Di tengah perdebatan tentang film horor paling mengerikan, sebuah studi terbaru mencoba mengakhiri rasa penasaran penggemar dengan menjawabnya melalui sains. Studi berjudul ‘The Science of Scare Project,’ ini datang dari Broadband Choices, yang eksperimennya melibatkan 250 responden. Di mana mereka semua bergantian menonton sejumlah film horor Hollywood sambil mengenakan alat pendeteksi denyut jantung. Hasilnya, ada 5 film horor teratas yang adegan jump scare-nya telah membuat rata-rata denyut jantung para responden melebihi 123 BPM. Apa saja film yang dimaksud? Simak di bawah ini, Geeks!

A Quiet Place Part II (123 BPM)

Rilis pada tahun 2020, A Quiet Place Part II sebenarnya bukanlah film yang sepenuhnya horor seperti The Conjuring, Insidious, dan sebagainya. Film sekuel A Quiet Place (2018) ini pada dasarnya bercerita tentang perjuangan keluarga Abbot untuk bertahan hidup di dunia pasca apokaliptik. Di mana sebuah meteor misterius yang jatuh ke Bumi, tiba-tiba merilis sejumlah monster brutal yang mengincar mangsanya melalui suara. Mengingat kemunculannya monsternya yang selalu tiba-tiba, cukup masuk akal jika denyut rata-rata orang yang menonton filmnya dapat menyentuh 123 BPM. Di mana denyut normal orang dewasa biasanya hanya sekitar 50-100 BPM.

Host (129 BPM)

Host adalah film horor Inggris yang rilis perdana pada tahun 2020. Film dari sutradara Rob Savage ini menyajikan tayangan bergaya footage yang seakan-akan benar-benar terjadi di dunia nyata. Di mana sekelompok teman yang tengah melakukan lockdown pandemi Covid-19 memutuskan untuk melakukan panggilan Zoom mingguan agar tetap terhubung. Namun dalam prosesnya, mereka diganggu oleh kekuatan gaib yang muncul saat mereka iseng melakukan ritual pemanggilan arwah. Meskipun plotnya sederhana, tetapi denyut para responden yang ikut merasakan kejadiannya, rata-rata mencapai 129 BPM.

The Conjuring (130 BPM)

Film horor selanjutnya yang masuk kategori menyeramkan menurut sains adalah The Conjuring. Bagi kalian yang sudah menonton film horor tahun 2013 ini mungkin sepakat bahwa film garapan James Wan ini adalah salah satu film Hollywood terhoror. Di mana ceritanya mengisahkan sebuah keluarga yang dihantui oleh iblis mengerikan yang tinggal di rumahnya. Kejadian horor seperti kerasukan dan penampakan mengerikan di filmnya sukses membuat denyut jantung para responden menyentuh 130 BPM. Di mana nilai ini setara dengan denyut orang lansia yang tengah melakukan olah raga.

Sinister (130 BPM)

Film horor lainnya yang dapat membuat denyut para responden menyentuh 130 BPM adalah Sinister. Rilis pada tahun 2012, film dari sutradara Scott Derrickson ini berfokus pada seorang penulis bernama Ellison Oswald (Ethan Hawke) yang berusaha mengungkap kasus pembunuhan keluarga di sebuah rumah. Salah satu upayanya adalah dengan membawa keluarga pindah ke rumah tersebut, yang pada akhirnya dia sadari bahwa keputusan tersebut sangatlah salah. Karena sejak hari pertama dia tinggal di rumah tersebut, nasib keluarganya jadi ikut terancam, seperti keluarga sebelumnya.

Insidious (133 BPM)

Posisi teratas untuk film horor paling mengerikan menurut sains dipegang oleh Insidious. Film yang rilis pada tahun 2010 ini disutradarai oleh spesialis film horor James Wan. Sama seperti film lainnya yang berjudul The Conjuring, film ini terbilang berhasil secara finansial maupun respons dari para penggemar. Plotnya sendiri bercerita tentang sepasang suami istri yang anaknya tiba-tiba mengalami koma dan menjadi wadah bagi para iblis. Film yang sekarang telah menelurkan berbagai sekuel ini berhasil membuat denyut jantung para responden mencapai rekor tertinggi di studi Broadband Choices, yaitu 133 BPM.

Itulah 5 film horor paling mengerikan menurut sains. Mengingat eksperimen yang dilakukan oleh Broadband Choices ini melibatkan 250 orang, sangat mungkin jika salah satunya adalah orang seperti kita. Yang menyukai film horor karena menikmati setiap elemen yang ada di dalamnya, termasuk adegan jump scare yang letaknya tepat dan tidak terlalu berlebihan. Bagaimana, Geeks, apakah kalian sepakat dengan daftar ini? Atau malah ada yang film yang belum kalian tonton? Jika ingin menontonnya sekarang, kami sarankan untuk memastikan terlebih dahulu kesehatan jantung kalian.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.