Sejak serial animasi The Transformers Generation 1 (1984) sampai versi live action (2007) dari Paramount Pictures, Optimus Prime selalu digambarkan sebagai pemimpin Autobots yang sangat luar biasa. Dengan kebijaksanaan dan kehebatannya dalam bertempur, dia sering kali berhasil membawakan kemenangan bagi Autobots. Namun, tahukah kalian bahwa sebenarnya selain Optimus Prime, setidaknya ada lima robot lain yang pernah menjabat sebagai pemimpin Autobots. Di mana masing-masing dari mereka mempunyai ciri khasnya sendiri dalam memimpin. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks.

Primus

Jauh sebelum Optimus Prime lahir, ada sesosok robot dewa yang dikenal dengan sebutan Primus. Makhluk kuno yang telah eksis sejak awal alam semesta terbentuk ini adalah salah satu pencipta Transformers. Tidak seperti kembarannya Unicron the Chaos-Bringer yang menciptakan Decepticons, Primus justru hadir sebagai personifikasi kebaikan dan kebijaksanaan yang akhirnya melahirkan Autobots. Jadi bisa dibilang dia adalah pemimpin paling pertama dalam sejarah Autobots. Faktanya, dia bisa berubah menjadi planet Cybertron, rumah bagi para ciptaannya yang bertugas untuk melindungi galaksi.

Rodimus Prime

Pemimpin Autobots selanjutnya yang tidak kalah hebat dari Optimus Prime adalah Rodimus Prime, atau dikenal juga dengan sebutan Hot Rodimus alias Hot Rod. Dia adalah Autobots yang bisa berubah menjadi mobil balap Cybertronian bercorak api. Sebagai Cybertronian yang terkenal keras kepala dan arogan, siapa sangka ternyata Rodimus bisa memimpin Autobots dengan baik. Meskipun tidak sebijaksana Optimus, tetapi pada akhirnya sifat Rodimus yang ceria dan penuh percaya diri, telah berhasil membuat para Autobots lain lebih bersemangat ketika bertempur melawan Megantron dan para antek Decepticons-nya.

Ultra Magnus

Ultra Magnus adalah pemimpin Autobots yang konon sifatnya mirip seperti Optimus, tetapi jauh lebih kuat jika dilihat dari segi kemampuan bertempur. Selain sifatnya yang mirip, Magnus juga bisa berubah menjadi mobil truk layaknya Optimus. Meskipun keberaniannya dalam memimpin sudah tidak perlu diragukan lagi, di mana dia bahkan rela mengorbankan dirinya sendiri, tetapi Magnus sering merasa bahwa dia tidak layak untuk menjabat sebagai Supreme Commander Autobots layaknya Optimus dan Rodimus. Hal ini justru menjadi bukti betapa besarnya hati Magnus di antara para Autobots lain.

Bumblebee

Ketika Optimus Prime pernah diceritakan menghilang di serial animasi The Transformers, sebagai robot yang paling dipercaya Optimus, Bumblebee pernah mengambil alih tugas pemimpin Autobots. Para koleganya di Autobots bahkan mengakui bahwa kepemimpinan Bumblebee telah berhasil membuat mereka bertahan selama Optimus menghilang. Jika bukan karena dirinya, mungkin Starscream dan Decepticons lain akan bisa langsung mengalahkan Autobots sebelum Megatron dan Optimus kembali. Meskipun perubahannya hanyalah mobil VW, tetapi dia terbukti bisa mengalahkan Starscream yang lebih terbang.

Sentinel Prime

Terakhir, robot yang pernah menjadi pemimpin Autobots adalah Sentinel Prime yang muncul di film live action Transformers Dark of the Moon. Sentinel yang bisa berubah menjadi mobil pemadam kebakaran ini digambarkan sebagai robot yang sangat patriotik. Namun rasa cintanya yang berlebihan terhadap Cybertron membuatnya menjadi sosok yang angkuh bahkan merasa sebagai dewa. Pada akhirnya sifat buruk tersebut membuat Sentinel rela mengkhianati Optimus dan Autobots lain untuk menjadi pemimpin sementara Decepticons, sebelum akhirnya Optimus terpaksa ‘mematikan’ Spark-nya.

Itulah para pemimpin Autobots selain Optimus Prime di berbagai kisah Transformers. Mulai dari Primus yang menciptakan segalanya, kemudian ada Rodimus yang berhasil membuat suasana tim menjadi lebih ceria, sampai Sentinel yang terlalu angkuh untuk seorang Autobots. Semua robot ini pada akhirnya berhasil membuktikan bahwa kepemimpinan Autobots tidak bisa diisi sembarangan, meskipun pada akhirnya ada yang menyeleweng seperti Sentinel. Dari semua robot yang pernah menjabat sebagai pemimpin Autobots ini kira-kira siapa yang jadi favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.