Baru-baru ini DC Studios mengumumkan bahwa karakter Superman dari Henry Cavill resmi pensiun dari DC Universe. Hal tersebut bisa terjadi karena CEO DC Studios, James Gunn dan Peter Safran ingin merombak total keseluruhan jagat sinema DCU. Menariknya, meskipun sepak terjang Superman Cavill di DCU ‘dihentikan’, ternyata hal tersebut tidak dialami oleh Black Superman yang saat ini film solonya tengah dikembangkan. Sambil menunggu perkembangan kabar selanjutnya terkait proyek Black Superman ini, mari kita bahas berbagai fakta menarik filmnya yang sejauh ini telah terungkap!

Terinpirasi dari Inkarnasi Black Superman

Black Superman merupakan istilah penggemar untuk menyebut inkarnasi atau varian Superman dari komunitas Amerika-Afrika. Sejauh ini sebenarnya ada banyak sekali Black Superman yang pernah diperkenalkan oleh DC Comics. Mulai dari Sunshine Superman alias Afro Superman dari Dreamworld yang debut pada tahun 1990. Kemudian ada juga Val-Zod, Black Superman yang eksis di Earth-2 pada era New 52 (2011). Sampai Black Superman paling terkenal, yaitu Calvin Ellis yang sosoknya terinspirasi dari Presiden Barack Obama. Popularitas para Black Superman ini menjadi bukti bahwa Black Superman versi live action juga berpotensi mendapatkan perhatian yang sama, bahkan mungkin lebih besar.

Diproduksi J.J. Abrams dan Studio Bad Robot

Berita tentang proyek Black Superman ini pertama kali terungkap pada bulan Februari 2021, di tengah gonjang-ganjing nasib karakter Superman Cavill di DCU. Film solo yang akan menghadirkan Black Superman ini akan diproduksi oleh studio milik sineas J.J. Abrams, Bad Robot. Abrams sendiri tercatat sebagai sutradara yang telah mengerjakan sejumlah film populer Hollywood, termasuk Star Trek, Star Wars: The Force Awakens, dan The Rise of Skywalker. Sedangkan Bad Robot sejauh ini telah terlibat dalam produksi berbagai film Mission Impossible, Star Trek, Star Wars, Cloverfield, dan Overlord.

Eksis di Semesta Alternatif

Meskipun proyek Black Superman dari J.J. Abrams ini merupakan bagian dari Warner Bros., tetapi latar filmnya sendiri dilaporkan akan berlangsung di luar jagat sinema DCU. Mirip seperti The Batman dan Bat-Verse dari sutradara Matt Reeves yang menceritakan kisah baru Bruce Wayne alias Batman muda dari aktor Robert Pattinson. Setidaknya batasan film ini masih berlaku sampai artikel ini ditulis, karena baik pihak J.J. Abrams maupun DC Studios, masih belum mengeluarkan pernyataan resminya apakah mereka akan menggabungkan semestanya atau justru tetap eksis dengan konsep semestanya masing-masing di DC Multiverse yang lebih luas.

Ditulis Pencipta Komik Black Panther

Meskipun untuk saat ini masih belum ada sutradara yang terikat dengan proyek Black Superman, tetapi setidaknya J.J. Abrams telah menggaet penulis Marvel Comics, yaitu Ta-Nehisi Coates. Selain merilis sejumlah buku dan novel yang umumnya membahas isu Afrika-Amerika dan supremasi kulit putih, Coates juga memang terkenal sebagai penulis dari berbagai serial komik populer Marvel. Seperti Black Panther Vol. 6 (2016-2018), Vol. 7 (2018-2021), dan Captain America Vol. 9 (2018-2021). Keterlibatannya dengan proyek Black Superman akan menandai awal kariernya sebagai penulis film superhero.

Hadirkan Black Superman Baru

Selain kisahnya tidak berlangsung di DCU, film Black Superman ini juga ternyata tidak akan menghadirkan inkarnasi yang telah diperkenalkan DC Comics sebelumnya. Jadi penggemar tidak akan melihat versi live action Val-Zod atau Calvin Ellis di filmnya nanti, melainkan Kal-El alias Superman utama yang digambarkan berkulit hitam. Laporan ini pertama kali terungkap pada bulan April lalu, di mana reporter Jeff Sneider dari The Ankler menuliskan, “Ta-Nehisi Coates telah membuat Kal-El [Black Superman] dengan konsep Superman utama di komik, di mana protagonisnya berasal dari Krypton dan datang ke Bumi.”

Berlangsung Pada Abad 20

Selain mengklaim bahwa Black Superman yang eksis di luar DCU ini bukan versi komik, Sneider juga mengatakan bahwa kisah yang ditulis Ta-Nehisi Coates akan mengambil latar waktu pada abad ke 20. Itu artinya Black Superman yang akan kita lihat nanti kemungkinan besar akan terlihat lebih muda dari versi Superman Cavill di DCU. Di mana mungkin karakternya akan digambarkan sebagai sosok manusia super yang tengah mencari jati diri serta baru mulai menggunakan kekuatannya dengan cara-cara heroik layaknya superhero.

Tengah Mencari Sutradara Kulit Hitam

Seperti yang sudah disinggung di atas, pensiunnya Superman Cavill di DCU ternyata tidak berpengaruh sama sekali terhadap proyek Black Superman yang dikembangkan oleh J.J. Abrams dan Ta-Nehisi Coates. Sebaliknya, saat ini mereka justru tengah mencari sutradara kulti hitam untuk menggarap filmnya. Pada bulan Mei lalu sebenarnya sempat terungkap sejumlah nama sutradara yang diincar oleh studio, seperti Steven Caple Jr., Ryan Coogler, J. D. Dillard, Regina King, dan Shaka King. Jika beruntung mungkin kita akan segera mengetahui kepastian siapa sutradaranya pada awal tahun depan.

Itulah berbagai fakta menarik dari film Black Superman, yang ternyata statusnya tidak terganggu dengan berita pemberhentian Superman Cavill. Masih ada banyak hal yang masih belum terungkap dari film ini, seperti siapa sutradaranya, siapa Superman yang akan tampil nanti dan juga pemerannya, begitu juga dengan tanggal rilis filmnya. Banyak hal yang bisa kita antisipasi dari proyek Black Superman ini, pantau saja terus perkembangannya kabarnya hanya di Greenscene.com ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.