi kebutuhan cerita. Sehingga setelah mengetahui fakta ini setidaknya kita tidak lagi menganggap para dinosaurus mengerikan ini pernah benar-benar eksis pada zaman prasejarah.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.