Sosok Imu/Im mungkin memiliki kekuatan buah iblis yang mampu mengendalikan air laut dalam cerita One Piece. Dan hal ini juga yang mungkin jadi alasan mengapa kemudian Imu bisa jadi sosok penguasa dunia seperti saat ini. Sosok Imu adalah karakter yang paling misterius di serinya, di mana hampir tidak ada informasi sama sekali tentang karakternya.

Im/Imu merupakan pemimpin dari World Government yang merupakan organisasi penguasa di dunia One Piece. Sosok Im bahkan jauh lebih berkuasa dari Gorosei, yang bisa kita asumsikan bahwa mereka adalah bawahan dari Im Sama. Semua perintah dari Im Sama harus segera mereka laksanakan, dan semua keputusan besar harus sesuai dengan persetujuan Imu. Yang menarik terdapat teori yang menyebutkan jika Imu memiliki kekuatan buah iblis yang mengendalikan lautan.

Imu Miliki Kekuatan Buah Iblis?

Seperti yang disebutkan di atas, Eiichiro Oda masih belum memberikan informasi apa pun terkait sosok Imu. Dalam ceritanya, Oda hanya menghadirkan informasi jika Imu adalah penguasa dunia. Yang menarik adalah Sabo sendiri mengonfirmasi hal ini di chapter 1060 kemarin. Dalam chapternya, dia tidak sengaja melihat sosok Im di salah satu ruangan di istana Pangaea.

Sabo mengaku tidak percaya bahwa ada sosok penguasa dunia, sosok yang menduduki kursi singgasa di Pemerintah Dunia. Apa yang kemudian membuat Im menjadi penguasa dunia memang masih menjadi pertanyaan besar. Namun, terdapat spekulasi menarik jika dia menjadi penguasa dunia berkat kekuatannya. Dalam hal ini, Imu berhasil kuasai dunia berkat kekuatan buah iblis yang dia miliki.

Menurut teorinya, Imu diduga memiliki kekuatan buah iblis yang berkaitan dengan lautan atau pengendalian air laut. Buah iblis tersebut diduga berjenis Logia, sehingga Imu mengendalikannya. Teori ini sendiri muncul berdasarkan spekulasi jika kata “Imu” merupakan kebalikan dari kata “Umi” yang dalam bahasa Jepang bisa diartikan sebagai laut.

Yang juga menarik, beberapa tahun lalu muncul spekulasi tentang inspirasi Oda untuk menghadirkan sosok Imu. Menurut teorinya, sosok Im kemungkinan besar diadaptasi dari dewa laut bangsa Kanaan, Ym (yam). Dewa ini menguasai seluruh lautan. Kanaan sendiri merupakan wilayah di sekitaran Yordania, Israel, Palestina, Suriah, dan juga Lebanon. Dalam bahasa Kanaan, Ym sendiri berarti adalah ‘laut’.

Pernah Tenggelamkan Dunia?

Dengan teori bahwa Imu memiliki kemampuan buah iblis untuk bisa mengendalikan air laut atau ketinggian air laut, muncul juga berbagai spekulasi lainnya tentang Im. Dalam spekulasi ini disebutkan jika Im mungkin pernah menenggelamkan seluruh atau separuh wilayah dunia. Dan hal inilah yang diyakini sebagai “Great Cleansing” atau “Pembesihan Besar-besaran” seperti yang disebutkan oleh Gorosei.

Di sisi lain, jika Geeks perhatikan di sepanjang seri One Piece ada banyak sekali bangunan-bangunan atau struktur yang tenggelam atau berposisi di bawah laut. Misalnya, pulau manusia ikan, penjara Impel Down, dan bahkan negara Wano lama pun tenggelam akibat meningkatnya air laut. Berdasarkan hal tersebut, rasanya memang cukup masuk akal jika mungkin Imu pernah tenggelamkan dunia di seri One Piece.

Bisa jadi, ini adalah cara yang dilakukan oleh Imu dan 20 kerajaan pada zaman dahulu untuk mengalahkan dan menghancurkan Kerajaan Kuno. Petunjuk lainnya adalah jika Geeks perhatikan, posisi dari Mary Geoise berada di poin atau titik tertinggi yang ada di daratan. Sehingga, hal ini membuat wilayah tersebut aman dari terjangan air laut ketika pasang. Ketika kemudian momen Pembersihan Besar-besaran kembali terulang, mereka tidak akan terkena dampaknya.

Alasan Butuh Senjata Kuno?

Dengan kedahsyatan kekuatan buah iblis yang Imu miliki, bisa jadi inilah alasan mengapa Senjata Kuno dibutuhkan. Tidak lain adalah untuk membantu mengalahkan sang pemimpin dunia. Sejauh ini, Monkey D. Luffy memang diketahui sudah memiliki kekuatan yang dahsyat berkat buah iblis Nika yang dia miliki. Bahkan, berkat kekuatan buah iblis ini Luffy mampu mengalahkan Kaido.

Namun, menghadapi World Government tentunya tidak bisa dihadapi oleh Luffy sendirian. Dia tetap membutuhkan bantuan untuk menggulingkan kekuasaan mereka. Dan inilah yang jadi alasan mengapa Luffy mungkin akan mendapatkan bantuan selain dari armada besar Topi Jerami. Berbagai kekuatan dan aliansi lainnya mungkin akan membantu Luffy mengalahkan World Government.

Sementara itu, untuk mengalahkan Imu mungkin dibutuhkan tenaga atau upaya lebih karena kekuatan buah iblis yang dia miliki. Dan upaya lebih tersebut adalah menggunakan atau memanfaatkan Senjata Kuno. Sejauh ini, Senjata Kuno sering direferensikan dalam cerita namun kita tidak pernah tahu untuk apa dan pernah digunakan apa saja dalam sejarah One Piece.

Terdapat teori yang cukup masuk akal di mana Senjata Kuno pernah digunakan untuk menghadapi aliansi 20 kerajaan. Dan mungkin, setelah tertidur cukup lama, ketiga Senjata Kuno tersebut akan kembali bangkit untuk mengalahkan Imu. Oda mungkin sengaja “menyimpan” informasi dan berbagai hal tentang Sejata Kuno sampai akhir cerita atau menjelang akhir ceritanya. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa sebenarnya kekuatan dari sosok Imu. Dan apakah Im memang memiliki kekuatan buah iblis.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.