Ternyata seri anime klasik ini jadi inspirasi Eiichiro Oda untuk ciptakan buah iblis dalam seri One Piece. Hal ini berdasarkan pernyataan Oda sendiri dalam sebuah wawancara, bagaimana dia melihat keinginan-keingingan manusia untuk kemudian dimunculkan dalam bentuk benda. Dan sejak saat itu, Oda pun terinspirasi untuk menghadirkan konsep yang sama yaitu mimpi manusia.

Teka-teki tentang alasan terciptanya buah iblis dalam seri One Piece akhirnya terungkap dalam chapter 1069 kemarin. Dalam penjelasan Vegapunk, buah iblis dianggap lahir dari berbagai keinginan besar manusia akan berbagai hal. Dan manusia pun berusaha untuk bisa mewujudkan mimpinya tersebut. Namun, yang menarik adalah ternyata Oda Sensei sempat memberikan petunjuk tentang hal ini sejak 2014 lalu.

Buah Iblis Terinspirasi dari Doraemon

Seperti yang disebutkan di atas, dalam chapter 1069 diketahui jika buah iblis kemungkinan adalah hasil evolusi dari hasrat terbesar manusia untuk bisa memiliki sesuatu. Dan semua kemampuan atau kekuatan dari buah iblis yang muncul dalam cerita sampai sekarang, merupakan gambaran dari keinginan tersebut. Ketika manusia menginginkan untuk memiliki kekuatan atau kemampuan, mereka pun berusaha untuk mewujudkannya.

Bagaimana caranya? Dengan menghadirkan atau menciptakan buah iblis. Ternyata, keinginan manusia atau mimpi manusia yang jadi awal terciptanya buah iblis terinspirasi dari salah satu seri anime klasik yaitu Doraemon. Dalam wawancara Eiichiro Oda dengan surat kabar China Times, dia menjelaskan bahwa sejak kecil dia sudah terinspirasi atau terpengaruh oleh tayangan Doraemon.

Dalam cerita Doraemon sendiri, kita tahu jika Nobita sering kali berharap bisa melakukan sesuatu atau memiliki sesuatu. Dan untuk mewujudkannya, dia pun kemudian menyampaikan keinginannya kepada Doraemon. Sang robot kucing pun meminjamkan alat ajaib dari masa depan untuk mewujudkan keinginan Nobita tersebut, meskipun ada hal negatif atau dampak buruk yang muncul.

Konsep inilah yang mungkin coba Oda hadirkan dalam cerita One Piece, namun dengan versi berbeda. Jika dalam seri Doraemon keinginan tersebut terwujud melalui alat ajaib dari masa depan, maka untuk seri One Piece semua keinginannya bisa terwujud melalui medium buah iblis. Jika dalam seri Doraemon hanya Nobita yang bisa mewujudkan impiannya, maka dalam seri One Piece hampir semua orang bisa mewujudkan impian untuk menjadi kuat.

Dan penjelasan dari Vegapunk pada chapter 1069 seolah “mengonfirmasi” dari hasil wawancara yang terjadi pada delapan tahun lalu tersebut. Artinya, sebenarnya Oda Sensei sudah sejak lama memberikan petunjuk mengenai hal ini dan baru benar-benar terungkap pada chapter kemarin.

Inspirasi Lainnya

Selain dari seri anime klasik Doraemon, dalam wawancara tersebut pun Oda Sensei pun menjelaskan bahwa apa yang terjadi dalam kehidupan kesehariannya jadi inspirasi untuk terciptanya buah iblis. Misalnya, Oda menjelaskan jika dia berharap bisa memiliki buah iblis Hana Hana no Mi milik Nico Robin. Hal ini karena Oda Sensei sadar dia sangat sibuk, sehingga membutuhkan bantuan tangan lainnya untuk mengerjakan semua hal.

Oda pun terinspirasi dari kemalasannya untuk menciptakan buah iblis milik Luffy. Dia berharap untuk bisa mengambil sesuatu tanpa perlu bergerak dari tempatnya duduk. Sedangkan, buah iblis yang dimiliki wanita terinspirasi dari keinginan besar para manusia. Misalnya, mereka ingin berubah menjadi kurus yang bisa terwujud dalam buah iblis Sube Sube no Mi milik Alvida.

Atau mungkin mereka bisa merubah berat badan, yang jadi inspirasi terciptanya Kilo Kilo no Mi milik Miss Valentine. Jadi pada intinya, bagaimana kemudian penjelasan Vegapunk tentang awal mula terciptanya buah iblis yang berasal dari banyak keinginan manusia merupakan gambaran nyata dari kehidupan kita sehari-hari. Dan tentunya konsep ini menarik karena lekat dengan kehidupan manusia di dunia nyata. Bagaiman menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.