Dalam dunia Transformers, ada yang disebut dengan gelar Prime. Jika seorang Transformers dianggap layak menjadi seorang pemimpin, maka gelar tersebut akan melekat padanya. Sehingga siapapun yang memiliki Matrix of Leadership, maka dia otomatis akan menjadi seorang Prime. Mungkin sosok Transformers yang kita kenal memiliki gelar tersebut adalah Optimus Prime.

Tetapi tahukah Geeks bahwa ada 13 Prime lainnya yang pernah hidup. Ketiga belas Prime itulah yang menjadi Transformers pertama yang diciptakan oleh Primus (pencipta Transformers). Sebagai Transformers pertama, otomatis mereka menjadi Transformers paling tua yang pernah hidup. Lantas siapa saja mereka? Simak berikut ini Geeks!

Alpha Trion

Alpha Trion adalah salah satu Transformers tertua yang sampai sekarang masih hidup. Dia memiliki pengetahuan yang mendalam tentang sejarah Transformers dan Cybertron. Pada masa muda, Alpha Trion pernah membantu para Cybertronian untuk melawan kekejaman Quintessons, yang dikenal sebagai pencipta Autobots dan Decepticons. Sementara itu sekarang, dia lebih memilih untuk hidup tenang, dengan menjadi penasihat Transformers lainnya. Meskipun tidak lagi terlibat dalam peperangan, tetapi Alpha Trion berada di pihak Autobots dan menjadi mentor penting bagi Optimus Prime. Dan meskipun Alpha Trion lebih kuat dari kebanyakan Transformers, tetapi dia jauh lebih lemah dari Prime yang lain.

Solus Prime

Solus Prime sangat dicintai oleh Transformers lain semasa hidupnya. Sebagai teman dekat Nexus Prime dan Onyx Prime, dia diberkahi dengan kekuatan Forge, yang berarti dapat membentuk senjata apapun dari imajinasinya. Dengan kemampuan tersebut, Solus menciptakan beberapa senjata penting untuk Transformers lainnya. Tragisnya, Solus Prime harus tewas akibat senjata buatannya. Ketika itu, dia dibunuh oleh Megatronus menggunakan Requiem Blaster (senjata buatan Solus). Nah yang menarik dari Solus Prime adalah jenis kelaminnya yang berbeda dengan Prime lainnya. Yap, Solus Prime adalah seorang wanita.

Quintus Prime

Quintus Prime menjadi Transformers tertua berikutnya dalam daftar ini. Dia adalah seorang ilmuwan dan suka berkreasi seperti Solus Prime. Tetapi yang membedakan dengan Solus, Quintus sangat idealis sehingga membuatnya sering berselisih dengan Prime lainnya. Quintus percaya bahwa kehidupan adalah hal terpenting di alam semesta, sehingga dia menggunakan Emberstone, sebuah artefak yang dapat mempercepat proses biologis. Yap, jika Solus menciptakan sebuah benda, maka Quintus menciptakan kehidupan. Itulah sebabnya Quintus lebih kuat dari Alpha Trion, tetapi tetap saja Quintus masih kalah kuat dengan Prime lainnya dalam daftar ini.

Micronus Prime

Micronus Prime dianggap sebagai Prime yang paling baik hati. Dia memiliki cadangan energi yang tak terbatas dan pikiran yang cerdas, sehingga memungkinkan dia untuk memprediksi tindakan dari Transformers lain, bahkan sebelum mereka melakukannya. Dalam beberapa tahun terakhir, Micronus Prime telah mundur menuju Realm of the Primes, di mana dia sementara waktu menjadi mentor sekaligus pembimbing spiritual bagi Optimus Prime, anggota termuda dari Prime. Mironus memang sangat peduli dengan semua makhluk hidup, baik itu Transformers lain atau makhluk lainnya.

Amalgamous Prime

Amalgamous adalah ahli perubah bentuk. Dia bisa mengubah bentuknya menjadi apa pun, sesuai dengan isi pikirannya. Dia memiliki sifat penasaran yang tinggi, sehingga dia sering melakukan perjalanan, dan jarang tinggal di satu tempat yang sama. Terlepas dari kehebatannya, Amalganmous menjadi sosok Prime yang jarang menonjol sehingga sangat sedikit yang diketahui tentangnya. Yang jelas dengan kemampuannya, Amalgamous lebih tangguh dari beberapa nama besar di atas. Dia sangat kuat dan juga tidak dapat diprediksi, yang membuatnya menjadi lawan yang sulit untuk dikalahkan musuh.

Alchemist Prime

Alchemist memiliki kecerdasan dan ilmu pengetahuan yang banyak. Alchemist juga diberkahi dengan Lenses, sebuah artefak yang secara permanen menempel pada dirinya. Dengan artefak tersebut, dia bisa merasakan hal-hal spiritual di alam semesta. Alchemist juga lebih memercayai insting dan intusisi alaminya, yang jarang membuat kesalahan. Selain itu, dia juga diberkahi dengan kemampuan mengubah benda apapun, yang membuatnya menjadi musuh yang tidak dapat diprediksi. Berbeda dengan yang lain, Alchemist memiliki sifat paling pemarah tapi disaat yang sama dia juga bisa menjadi sangat lembut. Di saat Prime lain memilih berpencar, Alchemist lebih memilih untuk tetap di Cybertron, demi membawa peradaban maju bagi Transformers.

