Semua penggemar setial Marvel pasti tahu bahwa Marvel Universe adalah semesta komik superhero yang sangat luas sekaligus kompleks. Di mana semuanya makin bertambah masif dengan eksistensi multiverse Marvel yang didalamnya ada banyak sekali universe alternatif dan juga karakter varian. Tanpa terkecuali varian Spider-Man yang ternyata jumlahnya sangat banyak dan beragam. Menariknya dari semua varian yang umumnya hampir sama seperti Peter Parker di Prime Universe, ternyata ada satu varian yang dikenal cukup unik. Dia adalah Pavitr Prabhakar alias Spider-Man India di Marvel Universe.

Eksis di ‘Bollywood’ Universe

Di Marvel Universe sendiri, origin Pavitr Prabhakar sebenarnya kurang lebih sama seperti Peter Parker utama, di mana dia diceritakan berasal dari keluarga miskin, tinggal bersama paman dan bibinya, serta sering dirundung di sekolahnya. Menariknya terlepas dari semua persamaan tersebut, faktanya Pavitr eksis di sebuah dunia yang sepenuhnya ‘Bollywood’. Misalnya, dia tinggal di sebuah kota yang disebut Mumbattan, gabungan nama Mumbai dan Manhattan. Semua anggota keluarga dan kenalannya juga bahkan mempunyai nama-nama India, seperti Paman Bhim (Ben), Bibi Maya (May), dan kekasihnya Meera Jain (MJ).

Kekuatannya Berasal dari Pertapa

Selain latar dunianya yang berbeda, ternyata asal usul kekuatan Pavitr juga bisa dibilang tidak biasa. Alih-alih digigit oleh laba-laba radioaktif seperti Peter Parker, sumber kekuatan Pavitr justru berasal dari seorang yogi mistis alias pertapa sakti dari India. Semuanya bermula saat bangsa iblis dari underworld berusaha mencari cara untuk membuka gerbang ke dunia nyata. Hal ini lantas mebuat pertapa sakti yang mempunyai tato laba-laba di dahinya, memutuskan untuk memberikan kekuatan super kepada Pavitr. Sejak saat itulah Pavitr menjadi Spider-Man India, yang mendapatkan pesan emosional dari mendiang pamannya, bahwa dengan kekuatan yang besar ada tanggung jawab yang besar juga.

Musuh Bebuyutan Iblis

Seperti yang sudah disnggung di atas, sebagai Spider-Man India, Pavitr dipersiapkan oleh pertama untuk menghadapi antek iblis yang eksis di dunianya. Dan dalam hal ini dia harus berhadapan dengan sejumlah varian villain Marvel yang akhirnya menjadi musuh bebuyutannya. Mulai dari Nalin Oberoi (Norman Osborn), seorang pengusaha yang dirasuki oleh iblis jahat dan kemudian berniat menghubungkan dunia iblis dan manusia. Sampai ilmuwan Nalin yang akhirnya diubah menjadi Doctor Octopus versi India. Di mana dia sama-sama mempunyai kekuatan iblis dan bisa memanggil pasukan iblis.

Muncul di Berbagai Kisah Multiverse

Sebagai varian Spidey, Spider-Man India juga pernah terlibat dalam berbagai kisah multiverse yang melibatkan varian lainnya. Misalnya di peristiwa Spider-Verse, di mana dia direkrut oleh Superior Spider-Man untuk mengalahkan keluarga kanibal Inheritor. Kemudian di kisah Web Warriors, yang menceritakan para Spider-Man harus menghadapi pasukan varian Electro dari Electroverse. Dan yang terbaru di peristiwa Spider-Geddon, di mana Spider-Man India kembali bekerja sama dengan para varian untuk mengalahkan Inheritor yang bangkit kembali. Jika dilihat dari porsinya, bisa dibilang dia cukup berperan penting dalam setiap kisah multiverse yang melibatkan varian Spider-Man.

Siap Beraksi di Film Spider-Verse 2

Setelah terlibat dalam berbagai kisah Spider-Verse di komik, ternyata Spider-Man India juga akan mendapatkan kesempatan untuk unjuk kemampuannya di film animasi Across the Spider-Verse mendatang. Di mana tampaknya film yang dipimpin oleh Miles Morales ini akan menghadirkan Spider-Man India sebagai karakter yang cukup penting. Hal tersebut terbukti dari poster terbarunya yang bisa kalian lihat di atas, di mana Spider-Man India dengan rambut yang terurai tampak berdiri di barisan paling depan bersama Spider-Man 2099. Mengingat sejauh ini Sony masih merahasiakan siapa pengisi suara karakternya, ada kemungkinan Spider-Man India memang disiapkan sebagai kejutan.

Itulah 5 fakta menarik dari varian Spider-Man yang eksis di universe India, bergaya India, dan mempunyai nama India sebagai Pavitr Prabhakar. Melihat origin dan karakternya yang cukup unik, cukup masuk akal mengapa Sony akhirnya memboyong varian Spider-Man yang satu ini ke film Across the Spider-Verse. Karena kehadirannya secara tidak langsung akan membawa keberagaman di antara banyaknya Spider-Man yang muncul. Aksi dari Spider-Man India ini akan bisa kita lihat saat film Spider-Man: Across the Spider-Verse tayang pada tanggal 2 Juni 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.