Saat ini Fantastic Four terdaftar sebagai salah satu proyek film Marvel Studios yang sangat diantisipasi kehadirannya oleh banyak penggemar. Salah satu alasannya karena pemilik properti Fantastic Four sebelumya, yaitu 20th Century Studios alias Fox, dianggap belum pernah berhasil menyajikan kisah tentang keluarga superhero Marvel tersebut. Menariknya, sebelumnya Disney dan Marvel Studios mengakuisisi Fox, sebenarnya sempat ada sejumlah film Fantastic Four lain yang sempat dikembangkan oleh studio lama, tetapi akhirnya dibatalkan. Apa saja film yang dimaksud? Mari kita bahas satu per satu, Geeks!

Fantastic Four 2001

Jauh sebelum Peyton Reed mengukuhkan posisinya sebagai sutradara tetap waralaba Ant-Man di MCU, ternyata dia sempat mengembangkan film Fanstastic Four sebelum akhirnya dibatalkan. Proyek film tersebut bahkan sudah dimulai pada tahun 2001, sebelum film pertama Fantastic Four garapan sutradara Tim Story dirilis pada tahun 2005. Pada saat itu Reed bahkan pernah mengincar Charlize Theron untuk pemeran Invisible Woman, John C. Reilly untuk The Thing, mendiang Paul Walker untuk Human Torch, Alexis Denisof untuk Mr. Fantastic, dan Jude Law untuk Doctor Doom. Sayangnya, Reed meninggalkan proyeknya karena merasa visi Fox pada saat itu tidak sejalan dengannya.

Solo Silver Surfer

Meskipun penayangan film sekuel Fantastic Four yang berjudul Rise of the Silver Surfer (2007) gagal, ternyata hal tersebut tidak mengurungkan niat Fox untuk tetap mengerjakan proyek film solo Silver Surfer. Di mana pada saat itu mereka bahkan telah menggaet penulis J. Michael Straczynski, yang dalam acara SDCC 2007 sempat mengungkapkan bahwa naskahnya akan menceriakan origin Silver Surfer yang terakhir kali terlihat di credit scene sekuel Fantastic Four. Sayangnya film spinoff Fantastic Four ini pada akhirnya tetap dibatalkan, begitu juga proyek film solo Silver Surfer lainnya yang sempat dikerjakan oleh Brian K. Vaughn pada tahun 2018. Alasannya mungkin karena akan terasa aneh jika proyeknya dilanjutkan, sementara semua film Fantastic Four masih belum pernah berhasil.

Fantastic Four vs. X-Men

Kegagalan finansial dari film Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer sendiri sempat membuat Fox memutar otak untuk menemukan ide agar warabalanya bisa berhasil. Salah satu upaya briliannya adalah dengan mengembangkan sebuah film crossover yang akan menghadirkan semua properti Fox pada saat itu, termasuk Fanstatic Four dan X-Men. Pada tahun 2011, studio bahkan telah menggaet Zack Stentz dan Ashley Miller untuk menulis naskah a la komik Civil War Marvel, di mana Fantastic Four akan bertempur dengan para anggota X-Men. Sayangnya proyek film ambisius yang akan kembali menghadirkan Fanstastic Four ini justru dibatalkan, karena akhirnya Fox memutuskan untuk lebih fokus dengan film X-Men: Days of Future Past (2014) dan reboot Fant4stic (2015).

Sekuel Fant4stic

Berbeda dengan proyek Fantastic Four lain yang belum mendapatkan jadwal rilis, sekuel Fant4stic justru sempat dijadwalkan oleh Fox untuk rilis pada tahun 2017. Hal ini bahkan telah mereka umumkan sebelum film Fant4stic pertama (2015) rilis di bioskop dan menerima banyak kritikan dari para penggemar. Meskipun film pertamanya gagal, pada saat itu produser sekaligus penulis Simon Kinberg sempat mengungkapkan bahwa dia masih cukup optimis dengan sekuelnya. Untungnya, sebelum semua bertambah buruk, Disney telah lebih dahulu mengakuisisi Fox, sehingga sekuel Fant4stic tidak pernah terjadi sampai sekarang.

Solo Doctor Doom

Selain Silver Surfer, ternyata Fox juga sempat mengembangkan film spinoff Fantastic Four lain yang berfokus pada supervillain Doctor Doom, sebelum akhirnya tetap mereka dibatalkan. Proyek yang cukup menarik ini pertama kali terungkap pada acara SDCC 2017, di mana Noah Hawley sempat mengungkapkan bahwa dia akan menulis sekaligus menyutradarai filmnya. Pada saat itu banyak penggemar yang tidak sabar ingin melihat bagaimana Hawley menggambarkan sosok yang terkenal sebagai big bad villain Marvel tersebut. Sayangnya sebelum sempat diwujudkan, Disney telah lebih dahulu mengakuisisi Fox, sehingga proyek film solo Doctor Doom dibatalkan.

Itulah 5 proyek film Fantastic Four yang pada akhirnya dibatalkan karena alasan yang beragam. Entah semua pembatalan ini adalah sesuatu yang baik atau malah membuat para penggemar melewatkan banyak kesempatan, yang jelas sebelum jatuh ke tangan Marvel Studios ternyata Fox sendiri tidak pernah menyerah dengan waralabanya. Kita lihat saja nanti apakah Marvel Studios bisa membayar semua penantian panjang ini dengan sebuah film yang bisa memenuhi ekspektasi penggemar. Film Fantastic Four versi MCU sendiri dijadwalkan untuk tayang pada tanggal 14 Februari 2025 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.