Semua penggemar setia Marvel, khususnya jagat sinema MCU, pasti mengenal siapa Tony Stark alias Iron Man. Setelah melakukan debutnya di film Iron Man (2008), dia kemudian dikenal sebagai salah satu pendiri Avengers sekaligus superhero yang akhirnya melakukan pengorbanan heroik di film epik Avengers: Endgame. Terlepas dari semua keberhasilan karakternya tersebut aktor Robert Downey Jr. baru saja mengungkapkan bahwa film pertama Iron Man tadinya hampir saja dibatalkan seperti film Batgirl di DCU.

Sebagai pengingat, Batgirl sendiri merupakan salah satu film DCU yang sebenarnya sudah sangat diantisipasi oleh para penggemar superhero Amerika. Di mana film yang dimaksudkan untuk tayang di saluran streaming HBO ini, tadinya akan menghadirkan para karakter populer DC. Termasuk Batgirl yang diperankan oleh Leslie Grace, villain Firefly dari Brendan Fraser, dan bahkan Batman versi Michael Keaton. Sayangnya, tidak lama setelah produksinya selesai, Warner Bros. terpaksa membatalkan filmnya karena adanya perombakan besar-besaran terhadap rencana masa depan studionya.

Baru-baru ini dalam sebuah video menarik yang dibagikan oleh Chris Gardner dari The Hollywood Reporter, aktor Robert Downey Jr. mengungkapkan bagaimana Marvel Studios pernah berniat menunda produksi Iron Man karena merasa filmnya berpotensi mempunyai kinerjanya yang buruk. Hal ini pada akhirnya membuat para sineas dan jajaran pemeran yang terlibat di dalamnya merasa sedikit ditinggalkan.

“Pada saat itu tidak banyak orang yang berpikir bahwa Iron Man akan ditayangkan atau proyeknya dapat memberikan dampak [terhadap studio], jadi kami merasa sedikit ditinggal sendirian. Setiap harinya saya selalu mengetahui bagaimana filmnya didanai, pada dasarnya [Iron Man] siap dibatalkan jika [pendanaannya] macet,” ungkap Robert Downey Jr. dalam acara yang diadakan oleh Directors Guild of America.

Mengingat pada saat itu MCU belum seterkena sekarang, sebenarnya cukup masuk akal jika Marvel Studios pernah ragu dengan film Iron Man yang membutuhkan anggaran biasa sebesar 140 juta dolar Amerika. Untungnya, semuanya telah berjalan lancar dan akhirnya film dari sutradara Jon Favreu ini berhasil meraup pendapatan sebesar 585 juta dolar dari seluruh dunia. Hal inilah yang pada akhirnya mengantarkan Marvel Studios dan jagat sinema MCU sampai sebesar sekarang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.