Untuk membuat sebuah film, dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Pihak studio harus menggelontorkan dana besar untuk membayar para pemain, penggunaan property, wardrobe, kru produksi, hingga tenaga ahli lainnya yang bertugas dalam pembuatan film. Tak jarang, film yang memiliki anggaran besar justru menjadi film dengan pendapatan tertinggi. Salah satu studio yang sering membuat film beranggaran besar adalah Marvel Studios, lewat berbagai film MCU mereka. Yang menjadi pertanyaan adalah apa saja film MCU termahal yang pernah dibuat Marvel Studios? Simak berikut ini Geeks!

Black Panther

Film Black Panther pertama kali rilis di tahun 2018. Ketika itu, Marvel Studios memilih Ryan Coogler sebagai sutradaranya dan Chadwick Boseman kembali memerankan T’Challa alias Black Panther. Film ini menceritakan asal-usul T’Challa, dan bagaimana dia menjadi pemimpin Wakanda. Sebagai kerajaan yang menyimpan berbagai teknologi maju dan Vibranium, Black Panther dan Wakanda memilih mengisolasi diri dari dunia luar. Nah ada fakta menarik untuk film Black Panther, di mana film ini menjadi film pertama di MCU yang mendapat penghargaan Oscars. Tak tanggung-tanggung, filmnya memboyong 3 pengharagaan sekaligus untuk kategori Best Achievement Music, Best Achievement Costume, dan Best Achievement Production Design. Film inipun mendapat pendapatan $1.3 miliar, dengan anggaran pembuatan $200 juta.

Black Widow

Black Widow adalah film pembuka di phase 4 MCU. Yap, meskipun Natasha Romanoff alias Black Widow sudah diceritakan mati di Avengers: Endgame, tetapi Marvel Studios berusaha mengungkap asal-usulnya dalam film ini. Scarlett Johansson pun kembali ditunjuk memerankan Romanoff, di mana ia beradu akting dengan beberapa aktor lainnya seperti Florence Pugh, Rachel Weisz, dan David Harbour. Dalam film ini, kita bisa mengetahui siapa pengganti Natasha Romanoff sebagai Black Widow baru. Nah untuk menyelesaikan filmnya, Marvel Studios menghabiskan anggaran $200 juta. Sayangnya karena rilis di masa pandemi, film ini hanya mendapat pendapatan sebesar $379 juta.

Eternals

Pada akhir tahun 2021 kemarin, Marvel Studios merilis film Eternals yang disutradarai oleh Chloe Zhao. Film ini mengisahkan ras Eternals, yang berisikan para karakter seperti Ajak, Sersi, Ikaris, Kingo, Sprite, Phastos, Makkari, Druig, Gilgamesh, dan Thena. Awalnya Eternals dikirim ke Bumi untuk memusnahkan Deviant, tetapi setelah ribuan tahun mengemban tugas tersebut, ada konflik internal yang terjadi di antara mereka. Untuk menyempurnakan filmnya, Chloe Zhao memilih melakukan syuting di beberapa negera, seperti Inggris, India, Mesopotamia, hingga Babylonia. Dengan banyaknya lokasi syuting yang dilakukan, wajar jika akhirnya film ini menghabiskan anggaran $200 juta. Sayangnya, film ini kurang laris di pasaran, karena hanya mendapat pendapatan $401 juta.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Di tahun 2022 ini, Sam Raimi mendapat kesempatan kembali menyutradarai film Marvel yaitu Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Film ini menceritakan secara gamblang bagaimana multiverse di MCU bekerja, dan Doctor Strange harus menghadapi berbagai kejadian aneh akibat gerbang multiverse yang terbuka pasca kejadian di No Way Home. Dan untuk pertama kalinya, Strange mengunjungi universe lain, dan bertemu dengan varian dirinya sendiri yang jahat. Doctor Strange in the Multiverse of Madness menghabiskan anggaran pembuatan sebesar $200 juta dengan pendapatan box office sebesar $952 juta.

The Avengers

Rilis perdana di tahun 2012, The Avengers adalah film pertama yang memperlihatkan terbentuknya tim Avengers, yang terdiri dari Iron Man, Captain America, Hulk, Thor, Hawkeye, dan Black Widow. Bersama, mereka mencoba mengalahkan dewa kehancuran, Loki, dalam usahanya menghancurkan bumi. Dengan semua gabungan kekuatan, tugas Avengers menjadi sedikit lebih mudah. Film yang disutradarai oleh Jos Whedon ini berhasil mendapatkan pendapatan lebih dari $1,5 miliar, dan menjadikannya sebagai salah satu film dengan pendapatan terbesar kala itu. Padahal, anggaran yang Marvel Studios gelontorkan untuk film ini hanya $225 juta.

