Optimus Prime adalah robot populer yang pertama kali melakukan debutnya di serial animasi Transformers pada tahun 80-an. Dari dahulu hingga sekarang, karakternya telah mendapatkan sejumlah pembaruan fitur dan desain, termasuk di film live action Transformers. Namun, tahukah kalian bahwa di antara semua pembaruan Optimus Prime, setidaknya ada 4 versi epik yang dikenal dengan sebutan ‘Mode Super’. Yang biasanya dia peroleh setelah begabung dengan trailernya atau Autobot lain. Seperti apa origin dan penampilan 4 Mode Super Optimus Prime tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

Powermaster

Powermaster merupakan Mode Super pertama Optimus Prime yang pertama kali diperlihatkan di serial animasi Transformers Generation 1. Semuanya bermula saat Optimus merasa kekuatannya masih belum cukup kuat untuk melawan Megatron dan para antek Decepticons-nya. Di sisi lain dia merasa harus mendapatkan pembaruan, jika ingin membawa Autobots untuk memenangkan pertempuran. Pada titik inilah Optimus Prime memutuskan untuk bergabung dengan trailernya, menjadi Powermaster yang ukurannya lebih besar. Sejak saat itulah dia tidak pernah lagi terlihat dengan bentuk robot kecilnya.

Super Fire Convoy

Mode Super Optimus Prime kedua baru muncul di serial animasi Transformers: Robots in Disguise yang rilis pada tahun 2000. Sama seperti sebelumnya, Mode Super yang disebut Battle Mode atau Super Fire Convoy ini terlahir setelah versi robot kecil Optimus bergabung dengan trailernya. Bedanya, setelah menjadi Super Fire Convoy, kali ini dia masih bisa bergabung dengan Ultra Magnus untuk membentuk Super Robot Omega Prime. Keunggulan dari Mode Supernya ini terletak pada persenjataan rahasia di sekujur tubuhnya. Selain itu, Ultra Magnus juga bisa menyalurkan kekuatan tambahan yang lebih besar pada Optimus.

Jet Optimus

Setelah serial animasi Robots in DisguiseĀ kurang begitu berhasil, Hasbro dan Takara lantas bekerja sama untuk kembali menghadirkan serial baru yang berjudul Transformers Armada (2002), sebagai bagian pertama dari ‘Unicron Trilogy’. Di serial inilah Mode Super baru Optimus Prime muncul, di mana lagi-lagi dia bergabung dengan trailernya. Versi barunya ini diceritakan bisa bergabung juga dengan Jetfire untuk membentuk Jet Optimus yang bisa terbang. Yang lebih menariknya lagi, saat menjadi Jet Optimus, mereka juga bisa bergabung lagi dengan Armada yang akan menjadi senjata besar di bahunya.

Jetpower Optimus Prime

Penggemar setia film live action Transformers pasti sudah tidak asing lagi dengan Mode Super yang satu ini. Muncul pertama kali di film Revenge of FallenĀ (2009), Mode Super yang diberi nama Jetpower Optimus Prime ini muncul setelah Ratchet dan Jolt memasangkan spark mendiang Jetfire ke komponen Optimus. Sehingga dia bisa bergabung dengan jasad Jetfire dan kemudian terbang ke angkasa untuk melawan Megatron dan The Fallen. Setelah berhasil mengalahkan The Fallen dan membuat Megatron kabur bersama Starscream, komponen Jetfire di tubuh Optimus langsung rontok dan tidak bisa dipakai lagi. Mungkin ini satu-satunya cara Optimus untuk menghargai mendiang Jetfire.

Itulah 4 bentuk epik dari Mode Super Optimus Prime, mulai dari versi animasinya sampai versi live action yang tampak lebih nyata. Mengingat saat ini film live action Transformers telah di-reboot, sepertinya akan sangat menarik jika suatu saat nanti Optimus Prime kembali muncul dengan Mode yang lebih baru dan lebih keren. Misalnya di film Transformers: Rise of the Beasts yang akan rilis pada 9 Juni 2023 mendatang, di mana mungkin dia bisa bergabung dengan robot Maximals seperti Optimus Primal. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.