Dari sekian banyak misteri yang mulai perlahan terungkap sepertinya ada beberapa misteri dalam cerita One Piece yang tidak akan pernah terungkap. Entah Eiichiro Oda tetap akan menjadikannya misteri atau mungkin Oda lupa dengan misteri tersebut, kecil kemungkinan jika misteri ini akan terungkap hingga akhir cerita. Mungkin, hal ini dianggap sebagai salah satu elemen menarik dari serinya.

Setelah berjalan lebih dari dua dekade, seri One Piece akhirnya mulai memasuki babak akhir. Serinya mulai memasuki babak baru setelah arc Wano selesai, dengan menghadirkan fokus baru dan juga alur cerita yang jauh lebih padat. Bahkan, di arc terbaru ini berbagai misteri besar mulai terjawab. Meskipun begitu, sepertinya dari sekian banyak misteri yang muncul akan ada beberapa yang tetap jadi misteri. Apa saja?

Ayah Dari Bayi Makino

Dalam cerita sampul di chapter 614, terungkap jika beberapa waktu pasca timeskip Makino sudah memiliki seorang bayi. Makino sendiri tidak pernah terlihat atau diketahui menikah dengan seseorang. Bahkan, dia juga tidak diketahui memiliki hubungan spesial dengan karakter mana pun. Meskipun begitu, spekulasi yang muncul menyebutkan jika sosok Shanks yang jadi ayah dari bayi tersebut.

Shanks, sampai saat ini, masih jadi salah satu karakter paling misterius di seri One Piece. Para fans tidak tahu apa yang akan terjadi kepadanya di akhir ceritanya nanti. Dan kemungkinannya sangat kecil jika Oda akan mengungkap identitas dari ayah sang bayi. Sebenarnya, Oda sempat memberikan petunjuk terkait hal ini di kolom SBS meskipun hanya sekedar menyebutkan “pria itu.” Tetapi, nampaknya Oda akan tetap merahasiakan hal ini.

Harta Karun Captain John

Nama Captain John sempat muncul di awal cerita One Piece di mana Buggy menjadi satu-satunya sosok yang mencari harta karun miliknya. Namun, sayangnya, sampai sekarang upaya Buggy untuk menemukan harta karun tersebut selalu gagal. Captain John sendiri sebenarnya adalah seorang bajak laut terkenal pada era lampau. Dia pernah menjadi bagian dari kelompok bajak laut Rocks.

Captain John dikenal sebagai bajak laut yang serakah dan gemar menimbun harta yang dia temukan. Inilah alasan mengapa kemudian Buggy mengincar harta karun Captain John. Namun, pasca timeskip Oda mulai jarang menghadirkan subplot tentang hal ini. Bahkan, Oda sendiri mulai menggeser fokus utamanya di mana dia menjelaskan jika Captain John adalah mantan kru Rocks. Di sisi lain, Buggy sendiri sekarang sudah menjadi Yonko dan punya bisnis sendiri.

Monster Di Florian Triangle

Ada banyak tempat-tempat menarik yang muncul dalam cerita One Piece terinspirasi dari lokasi asli di dunia nyata. Salah satu tempat eksotis dan menarik tersebut adalah Florian Triangle yang terinspirasi dari Segitiga Bermuda. Dalam cerita One Piece, Florian Triangle adalah sebuah wilayah yang gelap tanpa matahari karena selalu tertutupi oleh kabut yang sangat tebal.

Selain tertutupi oleh kabut tebal dan gelap, yang lebih mengerikan adalah wilayah tersebut dipenuhi oleh makhluk-makhluk misterius bahkan monster. Para fans sendiri sudah banyak menghadirkan teori tentang monster-monster yang ada di wilayah tersebut. Namun, mungkin Oda tidak akan pernah menghadirkan jawaban terkait monster-monster tersebut agar semuanya tetap jadi misteri.

Enam Bulan Di Ohara

Salah satu hal menarik dari perpustakaan yang ada di Tree of Knowledge adalah hampir seluruh buku tentang ilmu pengetahuan dan sejarah tersimpan di sana. Namun, jika Geeks perhatikan di perpustakaan tersebut terdapat sebuah diorama tata surya di mana terdapat bumi dan enam buah planet yang mengitarinya. Sejauh ini, Oda Sensei sendiri baru memperlihatkan satu bulan saja dalam cerita One Piece.

