Chapter terbaru dari seri manga One Piece benar-benar menjadi puncak pertama menuju cerita akhir serinya dengan menjawab rahasia terbesar tentang buah iblis. Seperti yang Geeks ketahui, buah iblis menjadi salah satu rahasia besar di seri One Piece. Namun, tentunya chapter ini bukan hanya sekedar membahas tentang buah iblis. Ada juga berbagai hal lainnya yang tidak kalah menarik.

Dalam chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana Vegapunk menjelaskan tentang mimpinya untuk menciptakan sumber energi gratis. Tujuannya tidak lain untuk mencegah agar tidak ada lagi peperangan yang terjadi di dunia. Namun, hal ini juga yang jadi sumber permasalahan Vegapunk di mana dia menjadi incaran World Government. Lalu, apa saja hal menarik lain di chapter selanjutnya? Berikut adalah review One Piece chapter 1069.

Angkatan Laut Menuju Egghead

Fleet admiral Akainu menjelaskan bagaimana situasi di pulau Egghead semakin pelik ketika dia mendengar laporan jika Luffy dan kelompok Topi Jerami serta Jewelry Bonney ada juga di pulau itu. Akainu pun mengatakan jika kemudian Vegapunk memilih bersekutu dengan kelompok Topi Jerami, maka akan ada celah besar di pihak kekuatan angkatan laut. Mengingat Vegapunk adalah “otak” dari semua penemuan mereka rasanya wajar jika hal itu terjadi.

Di sisi lain, ada kemungkinan juga jika pihak angkatan laut akan tiba di pulau Egghead. Hal ini berdasarkan percakapan Akainu dan bawahannya, yang menyatakan bahwa Kizaru sedang bersiap untuk pergi ke Egghead. Akainu sendiri meminta kepada Rob Lucci untuk tidak bertindak gegabah, yang mana sayangnya hal itu sudah terlambat karena pertarungan mereka sudah dimulai.

Awakening Rob Lucci

Kaku dan Stussy sendiri sebenarnya sudah memperingatkan Lucci untuk tidak bertindak gegabah. Dia tidak boleh menyerang Luffy atau bertarung di area tersebut. Menurut Stussy, status Luffy saat ini sebagai Yonko adalah salah satu pertimbangan utamanya. Bertarung dengan seorang Yonko bisa menjadi penyebab awal terjadinya sebuah peperangan besar.

Namun, peringatan itu ternyata tidak Lucci dengarkan. Meskipun dia sadar bahwa tidak seharusnya hal tersebut dilakukan, pada kenyataanya pertarungan Luffy menghadapi Lucci tidak terhindarkan. Yang menarik adalah Rob Lucci ternyata sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis miliknya. Nampak dia memiliki bentuk yang sama seperti sebelumnya, dengan sedikit lebih kurus. Yang membedakan adalah ada semacam api atau awan hitam yang menyelimuti tubuhnya, yang mirip seperti Luffy.

Terciptanya Buah Iblis

Setelah lebih dari 20 tahun menjadi misteri besar, akhirnya Oda Sensei membeberkan sedikit fakta atau rahasia tentang buah iblis. Hal ini Vegapunk sampaikan ketika melihat kedahsyatan Gear 5 Luffy saat bertarung menghadapi Rob Lucci. Sebenarnya, Vegapunk sendiri bahwa dia masih belum sepenuhnya yakin karena masih ada banyak fakta yang belum terungkap.

Meskipun begitu, menurut Vegapunk kemungkinan buah iblis lahir akibat hasrat atau keinginan besar manusia pada zaman dahulu. Mereka menginginkan untuk memiliki kekuatan atau kemampuan tertentu. Akhirnya, keinginan tersebut coba mereka wujudkan melalui kekuatan buah iblis. Semua kemampuan buah iblis saat ini merupakan wujud keinginan dari orang-orang terdahulu.

Fakta Kelemahan Buah Iblis

Meskipun begitu, di sisi lain, Vegapunk juga menjelaskan bahwa kekuatan buah iblis sebenarnya dianggap sebagai sebuah kutukan. Karena hal inilah para pengguna buah iblis harus kehilangan kemampuan mereka untuk berenang di lautan. Mengapa demikian? Karena, menurut Vegapunk keinginan memiliki kekuatan dahsyat bukanlah sesuatu yang masuk akal atau natural.

Hal ini pun membuat alam, khususnya laut yang biasa dipanggil “ibu pertiwi,” tidak senang akan hal tersebut. Dengan kata lain, alam “mengutuk” para pengguna buah iblis dengan cara mereka tidak akan bisa berenang atau kehilangan kemampuan berenang mereka di laut. Namun, masih ada beberapa pertanyaan besar mengenai kelemahan ini seperti mengapa laut bisa “merasakan” keberadaan pengguna kekuatan buah iblis.

Tatanan Perintah Seraphim

Chapter 1069 memberikan detail menarik mengenai tatanan atau hierarki perintah dari Seraphim. Dengan kata lain, ada sebuah hierarki tentang siapa yang bisa mengendalikan atau memberikan perintah terhadap Seraphim. Geeks mungkin sering melihat sebelumnya bagaimana Pacifista bisa dengan mudah diperintah oleh pihak angkatan laut, Sentomaru, atau siapa pun yang berkaitan dengan World Government.

Namun, seperti yang Stussy jelaskan bahwa sistem hierarki untuk perintah Seraphim ini berbeda dari Pacifista. Dalam penjelasan Stussy, hierarki tertinggi ada di tangan Gorosei. Barulah kemudian Vegapunk dan juga satelit atau kloningnya, Sentomaru, dan terakhir adalah seseorang yang memiliki sebuah chip kendali. CP0 sendiri berusaha untuk mengendalikan mereka salah satunya dengan menghancurkan pusat kendali.

Chapter 1069 benar-benar menjadi salah satu chapter kejutan di fase terakhir seri One Piece dengan menghadirkan “teori” mengenai asal-usul terciptanya buah iblis. Kita juga melihat beberapa hal menarik lainnya seperti awakening Rob Lucci dan bagaimana sistem hierarki untuk memberikan perintah terhadap Seraphim. Apakah pulau Egghead akan jadi medan pertempuran lain? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.