Dalam cerita di seri One Piece terdapat buah iblis yang dianggap legendaris baik karena kekuatannya atau pun sejarah besar di balik buah iblis tersebut. Berbagai buah iblis legendaris ini bahkan jadi rebutan semua pihak, termasuk World Government. Mereka bahkan sudah mengincar salah satu buah iblis selama 800 tahun terakhir meskipun upayanya selalu gagal.

Dalam cerita One Piece untuk mendapatkan buah iblis tidaklah mudah, karena ini merupakan salah satu hal yang langka. Meskipun begitu, mereka akan mendapatkan kekuatan secara acak tergantung dari buah iblis apa yang dia makan. Jika beruntung, seseorang bahkan mungkin bisa mendapatkan buah iblis yang dianggap sebagai buah iblis legendaris. Lalu, apa saja buah iblis yang dianggap legendaris?

Toki Toki No Mi

Toki Toki no Mi merupakan buah iblis berjenis Paramecia milik Kozuki Toki. Mengapa kemudian buah iblis ini dianggap sebagai buah iblis legendaris? Hal ini dikarenakan seperti yang kita tahu bahwa buah iblis tersebut “menghilang” selama berabad-abad, sebelum kemudian Toki tiba di 22 tahun yang lalu dan bertemu dengan Oden. Selain itu, kekuatan untuk melakukan perjalanan waktu juga diannggap sebagai salah satu alasannya.

Dalam cerita di arc Wano kemarin, kita melihat bagaimana Toki menghilang dari Wano. Sebagian fans menduga bahwa Toki tewas, namun sebagian lainnya berasumsi jika Toki pergi ke masa depan dan menghilang. Terdapat juga sebuah asumsi menarik, yang menyebutkan jika buah iblisnya memiliki koneksi dengan sejarah dunia. Hal ini berkaitan dengan masa lalu dari Toki yang berasal dari 800 tahun lalu.

Selain sudah ada dan terkoneksi dengan abad yang hilang, Toki Toki no Mi juga dianggap memiliki koneksi dengan Zunesha. Dan sempat dibahas dalam artikel sebelumnya, buah iblis ini memiliki nama yang mirip dengan pemiliknya yang mana hal tersebut sangat jarang terjadi di seri One Piece. Sehingga mungkin nama dari Toki atau nama buahnya yang berbeda atau palsu. Mungkin, buah iblis ini memiliki sejarah panjang seperti halnya Nika.

Ope Ope No Mi

Buah iblis Ope Ope no Mi sudah sejak lama digambarkan sebagai buah iblis yang luar biasa. Bahkan, secara spesifik buah iblis ini dikenal sebagai “Ultimate Devil Fruit” atau buah iblis paling kuat. Selain itu, buah iblis Ope Ope juga diketahui memiliki kemampuan untuk membuat penggunanya keabadian atau awet muda yang harus dibayar dengan sisa nyawanya yaitu Youth Surgery.

Inilah yang kemudian membuat buah iblis Ope Ope menjadi incaran World Government. Bahkan, menurut Diez Barrels pihak World Government rela membayar mahal yaitu 5 miliar Belly bagi siapa pun yang berhasil menemukan buah iblis tersebut dan memberikannya kepada mereka. Hal ini pun jelas memberikan petunjuk bahwa mereka tahu rahasia besar buah iblis Ope Ope.

Bahkan, Doflamingo sendiri pernah mengatakan bahwa buah iblis milik Trafalgar Law tersebut memiliki sebuah hal yang luar biasa. Kekuatannya mampu untuk menyingkap rahasia besar yang selama ini ditutupi oleh World Government. Berdasarkan penjelasan itu, rasanya wajar jika kemudian buah iblis ini dianggap sebagai buah iblis legendaris. Law sendiri baru berhasil membangkitkan buah iblisnya untuk menghadapi Big Mom, yang artinya CP0 mungkin sudah melihatnya dan menjelaskannya kepada Gorosei.

Gura Gura No Mi

Buah iblis selanjutnya yang dianggap legendaris adalah Gura Gura no Mi. Buah iblis Gura Gura termasuk dalam jenis Paramecia. Buah iblisnya memiliki kekuatan yang sangat dahsyat di mana penggunannya akan mampu menghasilkan getaran atau menciptakan gempa. Efek dari getaran atau gempa tersebut membuat wilayah sekitarnya atau seluruh pulau berguncang bahkan sampai terbelah.

Dalam pertempuran Marineford kita melihat bagaimana kemampuan Gura Gura no Mi mampu hasilkan tsunami besar di sekitarnya. Kekuatan buah iblis ini sudah diakui oleh pihak angkatan laut sebagai buah iblis paling mengerikan yang bisa saja digunakan untuk menghancurkan dunia. Buah iblis ini juga dianggap sebagai buah iblis paling kuat diantara jenis Paramecia lainnya.

Bagaimana pihak angkatan laut mengetahui dan mengenali serta mewaspadai buah iblis Gura Gura memberikan petunjuk bahwa buah iblis ini bukan sesuatu yang sembarangan. Apalagi, kekuatan ini mungkin sudah ada sejak lama. Wajar jika kemudian Gura Gura masuk dalam daftar ini. Edward Newgate alias Whitebeard dahulunya merupakan pemilik dari buah iblisnya, namun setelah kematiannya Blackbeard kemudian mencuri buah iblis tersebut.

Hito Hito No Mi, Model: Nika

Rasanya semua Geeks setuju terkait hal ini, bahwa buah iblis Nika merupakan salah satu buah iblis legendaris. Buah iblis Nika dianggap sebagai buah iblis legendaris bukan tanpa sebab. Ada beberapa alasan yang menjelaskan hal tersebut, misalnya seperti yang Gorosei jelaskan bahwa mereka sudah mengincar buah iblisnya selama 800 tahun. Tetapi, upaya mereka selalu gagal.

Kemudian, bagaimana mereka khawatir dan takut terhadap buah iblis tersebut juga memberikan bukti bagaimana buah iblis Nika merupakan yang tidak biasa. Gorosei mungkin tahu rahasia besar atau sejarah panjang dari buah iblis Nika tersebut. Mungkin, pada zaman dahulu pernah ada seseorang yang memiliki kekuatan buah iblis tersebut sebelum kemudian menghilang dan dimakan Luffy.

Terungkapnya fakta buah iblis Luffy ini memberikan petunjuk bahwa mungkin masih ada rahasia lainnya yang belum terungkap. Mungkin ini adalah buah iblis pertama di dunia One Piece. Atau mungkin ini adalah buah iblis yang sering atau mampu memberikan perubahan besar terhadap dunia. Yang pasti, buah iblis Nika memiliki koneksi penting dengan sejarah masa lalu.

Buah iblis legendaris menjadi bukti bahwa alur cerita di dunia One Piece yang Eiichiro Oda bangun benar-benar kaya dan juga mendalam. Mitologi tentang buah iblis juga menjadi hal yang selalu menarik untuk dibahas, karena pada dasarnya ini merupakan salah satu daya tarik dari serinya. Kita nantikan saja ya Geeks apakah akan ada buah iblis legendaris lainnya yang akan muncul di cerita One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.