Bulan bahkan pernah jadi salah satu sorotan utama dalam arc Skypiea dan juga cerita sampul Enel. Namun, sampai sekarang kita tidak pernah tahu tentang lima bulan lainnya. Para fans sendiri sebenarnya banyak berdiskusi apakah diorama tersebut memang menghadirkan arti signifikan bagi cerita One Piece. Serta apakah itu merupakan gambaran dari sistem tata surya di dunia One Piece.

Misteri Crocodile

Misteri tentang Crocodile jadi salah satu teka-teki yang sangat sering dibahas oleh para fans. Hal ini wajar mengingat Crocodile sendiri merupakan salah satu karakter favorit. Inilah alasan Oda masih terus menghadirkan karakternya sampai sekarang, dan mungkin dia memiliki peran penting kedepannya. Namun, yang menarik juga dari Crocodile adalah ternyata dia menyimpan misteri besar.

Dalam momen penerobosan di Impel Down, ketika Emporio Ivankov bertemu dengan Crocodile dan bergabung dengan mereka dia sempat mengatakan kepada Luffy untuk tidak mengkhawatirkannya. Ivankov mengatakan bahwa dia memiliki rahasia besar milik sang mantan Shichibukai. Sejak saat itu, para fans terus berspekulasi tentang rahasia yang Ivankov simpan tentang Crocodile. Yang paling santer sendiri adalah Crocodile pernah menggunakan kekuatan Ivankov untuk berubah jadi pria. Namun, hingga sekarang Oda tidak pernah lagi menyinggung hal ini.

Jembatan di Tequila Wolf

Ini juga jadi salah satu misteri One Piece menarik lainnya. Arc Sabaody menjadi kekalahan besar pertama bagi kelompok bajak laut kru Topi Jerami, yang mana hal ini membuat Kuma akhirnya mengirim mereka ke berbagai tempat. Masing-masing kru Topi Jerami kemudian melakukan latihan selama dua tahun. Namun, apa yang mereka lakukan untuk bertambah kuat tersebut tidak Oda hadirkan. Meskipun begitu, ada beberapa hal menarik yang muncul.

Nico Robin dikirim ke sebuah wilayah di East Blue, di mana dia mempelajari tentang jembatan Tequila Wolf. Kabarnya, jembatan tersebut sudah dibangun selama 700 tahun. Sudah tidak terhitung berapa banyak korban tewas dari para pekerja akibat kelaparan dan kelelahan. Sejak awal, Oda tidak pernah memberikan petunjuk untuk apa jembatan itu dibuat atau siapa yang memerintahkan untuk membangunnya dan sebagainya.

Ibu Luffy

Dari sekian banyak misteri yang ada di seri One Piece, selain tentang One Piece itu sendiri, salah satu misteri besar yang menjadi favorit para fans dan masih belum terjawab sampai saat ini adalah siapa sebenarnya ibu Luffy. Teori tentang siapa ibu Luffy sudah banyak bermunculan di kalangan fans. Mulai dari teori jika Crocodile adalah ibunya sampai teori lain jika ibunya adalah angkatan laut atau kaum naga langit jadi teori yang populer.

Eiichiro Oda sendiri tidak pernah memberikan informasi atau petunjuk sekecil apa pun terkait dengan ibu Luffy, seperti halnya sang ayah, Monkey D. Dragon. Oda sendiri pernah mengatakan jika cerita tentang ibu Luffy tidak memberikan pengaruh terhadap ceritanya. Meskipun begitu, hal itu tidak menghentikan para fans untuk penasaran dengan identitas ibu Luffy. Dan ini juga yang mungkin jadi alasan mengapa misteri ini tidak akan pernah terungkap.

Teka-teki jadi salah satu hal menarik dalam seri One Piece. Karena, hal ini membuat para fans terus berteori dan berspekulasi yang mana inilah alasan komunitas One Piece jadi salah satu yang paling besar dan kuat. Meskipun perlahan berbagai misteri yang ada mulai terungkap, namun Oda mungkin tidak akan membocorkan rahasia tersebut sampai ceritanya selesai.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.