Captain America: Civil War

Joe dan Anthony Russo memulai debutnya di MCU sebagai sutradara di film Captain America: Civil War. Captain America: Civil War juga menjadi film ketiga Captain America di MCU, dan menghadirkan kembali Chris Evans sebagai Steve Rogers. Steve Rogers tidak beraksi seorang diri, karena dia ditemani beberapa rekannya seperti Hawkeye, Scarlett Witch, dan Falcon. Sesuai judul, Steve Rogers harus melakukan pertarungan sengit dengan Tony Stark. Di kubu Tony Stark, dia ditemani beberapa rekannya seperti Black Panther, Vision, War Machine, dan Natasha Romanoff. Captain America: Civil War menjadi debut Spider-Man yang diperankan Tom Holland. Nah untuk menyelesaikan filmnya, Marvel Studios mengelontorkan dana sebesar $250 juta. Dan filmnya berhasil mendapat pendapatan $1 miliar, yang otomatis menjadikannya sebagai film Captain America paling laku.

Thor: Love and Thunder

Thor: Love and Thunder adalah film kedua yang disutradarai Taika Waititi di MCU. Tapi, Waititi tak hanya terlibat sebagai sutradara, karena dia juga muncul sebagai pemeran Korg. Nah dalam filmnya, kita bisa melihat kisah percintaan yang terjadi antara Jane Foster dan Thor. Judul “Love and Thunder” seolah menggambarkan kembalinya kisah cinta mereka yang dahulu sempat terhenti. Selain itu, kita juga bisa melihat debut Christian Bale sebagai villain bernama Gorr the God Butcher, di mana dia diceritakan sebagai pembunuh para dewa yang sulit ditaklukan. Untuk membuat film ini, dibutuhkan anggaran sebesar $250 miliar. Untungnya, meski mendapat review yang beragam, tetapi Thor: Love and Thunder berhasil menjadi film terlaris keenam di tahun 2022 dengan mendapat $760 juta.

Avengers: Infinity War

Pada tahun 2018, Marvel Studios merilis Avengers: Infinity War, yang menjadi film ketiga Avengers. Dalam film ini, para superhero yang tergabung dalam Avengers mencegah Thanos yang berambisi mengumpulkan enam Infinity Stones yang tersebar di banyak tempat. Jika Thanos mendapatkan keenam batu tersebut, dia menjadi tak terkalahkan. Untuk membuat cerita yang masif tersebut, Marvel Studios membutuhkan anggaran sebesar $300 juta. Wajar jika Avengers: Infinity War membutuhkan anggaran yang fantastis mengingat filmnya menghadirkan banyak pahlawan super. Dan filmnya pun sukses mendapatkan pendapatan yang masif juga yaitu $2 miliar.

Avengers: Age of Ultron

Avengers: Age of Ultron menjadi film kedua Avengers yang rilis tahun 2015. Dalam film ini, para Avengers harus berhadapan dengan Ultron, yang berniat memusnahkan umat manusia. Di sinilah kita diperkenalkan dengan karakter Scarlet Witch dan Quicksilver, di mana kedua karakter tersebut diperankan Elizabeth Olsen dan Aaron Taylor-Johnson. Avengers: Age of Ultron mungkin bukan film Marvel dengan pendapatan terbesar, tetapi hingga saat ini, Age of Ultron dikenal sebagai film kedua termahal MCU. Dibutuhkan biaya sebesar $365 juta untuk menyelesaikannya. Tetapi beruntung, film ini menghasilkan pendapatan yang luar biasa masif yaitu $1,405 miliar, sedikit lebih kecil dari The Avengers.

Avengers: Endgame

Dalam film ini, Joe dan Anthony Russo kembali didapuk untuk memberikan ending yang sempurna di phase 3 MCU, sekaligus konklusi cerita dari Infinity Saga. Sama seperti Infinity War, Endgame hampir menghadirkan semua karakter MCU yang selama ini kita lihat. Dengan anggaran yang fantastis, yaitu $400 juta, Russo Brother sukses membawa Endgame menjadi film terbaik MCU. Bahkan, Avengers: Endgame menjadi salah satu film dengan pendapatan terbesar di dunia yaitu $2.7 miliar. Dalam film ini, banyak kejutan yang terjadi, dimulai dari tewasnya Tony Stark dan Natasha Romanoff, kepergian Steve Rogers, dan kedigdayaan Thanos yang berhasil dihentikan Avengers.

Itulah dia berbagai film MCU termahal yang pernah dibuat oleh Marvel Studios. Dengan budget yang fantastis, ada beberapa film yang berhasil menjadi film berpendapatan terbesar, sementara beberapa diantaranya mendapat pendapatan yang biasa saja.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/