Film animasi Spider-Man: Across the Spider-Verse baru saja merilis trailer teranyarnya dan mengungkap banyak sekali Spider-Man seperti yang dijanjikan sebelumnya. Awalnya sebenarnya trailer baru ini dimulai dengan dialog emosional antara Miles dan ibunya. Situasinya mulai berubah setelah Gwen mengajak Miles untuk berkunjung ke markas Spider-Verse, yang di dalamnya terdapat para varian Spider-Man. Mulai dari yang hanya muncul sebagai cameo, sampai yang mungkin akan memainkan peran penting di filmnya, berikut ini para Spider-Man ikonik yang terlihat di trailer Across the Spider-Verse!

Miles Morales

Spider-Man pertama yang terlihat di trailer Across the Spider-Verse tentu saja Miles Morales (Shameik Moore), karena dia memang protagonis utamanya. Setelah memperlihatkan sejumlah adegan lamanya dari Into the Spider-Verse, trailer baru ini kemudian menyorot adegan emosional Miles yang tengah berargumen dengan ibunya Rio Morales. “Apa yang paling aku khawatirkan adalah mereka tidak akan menjagamu seperti kami,” kata Rio kepada Miles. Pembicaraan ini sepertinya muncul setelah Rio mengetahui status superhero Miles sebagai salah satu Spider-Man di Spider-Verse.

Spider-Gwen

Spider-Man selanjutnya, lebih tepatnya Spider-Woman, yang muncul di trailer Across the Spider-Verse adalah Gwen Stacy (Hailee Steinfeld) dari Earth-65 yang lebih terkenal sebagai Spider-Gwen atau Ghost-Spider. Muncul kembali setelah sempat diceritakan kembali ke semesta di ending Into the Spider-Verse, Gwen tampaknya akan menjadi orang pertama yang mengajak Miles melintasi Spider-Verse untuk melihat-lihat universe lain. Di trailernya Gwen dan Miles terlihat mengunjungi markas Spider-Verse, di mana terdapat banyak sekali varian Spider-Man dari berbagai universe.

PlayStation’ Peter & Miles

Setibanya Miles dan Gwen di markas Spider-Verse, kita bisa melihat sosok Spider-Man yang cukup familier bagi para penggemar game Marvel’s Spider-Man di PlayStation. Terlihat dari lambang laba-laba putih di dadanya, Spider-Man ikonik ini adalah Peter Parker (Yuri Lowenthal) dari game yang digarap oleh Imsoniac. Menariknya, disampingnya terlihat juga Miles versi Marvel’s Spider-Man yang tengah berjalan dan berbincang dengan Peter. Selain menjadi cameo di film Across the Spider-Verse, tahun depan kedua Spider-Man ini juga akan segera kembali dengan sekuel gamenya yang berjudul Marvel’s Spider-Man 2.

Spider-Cop

Varian Spider-Man ikonik lainnya yang terlihat di trailer Across the Spider-Verse adalah Spider-Cop yang berasal dari Earth-19119. Di semestanya dia berprofesi sebagai seorang polisi veteran dari New York Police Departement. Muncul pertama kali di komik Spider-Geddon (2018), Spider-Cop menjadi salah satu Spider-Man yang direkrut oleh Spider-Gwen untuk menjadi bagian dari Spider-Army yang akan bertempur melawan Inheritors, keluarga kanibal dari Loomworld yang senang memangsa para manusia laba-laba dari universe lain.

Spinneret & Spiderling

Cameo Spider-Man Across the Spider-Verse selanjutnya yang terlihat di trailer adalah Spinneret yang mengenakan kostum putih dan anaknya Spiderling. Bagi yang belum tahu, Spinneret sendiri adalah varian Mary Jane Watson alias MJ yang berasal dari universe alternatif. Di semestanya dia diceritakan menjadi seorang Spider-Woman untuk membantu suaminya Peter Parker. Sedangkan Spiderling adalah anak mereka yang bernama Annie Mary Parker alias AMP. Mereka muncul pertama kali di komik Amazing Spider-Man: Renew Your Vows yang rilis pada tahun 2015.

Lady-Spider

Spider-Woman lain yang terlihat sebagai cameo di trailer Spider-Man Across the Spider-Verse adalah Lady Spider. Karakter bernama asli Maybelle Reilly ini terkenal sebagai manusia laba-laba steampunk dari Earth-803 yang eksis pada era Victoria Inggris (abad 19). Muncul pertama kali pada peristiwa komik Spider-Verse, dalam setiap aksinya Lady Spider selalu terlihat mengenakan empat lengan mekanik yang disebut Spider-Limbs. Bisa dibilang dia adalah salah satu manusia laba-laba tercerdas di Spider-Verse.

Spider-Wolf

Pada cuplikan adegan lainnya, yang mungkin hanya dapat dilihat oleh penggemar bermata elang, terlihat sosok Spider-Wolf yang tampaknya akan melakukan cameo juga di film Spider-Man Across the Spider-Verse. Sesuai dengan namanya, Spider-Wolf adalah nama dari manusia laba-laba Earth-7085 yang diceritakan menjadi werewolf ganas pemakan manusia. Namun, di trailer Across the Spider-Verse dia tampak lebih ‘jinak’ dan mau bergaul dengan para Spider-Man lain di markas Spider-Verse.

Bombastic Bag-Man

Meskipun sedikit berbeda dari versi komiknya yang mengenakan kostum Fanstastic Four, tetapi cukup jelas bahwa sosok Spider-Man yang mengenakan kantong kertas di trailer Across the Spider-Verse adalah Bombastic Bag-Man. Faktanya, di komik Amazing Spider-Man #258 yang rilis pada tahun 80-an, Bag-Man sendiri adalah Peter Parker dari semesta utama yang diceritakan terpaksa melepas kostum lamanya karena telah terkontaminasi symbiote Venom. Namun, di Across the Spider-Verse dia sepertinya akan dihadirkan sebagai varian manusia laba-laba dari universe alternatif.

