Sejauh ini sebenarnya ada cukup banyak Kaiju yang telah diperkenalkan di MonsterVerse bersama Godzilla dan Kong. Mulai dari MUTO yang muncul di film Godzilla, sampai kaiju ciptaan manusia yang disebut MechaGodzilla di film terbaru Godzilla vs. Kong. Dan untuk pengungkapan Kaiju paling banyak terjadi di film King of the Monsters, di mana sejumlah kaiju Bumi diceritakan muncul setelah dipanggil oleh King Ghidorah. Namun, dari semua kaiju tersebut, lima di antaranya hanya disebutkan namanya saja, sedangkan wujudnya masih menjadi rahasia. Siapa saja kaiju mereka? Mari kita bahas beserta teorinya, Geeks.

Typhon

Nama Titanus Typhon sempat terlihat di monitor organisasi Monarch saat Ghidorah memanggil para kaiju Bumi untuk memburu Godzilla. Menurut data yang tertulis di layarnya, Typhon keluar dari perut Bumi negara Kamboja, dekat dengan candi Angkor Wat. Kemunculannya telah menyebakan hancurnya negara tetangga Kamboja, yaitu Filipina.

Typhon sendiri sebenarnya adalah mantan dewa angin dari mitologi Yunani yang berubah menjadi monster bersayap besar dan berkaki ular. Meskipun ciri-ciri kaiju rahasia ini tidak mirip dengan Typhon dari mitologi Yunani, mungkin saja sebenarnya kaiju yang dimaksud adalah sang White Wind Monster alias Varan. Di mana dia memang terkenal mampu bergerak di darat, berenang di air, dan juga terbang di udara menggunakan sayap uniknya.

Sekhmet

Kaiju rahasia selanjutnya yang namanya muncul di monitor Monarch adalah Titanus Sekhmet. Dia diceritakan telah lama berhibernasi di Kairo, Mesir, sebelum King Ghidorah membangunkannya. Meskipun wujud aslinya tidak diperlihatkan, tetapi berdasarkan sebuah ukiran yang terlihat sekilas di opening film King of the Monsters, sosok Sekhmet digambarkan mempunyai kepala seperti singa. Di mitologi Mesir kuno, Sekhmet sendiri merupakan dewi penyembuh yang konon tubuhnya seperti singa. Di waralaba Godzilla versi Toho ada satu kaiju yang mempunyai bentuk seperti singa, dia adalah King Caesar. Mungkin saja Sekhmet sebenarnya merupakan nama lain King Caesar di MonsterVerse.

Bunyip

Menurut data Monarch, Titanus Bunyip adalah kaiju rahasia yang keluar dari pegunungan Uluru di Australia. Menurut legenda Aborigin, Bunyip adalah sebutan untuk monster perairan yang bentuknya mirip seperti kuda nil. Menariknya dalam sejarah Godzilla versi Toho ada satu kaiju yang bentuknya mirip seperti kuda nil, dia adalah Daigoro yang muncul di film Daigoro vs Goliath. Dia sebenarnya adalah kaiju baik yang bentuknya cukup menggemaskan. Walaupun begitu, Daigoro termasuk kaiju yang cukup mematikan, karena dia bisa melompat sangat tinggi dan juga mengeluarkan napas api dari mulutnya.

Baphomet

Di dunia nyata, Baphomet adalah iblis berkepala domba yang sering dijadikan simbol pemujaan gereja setan. Namanya yang disebut di film King of the Monsters, sempat memicu spekulasi penggemar bahwa dia adalah kaiju humanoid berkepala domba. Sayangnya, satu-satunya informasi mengenai Titanus Baphomet di MonsterVerse hanyalah asal usulnya yang diceritakan keluar perut Bumi Maroko. Jika benar dia mempunyai bentuk humanoid dan berkepala mirip domba, mungkin kaiju yang dimaksud adalah Bagan. Di mana kaiju yang muncul di film Toho berjudul Super Godzilla ini memang mempunyai tubuh iblis dengan kepala bertanduk yang sekilas mirip iblis Baphomet.

Abaddon

Kaiju rahasia terakhir yang namanya disebutkan di MonsterVerse, tetapi tidak diperlihatkan wujudnya adalah Titanus Abaddon. Di dunia nyata, Abaddon sendiri adalah nama dari malaikat kematian atau malaikat pembawa kehancuran di berbagai kisah Ibrani. Wujud malaikat Abaddon yang tidak jelas, membuat sosok kaiju di MonsterVerse makin sulit ditebak.

Yang jelas di King of the Monsters, dia diceritakan keluar dari pegunungan Devils Tower di Wyoming, Amerika. Karena di kisah Ibrani Abaddon diceritakan mampu menanggil pasukan belalang, mungkin saja kaiju bernama sama ini mempunyai bentuk seperti belalang atau serangga. Dan kandidatnya adalah Megaguirus, kaiju dari waralaba Godzilla versi Toho yang bentuknya mirip capung.

Itulah 5 kaiju rahasia di jagat sinema MonsterVerse yang wujudnya masih belum terungkap. Meskipun sampai sekarang mereka belum pernah dibahas lagi, tetapi tidak menutup kemungkinan para kaiju ini akan muncul kembali pada masa depan MonsterVerse. Saat waktunya tiba nanti, sepertinya akan sangat menarik jika ternyata mereka benar-benar mempunyai penampilan seperti para kaiju yang kita bahas juga di teori kali ini. Kita lihat saja nanti seperti apa kebenarannya, saat MonsterVerse kembali dengan film terbarunya pada masa yag akan datang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.