Liege Maximo

Kekuatan utama dari Liege adalah kata-katanya. Yap, dia adalah seorang pembicara yang sangat manipulatif. Dialah otak dari semua kejahatan yang terjadi di Cybertron. Ketika Prime pertama diciptakan untuk kedamaian, lain cerita dengan Liege yang lahir untuk menciptakan kejahatan. Menariknya, Liege sering waspada dan lebih memilih diam ketika dibutuhkan. Dan saat diam itulah Liege mulai menghitung dan merencanakan langkah selanjutnya. Nah di timnya, Liege lebih ditugaskan sebagai psikolog hebat yang dapat dengan mudah menguraikan cara kerja pikiran Transformers lain. Kekuatan fisik Liege memang tak terlalu hebat, tetapi dia menjadi bahaya karena sangat manupulatif dan licik.

Vector Prime

Vector Prime ditunjuk oleh Primus untuk menjaga ruang dan waktu. Oleh sebab itulah, Vector menjadi salah satu Transformers paling kuat yang pernah ada. Sejarah mencatat bahwa Vector sudah berusia 25 juta tahun. Tetapi Vector mengatakan bahwa umurnya lebih dari itu, yaitu 9 miliar tahun. Dia sangat tua sehingga di banyak timeline Transformers, orang-orang setempat memanggilnya “Autobots Pertama”. Dia juga sangat kuat dan dapat membelokkan ruang dan waktu. Dia juga bisa melintasi multiverse sesuka hatinya, sehingga memungkinnya untuk melacak dan merekam peristiwa penting. Vector Prime juga pernah menjadi pemegang Matrix of Leadership sebelum meninggalkan Cybertron untuk mejaga ruang dan waktu.

Onyx Prime

Onyx Prime memiliki kemampuan untuk menggunakan Topeng Triptych berwajah tiga yang diberikan kepadanya oleh Primus. Jika digunakan dengan benar, artefak tersebut memungkinkan Onyx melepas bentuk astralnya untuk melintasi jarak yang sangat jauh, seperti untuk melacak Spark. Selain itu, dia juga bisa muncul di mimpi orang lain dan berkomunikasi dengan mereka. Onyx Prime adalah sosok yang baik hati, sehingga dia banyak disukai oleh Prime lainnya. Micronus misalnya, yang menganggap Onyx sebagai teman terdekatnya. Menariknya lagi nih Geeks, Onyx menjadi Transformers pertama yang memiliki transformasi Beast Mode atau bentuk binatang. Bahkan Onyx lebih sering menggunakan bentuk binatangnya ketimbang mode kendaraannya.

Nexus Prime

Nexus Prime biasanya juga disebut sebagai Nexus Maximus. Dia adalah robot penggabungan pertama yang menjadi Prime. Tiap bagian di tubuhnya dapat bertransformasi dan memiliki fungsinya tersendiri. Ukuran Nexus Prime pun juga sangat besar dibandingkan dengan Prime lainnya. Itulah yang membuat Nexus sangat disegani. Walau disegani, tetapi Nexus Prime juga penuh dengan humor, dan kadang-kadang dia sering bercanda dengan teman-temannya yang lain. Menariknya, Nexus Prime pernah memformat ulang Megatron yang mati menjadi Galvatron yang kuat.

The Thirteenth Prime

The Thirteenth Prime adalah sosok yang menjaga ke-12 Prime lainnya untuk saling bersama ditengah perselisihan. Yap, ketika terjadi konflik internal antara para Prime, Thirteenth lah yang turun langsung untuk mencegah perpecahan. Sayangnya, bentuk asli dari Tirtheenth Prime ini masih belum diketahui. Selain menyatukan para Primes, dia juga yang membantu mereka mengalahkan Megatronus, sehingga Thirteenth menjadi salah satu anggota terbaik dari Prime. Dia juga memiliki kekuatan yang dahsyat saat mengalahkan musuh.

Megatronus

Megatronus awalnya adalah salah satu anggota Prime. Tetapi setelah mengkhianati rekan-rekannya, dia lantas mendapat julukan The Fallen dan menjadi Decepticon pertama. Dia memiliki tujuannya sendiri sehingga memutuskan berkhianat. Penampilan fisiknya sangat menakutkan dan mampu mengintimidasi musuh. Tentu saja sebagai seorang villain, dia memiliki kebencian dan amarah yang besar. Dengan ditunjang dengan kekuatannya yang dahsyat, dia menciptakan terror besar di semesta. Memang sudah ada beberapa Transformers yang berhasil mengalahkannya, tetapi Megatronus lebih sering ditahan, dan dipenjara, dan dia akan menunggu waktu yang tepat untuk dibebaskan kembali.

Prima

Prime juga dikenal sebagai Prima Prime. Dia adalah Transformers pertama yang diciptakan dalam sejarah. Setelah diciptakan, Prima ditunjuk sebagai Warrior of Light dan diberi pedang Star Sabre yang legendaris, lengkap dengan Matrix of Leadership. Dia juga dipilih sebagai pemimpin dari para Prime, dan pemimpin dalam perang antara Primus dan Unicron. Buat Geeks yang belum tahu, Prima diciptakan dari mayat robot lain yang dinonaktifkan oleh Quintessons, karena kinerja robot tersebut dianggap buruk. Robot itulah yang dilebur dan dibuat ulang hingga menjadi Prima. Namun setelah Prima tewas, dia digantikan sebagai pembawa Matriks oleh Prime Nova.

Itulah dia Geeks beberapa Transformers paling pertama yang eksis. Merekalah 13 Transformers pertama yang diciptakan oleh Primus untuk mengalahkan Unicorns. Di antara mereka, siapa yang sudah kalian ketahui Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/