Superior Spider-Man

Selain Bag-Man, Spider-Man lain yang terlihat mengejar Miles Morales di trailer Across the Spider-Verse adalah Superior Spider-Man (paling kiri). Hal tersebut terlihat dari warna kostumnya yang lebih gelap dari Spider-Man pada umumnya, serta lambang laba-laba yang melebar sampai ke samping. Di komiknya, dia adalah varian Spider-Man yang muncul setelah Dr. Octopus menukar jiwanya dengan Peter Parker. Alih-alih menjadi supervillain, Octopus yang mengambil alih tubuh Peter ini akhirnya menggunakan kekuatannya untuk membantu orang lain dengan cara yang heroik.

Spider-Monkey

Spider-Man ikonik lainnya yang juga terlihat mengejar Miles di trailer Across the Spider-Verse adalah Spider-Monkey (pojok kiri atas). Muncul pertama kali di komik Amazing Spider-Man Family (2008), origin Spider-Monkey sebenarnya cukup mirip dengan Peter Parker dari universe utama, bedanya dia adalah seekor monyet. Dengan tubuh yang lebih kuat dan lebih lincah, Spider-Monkey terbukti menjadi aset yang sangat berharga ketika Spider-Army bertempur melawan Inheritors. Sayangnya, dalam prosesnya dia diceritakan mati sebelum para Spider-Man lain berhasil mengalahkan Inheritors.

Spider-Man Mangaverse

Seperti yang bisa kalian lihat di sebelah kanan, Spider-Man dari Mangaverse tampaknya akan melakukan cameo juga di film Across the Spider-Verse. Di komiknya, Spider-Man yang satu ini digambarkan sebagai seorang ninja dari keluarga Spider-Clan, yang sering berkonflik dengan Shadow Clan. Ketika pamannya Ben meninggal dunia, Peter mau tidak mau harus meneruskan Spider-Clan agar tetap bisa melindungi Bumi di Mangaverse. Dalam prosesnya dia sampai merekrut MJ sebagai bagian dari Spider-Clan yang dia latih sendiri, sampai akhirnya MJ siap melakukan tugas superhero bersamanya.

Spider-Man Unlimited

Jika tadi ada cameo Spider-Man dari video game dan banyak juga yang berasal dari komik, ternyata film Across the Spider-Verse juga akan menghadirkan Spider-Man versi animasi. Spider-Man dengan jubah jaring laba-laba yang bisa kalian lihat pada gambar di atas adalah protagonis dari serial Spider-Man Unlimited, sekuel dari serial Spider-Man: The Animated Series. Di serialnya, Spider-Man yang satu ini diceritakan melakukan misi berbahaya ke Counter-Earth, planet fiksi yang diciptakan oleh supervillain High Evolutionary.

Peter B. Parker

Dari para cameo, sekarang kita beralih ke para Spider-Man yang sepertinya akan memainkan peran penting di film Across the Spider-Verse. Dimulai dengan karakter Peter B. Parker (Jake Johnson), Spider-Man utama dari Earth-616 ini kembali di sekuelnya dengan pakaian yang cukup mencolok. Jika di Into the Spider-Verse dia sering terlihat mengenakan celana di luar kostumnya, kali ini dia hadir sambil mengenakan bathrobe alias jubah mandi. Menariknya, ternyata dia sudah tidak lagi suram seperti di film pertamanya, karena sekarang dia akan diceritakan sudah mempunyai anak.

Spider-Woman

Spider-Woman penting selanjutnya yang terlihat di trailer Spider-Man Across the Spider-Verse adalah Jessica Drew. Di komiknya, dia adalah manusia laba-laba wanita yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan Peter Parker, tidak digigit oleh laba-laba radioaktif, dan tidak pernah telihat berayun menggunakan jaring. Karena sejatinya dia mempunyai kemampuan untuk terbang meluncur, di mana itu semua dia dapatkan setelah melalui proses eksperimen genetik. Di filmnya nanti dia akan digambarkan sebagai Spider-Woman yang tengah hamil dan akan disuarakan oleh aktris Issa Rae.

Spider-Man 2099

Terakhir, Spider-Man ikonik yang tampil menonjol d trailer Across the Spider-Verse, siapa lagi kalau bukan Miguel O’Hara alias Spider-Man 2099. Karakter yang akan disuarakan oleh Oscar Isaac ini sepertinya akan muncul sebagai musuh pertama Miles yang harus dia hadapi sendirian. Terlihat pada cuplikan trailernya di mana Miguel menyerang Miles dengan cakarnya. Tidak jelas apa yang menjadi pemicu konflik antara Miguel dan Miles, yang jelas nantinya mereka akan bersekutu untuk mengalahkan musuh bersama. Di komiknya Miguel adalah Spider-Man masa depan yang aktif sebagai superhero di Kota Nueva York.

Itulah para Spider-Man ikonik yang menampakan dirinya di trailer Across the Spider-Verse. Sebenarnya selain yang disebutkan di atas, masih ada lebih banyak lagi cameo yang terlihat di markas Spider-Verse. Di mana perbedaan mereka hanya terletak pada kostumnya saja, misalnya Spider-Man yang mengenakan kostum Spider-Armor dan sebagainya. Saat filmnya tayang pada 2 Juni 2023 nanti, kita pasti akan melihat lebih banyak lagi varian Spider-Man, termasuk Spider-Punk yang akan disuarakan oleh Daniel Kaluuya, atau bahkan mungkin Spider-Man MCU. Kita nantikan saja kejutannya ya, Geeks!

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.