Avatar menjadi film terbesar yang rilis di tahun 2009. Disutradarai James Cameron, Avatar berhasil memecahkan rekor box office, di mana film tersebut mengantongi pendapatan $2,789 atau setara Rp 40,137 triliun. Dengan pendapatan masif tersebut, Avatar berhasil mengukuhkan diri sebagai film tersukses semanjang masa.

Untuk Geeks yang belum tahu, Avatar menceritakan petualangan Jake Sully, seorang mantan Marinir yang membantu Na’Vi melawan sebuah organisasi jahat bernama RDA. Sejak itulah karakter Jake Sully yang diperankan Sam Worthington menjadi favorit penggemar. Tetapi tahukah kalian bahwa sebelum Sam terpilih memerankan karakter tersebut, ada aktor lain yang hampir memerankannya? Siapa saja aktor yang hampir perankan Jake Sully? Simak berikut ini!

Matt Damon

Siapa yang tidak mengenal Matt Damon? Aktor peraih Oscars ini sudah sering kita lihat di berbagai film Hollywood. Selain piawai berakting, Damon juga sering menjadi produser sekaligus penulis skenario. Di antara berbagai film terbaiknya, mungkin Good Will Hunting menjadi yang paling memorable. Bagaimana tidak? Di film itulah Damon berhasil mendapatkan Oscars kategori Best Screenplay. Selain menulis naskah Good Will Hunting, di film itu dia juga turut membintanginya.

Tetapi ada fakta yang menarik tentang Matt Damon, di mana dia pernah menolak memerankan Jake Sully di film Avatar. Damon menolak tawaran tersebut karena dia ingin berfokus pada franchise Jason Bourne yang kala itu masih berkembang. Setelah tahu bahwa film Avatar sukses besar, Matt Damon pun menyesali keputusannya. Padahal James Cameron pernah menjanjikan uang sebesar 10% dari total pendapatan film Avatar kepada Matt Damon jika dia menerima tawarannya.

Chris Pratt

Aktor berikutnya yang hampir memerankan Jake Sully adalah Chris Pratt. Nama Chris Pratt semakin beken setelah membintangi film Guardians of the Galaxy, di mana ia memerankan sang karakter utama bernama Star Lord. Setelah itulah Pratt semakin sering muncul di film besar Hollywood seperti Jurrasic World dan The Magnificent Seven. Di awal tahun 2023 mendatang, Pratt juga bakal membintangi dua film besar sekaligus yaitu The Super Mario Bros dan Guardians of the Galaxy Vol. 3.

Jauh sebelum membintangi Guardians of the Galaxy, Chris Pratt pernah mengikuti audisi untuk memerankan Jake Sully. Namun kemudian, Pratt gagal terpilih. Menurut Pratt, dia tidak masuk kriteria untuk memerankan Jake Sully sehingga akhirnya tersingkir. Dan setelah itulah Pratt sempat merasa “trauma” mencoba bermain di film layar lebar yang memperlihatkan sosok pahlawan. Selama bertahun-tahun dia lebih memilih berperan dalam film biasa seperti Moneyball dan Her.

Chris Pine

Chris Pine adalah aktor terkenal yang namanya semakin bersinar setelah dia memerankan James T. Kirk dalam reboot Star Trek, dan sekuelnya berjudul Star Trek Into Darkness. Setelah itulah Pine memiliki banyak kesempatan tampil di banyak film blockbuster, termasuk Wonder Woman di tahun 2017. Dalam film tersebut, Chris Pine memerankan Steve Trevors, kekasih Princes Diana.

Pada tahun 2016, Chris Pine secara mengejutkan pernah mengungkap bahwa dia pernah mengikuti audisi untuk memerankan Jake Sully. Pine yang saat itu kurang begitu terkenal harus berhadapan dengan nama-nama besar lainnya, seperti Chris Pratt dan Sam Worthington. Namun seperti yang kita duga, Pine gagal mendapat peran tersebut. Pine mengatakan, “Saya merasa cerita itu (Avatar) akan menghantui saya selama sisa hidup saya.” Pine sepertinya masih teringat dengan kegagalannya memerankan Jake Sully.

Chris Evans

Pada tahun 2011, Chris Evans mendapat kesempatan memerankan karakter adaptasi komik, Captain America. Selama bertahun-tahun, Evans kembali memerankan karakter tersebut. Dan setelah 8 tahun memerankannya, di tahun 2019, Marvel Studios memilih memensiunkan karakternya, sehingga Evans tidak akan lagi menjadi Captain America. Tetapi walau begitu, karier Evans terus bersinar. Film terbarunya saat ini adalah Red One, Pain Hustlers, dan Ghosted.

Tahun 2018, James Cameron mengatakan bahwa Chris Evans menjadi kandidat terkuat untuk memerankan Jake Sully. Tetapi pada akhirnya Cameron lebih memilih Sam Worthington untuk memerankan Jake Sully. Selain Sam Worthington, Evans harus dihadapkan dengan kandidat terkuat lainnya yaitu Channing Tatum, sebelum akhirnya tersingkir.

Channing Tatum

Bernasib sama Chris Evans, Channing Tatum adalah salah satu kandidat terkuat untuk memerankan Jake Sully. James Cameron pernah mengatakan bahwa Channing Tatum adalah pilihan teratasnya. Diapun sangat menyukai gaya Channing. Tetapi Sam memiliki kualitas suara dan intensitas yang dibutuhkan untuk memerankan Jake Sully, sehingga Channing Tatum juga tersingkir.

Walaupun gagal memerankan Jake Sully di film Avatar, tetapi sepertinya Channing Tatum tidak menyesalinya, karena dia masih tampil di banyak film besar seperti G.I. Joe dan 21 Jump Street. Selain itu, Tatum juga mendapat kesempatan tampil dalam film Kingsman: The Golden Circle yang menjadi sekuel dari film The Kingsman.

Jake Gyllenhaal

Pada tahun 2010, Jake Gyllenhaal pernah mengkonfirmasi rumor yang menyebutkan bahwa dirinya hampir memerankan Jake Sully. Dia pernah melakukan diskusi dengan anak buah James Cameron untuk memerankan Jake Sully. Namun entah apa yang terjadi, Jake Gyllenhaal tak jadi memerankan karakter tersebut. Pada akhirnya, Gyllenhaal menghormati keputusan yang pernah dia buat.

Meskipun Gyllenhaal tidak jadi memerankan seorang Na’Vi, tetapi dia mendapat kesempatan tampil di franchise aksi lainnya yaitu Prince of Persia. Selain itu, Gyllenhaal juga mendapat kesempatan tampil dalam film Spider-Man: Far From Home, di mana ia memerankan seorang villain bernama Mysterio. Kiprahnya di industri film masih terus berlanjut, di mana saat ini dia tengah menyelesaikan beberapa film besar seperti The Division, Combat Control, Prohet, dan masih banyak lainnya.

Itulah dia Geeks beberapa aktor yang hampir memerankan Jake Sully di film Avatar. Di antara beberapa aktor tersebut, Chris Evans dan Channing Tatum menjadi urutan yang teratas. Tetapi kemudian, para aktor tersebut berhasil disingkirkan oleh Sam Worthington, yang bakal mengulangi perannya lagi dalam film Avatar: The Way of Water.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/