Terdapat beberapa fakta menarik mengenai kelompok ilmuwan MADS yang sempat jadi incaran World Government. Kelompok MADS sendiri sampai saat ini masih dinantikan kemunculannya, misalnya melalui cerita kilas balik. Dalam seri One Piece ada banyak organisasi atau kelompok yang memiliki pengaruh besar terhadap ceritanya. Salah satunya adalah kelompok MADS yang mungkin jarang diketahui orang.

Sejauh ini, memang masih belum banyak informasi yang diketahui mengenai MADS. Karena, Oda Sensei sendiri lebih banyak memunculkan MADS dalam cerita sampul atau melalui referensi cerita. Meskipun sejauh ini MADS memang belum diperlihatkan muncul dalam ceritanya, namun sudah ada beberapa fakta menarik yang diketahui. Apa saja?

Berisi Para Ilmuwan Jenius

Seperti yang disebutkan di atas, MADS merupakan kelompok yang berisi para ilmuwan. Namun, mereka bukanlah sosok ilmuwan sembarangan. MADS diketahui memiliki empat anggota yaitu Vegapunk, Caesar Clown, Queen, dan Vinsmoke Judge. Geeks tentunya sudah tahu siapa mereka dan bagaimana kecerdasannya. Misalnya, Vinsmoke Judge berhasil melakukan rekayasa genetik.

Hal itu membuatnya bisa menciptakan kloning dan pasukan tanpa emosi. Bahkan, dia mengaplikasikan hal tersebut kepada anak-anaknya. Kemudian, Caesar Clown dikenal sebagai ilmuwan yang ahli dalam hal senjata kimia atau gas. Dialah sosok yang bertanggung jawab di balik proyek SMILEs. Sedangkan, Queen diketahui sebagai sosok yang cerdas yang mampu menciptakan senjata dan virus mematikan.

Dia bahkan mampu melakukan rekayasa genetik terhadap tubuhnya sendiri, yang membuatnya menjadi cyborg. Dan yang paling epik tentunya adalah Queen mampu untuk menirukan semua teknologi milik Germa 66 dengan sempurna. Terakhir, Geeks tentunya sudah tahu seperti apa kecerdasan Vegapunk yang Oda hadirkan dalam beberapa chapter terakhir di serinya. Pencapaian terbesar Vegapunk tentunya adalah mampu menciptakan tiruan buah iblis.

Beroperasi 24 Tahun Lalu

Berdasarkan informasi yang ada, MADS adalah sebuah tim atau kelompok ilmuwan yang dibentuk sekitar 24 tahun yang lalu. Sayangnya, tidak ada informasi lainnya yang Oda hadirkan terkait masa lalu MADS. Kita tidak tahu siapa yang menginisiasi untuk membentuk kelompok tersebut, dan apa yang kemudian jadi alasan mereka untuk mau bergabung dengan kelompoknya.

Berdasarkan informasi yang ada juga, kelompok ilmuwan MADS ini tidak berjalan lama sebelum kemudian pihak World Government mengetahui aktivitas mereka dan kemudian membubarkannya. Dan hal ini terbukti, di mana pada 22 tahun lalu ketika Vegapunk pergi ke Ohara dia diketahui sudah menjadi bagian dari tim riset angkatan laut. Menurutnya, angkatan laut dan World Government bisa mewujudkan impiannya.

Melakukan Berbagai Uji Coba Ilegal

Salah satu alasan mengapa kemudian World Government membubarkan kelompok MADS adalah karena keberadaan mereka sangat ilegal. Bahkan, mereka juga melakukan berbagai uji coba ilegal seperti membuat senjata. Mereka mempelajari dan mengembangkan senjata untuk tujuan yang masih belum diketahui. Para ilmuwan ini pun sering melakukan kegiatan ilegal lainnya misalnya menggunakan anak-anak sebagai subyek uji coba.

Keberadaan mereka juga dianggap ancaman, yang mana kemudian tim riset ini kemudian harus menghadapi persekusi dan kemudian dibubarkan. Kata “MADS” sendiri bisa jadi mereferensikan pada “Mad Scientist” atau ilmuwan gila, sebuah ungkapan yang digunakan dalam cerita fiksi untuk menggambarkan karakter-karakter cerdas atau para ilmuwan yang menggunakan kecerdasan mereka untuk melakukan berbagai uji coba atau eksperimen ilegal dan gila. Dan hal inilah yang sempat mereka lakukan dahulu.

Berhasil Temukan Lineage Factor

Namun, pencapaian terbesar dari kelompok MADS sendiri adalah bagaimana mereka berhasil menemukan konsep Lineage Factor atau yang juga dikenal sebagai “cetak biru kehidupan.” Lineage Factor ini ada di dalam diri setiap orang dan memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan seseorang. Kekuatan dari buah iblis sendiri diyakini bersinggungan dengan Lineage Factor, yang jadi alasan mereka bisa miliki kekuatan spesial.

Vegapunk menggunakan sampel DNA Kaido untuk menciptakan replika Uo Uo no Mi, yang mana upayanya berhasil 90%. Satu-satunya kegagalan yang muncul adalah perbedaan warna dengan yang asli. Dan Lineage Factor sendiri menjadi sesuatu yang digunakan oleh Vinsmoke Judge untuk menciptakan pasukan kloning milik Germa 66. Dan di chapter 1070 sendiri terungkap jika Lineage Factor menjadi elemen penting untuk menciptakan tiruan buah iblis Paramecia dan Seraphim.

Kelompok ilmuwan MADS kemungkinan masih akan memiliki cerita kedepannya. Hal ini bisa dilihat dari anggota MADS yang muncul dalam cerita sampul, misalnya di chapter 1068 kemarin. Namun, seperti apa cerita yang akan Oda hadirkan mengenai kelompok ini memang masih harus kita tunggu. Apakah akan ada fakta menarik lainnya muncul? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.