Dengan dirilisnya trailer baru Spider-Man: Across the Spider-Verse, yang menampilkan para manusia laba-laba, sekarang makin banyak penggemar yang sadar bahwa ternyata varian Spidey di multiverse sangatlah beragam. Konsep seperti ini sebenarnya sudah beberapa kali dihadirkan juga di Marvel Comics. Misalnya di peristiwa populer Spider-Verse (2014-2015) karya Dan Slott, di mana para Spider-Man sampai membentuk pasukan sendiri. Seperti yang akan kita bahas kali ini, yaitu tentang 5 tim super yang didirikan oleh Spider-Man bahkan anggotanya sendiri terdiri dari para manusia laba-laba Marvel.

Spider-Clan

Pasukan Spider-Man yang pertama adalah Spider-Clan yang berasal dari Earth-2301 alias Mangaverse. Di dunia manga Marvel ini Peter Parker alias Spider-Man tidak hanya diceritakan sebagai superhero, tetapi juga sebagai ninja. Di mana dia merupakan bagian dari sebuah keluarga ninja Spider-Clan yang sering berkonflik dengan Shadow Clan. Setelah Paman Ben diceritakan tewas, sebagai penerus keluarga, Spider-Man dan juga Venom mulai merekrut anggota baru untuk pasukan Spider-Clan. Termasuk Mary Jane Watson yang mereka latih sendiri sampai akhirnya menjadi Spider-Woman.

Scarlet Spiders

Scarlet Spiders adalah pasukan Spider-Man selanjutnya yang didirikan oleh Dr. Blitzschlag dan Hank Pym sebagai tim superhero. Anggota tim ini sendiri terdiri dari para super soldier berkekuatan Spider-Man, seperti Michael, Van, dan Patrick, yang merupakan kloning dari mendiang Michael Van Patrick alias Captain America Jr. Dalam setiap aksinya mereka selalu mengenakan armor Iron Spider yang sempat digunakan Peter Parker di Civil War. Ada banyak sekali misi besar yang telah mereka selesaikan, termasuk mengalahkan Sinister Syndicate yang terdiri dari supervillain Shocker, Boomerang, dan Hydro-Man.

Spider-Slayers

Berbeda dengan supervillain Spider Slayer di Earth-616, Spider-Slayers yang eksis di Earth-138 ini adalah pasukan Spider-Man yang didirikan oleh Hobie Brown alias Spider-Punk. Awalnya Spider-Slayers sendiri merupakan nama band Spider-Punk yang dia bentuk untuk membangkitkan semangat perlawanan terhadap tirani Presiden Norman Osborn di semestanya. Seiring berjalannya waktu, band ini berubah menjadi spider-army yang terdiri dari para anak punk dan juga manusia super, seperti Captain Anarchy, RiotHeart, Hulk Atom Bomb, Daredevil Drummer, Kamala Khan, dan masih banyak lagi.

Spider-Army

Sesuai dengan namanya, Spider-Army adalah pasukan super yang pertama kali dibentuk oleh para varian Spider-Man di kisah Spider-Verse. Jika tiga pasukan sebelumnya hanya eksis di semestanya masing-masing, Spider-Army ini justru melanglang buana ke berbagai semesta alternatif untuk merekrut lebih banyak lagi anggota. Termasup Spider-Man utama, Superior Spider-Man, Spider-Woman, Spider-Gwen, Supaidaman, Spider-Man 2099, Spinneret, Silk, Lady Spider, dan sebagainya. Dengan jumlah yang mencapai belasan bahkan puluhan ini tujuan mereka adalah mengalahkan Inheritors, keluarga kanibal yang memangsa para varian Spider-Man di multiverse.

Galactic Alliance of Spider-Men

Jika tadi Spider-Army terdiri dari puluhan Spider-Man, jumlah tersebut masih belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan pasukan Galactic Alliance of Spider-Men. Yang anggotanya terdiri dari para varian Spider-Man dari berbagai macam galaksi dan semesta, termasuk para Spider-Alien. Alasan mengapa pasukan lintas galaksi ini dibentuk oleh Father Spider, varian paling tua dan paling bijak, adalah karena para Spider-Man ingin melindungi alam semesta secara keseluruhan. Musuh utama mereka adalah Doctopoids, bangsa alien mesin tanpa jiwa yang menguasai berbagai macam ilmu pengetahuan.

Itulah 5 pasukan Spider-Man yang eksis di Marvel Unvierse. Berbagai pasukan ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa Spider-Man adalah karakter Marvel yang paling akur dengan varian lainnya di mutiverse. Ketika mereka bertemu, umumnya selalu berakhir menjadi sebuah tim super khusus atau pasukan. Hal yang sama mungkin akan terjadi juga di film Across the Spider-Verse mendatang, mengingat ada banyak sekali varian yang muncul dalam satu film. Kita lihat saja nanti kejutannya ya, Geeks. Film Spider-Man Across the Spider-Verse sendiri rencananya akan tayang pada 2 Juni 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.