Tinggal menghitung hari sampai akhirnya sekuel film Avatar yang berjudul The Way of Water tayang di seluruh dunia. Film garapan James Cameron ini akan kembali menghadirkan sejumlah karakter yang pernah muncul di film pertamanya, salah satunya yang paling menarik perhatian adalah karakter Colonel Quaritch yang diperankan oleh aktor Stephen Lang. Hal ini tentunya memicu pertanyaan baru di kalangan penggemar terkait bagaimana cara Quaritch bisa hidup kembali di Avatar 2, mengingat karakternya telah diperlihatkan mati oleh Neytiri di film pertama. Simak penjelasannya di bawah ini.

Nasib Quaritch Sebagai Manusia

Sebagai pengingat, di film pertama Avatar yang rilis pada tahun 2009 silam, Miles Quaritch adalah seorang kolonel Security Operation alias SecOps yang digambarkan sangat tegas dan lugas ketika bertugas. Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena sejatinya dia telah dipercayakan sebuah tugas yang sangat besar dari RDA (Resources Development Administration) untuk melindungi markas manusia di tengah hutan Pandora yang disebut Hell’s Gate. Di sisi lain dia juga terkenal rasis terhadap Na’vi, bangsa asli Pandora yang menurutnya primitif sekaligus barbar.

Semua sifat Quaritch ini pada akhirnya membuat dia sangat membenci Jake Sully, manusia yang akhirnya memutuskan untuk membela bangsa Na’vi. Itulah mengapa Quaritch sangat berambisi untuk membunuh Jake. Sampai akhirnya dia benar-benar bertemu dan berhasil mengalahkan Jake versi Avatar menjelang ending film pertamanya. Saat akan menyayat leher Jake dengan belati yang tertancap di tubuhnya, Neytiri datang sambil menembakkan dua anak panah ke dadanya. Pada titik inilah Quaritch tampak mati, setidaknya versi manusianya, karena di film Avatar 2 nanti dia akan kembali sebagai seorang Avatar.

Kembali Sebagai Recombinant

Meskipun kembalinya Quaritch di Avatar 2 sempat menjadi misteri, tetapi berdasarkan apa yang terlihat pada promosi filmnya, terungkap bahwa dia akan kembali sebagai seorang Avatar Na’vi. Namun, yang perlu kita tahu, kembalinya Quaritch ini ternyata bukan hanya sebagai Avatar biasa seperti Jake di film pertama. Melainkan sebagai Recombinant, Avatar yang lahir setelah RDA memasukan DNA dan ingatan para SecOps unggulan yang tewas di pertempuran. Mengingat RDA sangat mengandalkan Quaritch di film Avatar, cukup masuk akal jika mereka kembali menghidupakan sosoknya sebagai Recombinant alias Recom.

Meskipun dia sudah dipastikan akan kembali sebagai Recom yang dilengkapi dengan berbagai perlengkapan canggih RDA, bukan berarti Quaritch ‘baru’ ini adalah orang yang sama seperti di film pertama. Karena ternyata DNA yang dimasukan ke tubuh Avatar adalah DNA yang telah disimpan sebelum pertempuran. Berdasarkan fakta tersebut bisa kita simpulkan bahwa Recom Quaritch nanti mungkin tidak akan ingat bagaimana dia mati di tangan Neytiri setelah menghadapi Jake. Walaupun begitu, karena sifat masih sama, sudah pasti Quaritch akan mengulang sejarahnya sebagai antagonis di Avatar 2 nanti.

Apa Peran Quaritch di Avatar 2?

Dengan kembalinya Quaritch menggunakan tubuh Na’vi yang lebih besar dan lebih kuat ini, tampaknya dia akan menjadi sosok yang jauh lebih berbahaya di Avatar 2. Apalagi dia juga dibekali dengan perlengkapan dan senjata canggih RDA. Sehingga ketika beraktivitas di luar markas baru manusia yang disebut Bridgehead, dia akan lebih leluasa dalam bergerak sekaligus lebih mematikan ketika menyerang. Hal ini tentunya akan menjadi ancaman yang sangat serius bagi Jake dan keluarganya, yang sekarang tinggal bersama suku Na’vi perairan Metkayina.

Yang lebih parahnya lagi, dengan pengalaman bertempurnya sebagai SecOps, sudah pasti dia akan menjadi pemimpin pasukan khusus Recom. Kemudian saat bertemu dengan Jake dan Neytiri nanti, ambisi lamanya mungkin akan kembali muncul, di mana dia sangat ingin membunuh Jake yang menurutnya seorang pengkhianat. Dengan begitu pertempuran antara Jake, Neytiri, dan Quaritch, kemungkinan besar akan terulang kembali, entah itu di Bridgehead maupun di rumah suku Metkayina. Yang jelas hasil akhir dari pertempuran ulang nanti bisa saja berbeda, karena sekarang tubuh Quaritch telah jauh lebih kuat.

Itulah pembahasan tentang bagaimana cara Colonel Quaritch kembali di film Avatar 2. Jadi kesimpulannya, sebenarnya versi manusia Quaritch memang telah mati di film pertama. Namun karena RDA menganggapnya sebagai ‘aset’ unggulan, mereka lantas menyimpan DNA-nya kemudian menggunakannya untuk memunculkan Recom Quaritch di film sekuelnya. Yang tentu saja lebih kuat, lebih cepat, dan bahkan lebih berbahaya dari versi manusianya. Kehebatan Recom Quaritch ini akan segera bisa kita saksikan saat film Avatar: The Way of Water tayang perdana di bioskop Indonesia pada 14 Desember besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.