Kepopuleran anime memang tidak bisa dipungkiri. Banyak orang menjadikan anime sebagai tontonan wajib ketika sedang tidak beraktifitas. Wajar karena anime memiliki premis cerita yang menarik, dan punya ragam genre. Ceritanya pun terkadang anti-mainstream, seperti menceritakan seorang ninja, bajak laut, hingga karakter yang diberkahi kekuatan dewa. Dengan cerita menarik, karakter ikonik,  dan bisa dinikmati berbagai kalangan, maka sangat wajar jika anime menjadi primadona. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah ada anime buatan Indonesia? Ternyata ada beberapa anime yang pernah dibuat orang Indonesia. Apa saja?

Battle of Surabaya

Geeks tentu sudah tidak asing dengan nama Battle of Surabaya. Anime produksi MSV Pictures ini menampilkan animasi, cerita, dan pengisi suara yang ciamik. Wajar jika akhirnya Battle of Surabaya dinobatkan sebagai film animasi terbaik di Milan International Filmaker Festival pada tahun 2017. Battle of Surabaya menceritakan tentang perjuangan bangsa Indonesia saat perang Surabaya pecah di tahun 1945. Ketika itu, ada seorang remaja bernama Musa, di mana ia mengemban tugas penting untuk mengantar surat penting dan rahasia kepada tentara Indonesia. Dalam mengemban tugas tersebut, Musa ditemani oleh Yumna dan Danu, yang setia menemaninya.

Change!

Setelah kehebohan Battle of Surabaya, kita kemudian dikejutkan dengan anime terbaru ciptaan anak bangsa lainnya yaitu Change!. Animenya bercerita tentang kehidupan seorang karyawan bernama Aditya Dika, yang bekerja pada sebuah minimarket bernama BetaMart. Suatu ketika, BetaMart merekrut seorang karyawan baru bernama Suci, dan sejak itulah kehidupan Aditya Dika berubah. Dia dan Suci ternyata sering bertengkar. Yap, anime ini akan berfokus pada pekerjaan sehari-hari yang dilakukan oleh Dika dan kawan-kawan di minimarket tersebut. Nah, Change! Diproduksi oleh seorang anak bernama Muallim Hibatturahman, dan kemudian animenya diupload dalam channel YouTube Crowmaru.

Angel Dives

Selain Change!, ternyata Muallim Hibatturahman juga membuat anime lainnya berjudul Angel Dives. Tetapi anime ini lebih dikembangkan secara serius, karena dihadirkan juga versi dubbing berbahasa Inggris. Menariknya, Angel Dives menghadirkan beberapa pengisi suara terkenal seperti Marrisa Lenti (Moze di Borderlands 3), Kira Buckland (Jolyne JoJo Part 6), dan Brittany Lauda (Foo Fighters). Nah untuk urusan cerita, Angel Dives menceritakan tentang para manusia yang mendapat kekuatan dari malaikat Angel Dives. Dengan kekuatan itu, para manusia tersebut ditugaskan untuk melawan monster bernama Arogym, sosok monster yang muncul akibat hawa nafsu dan penyakit hati manusia. Sayangnya, cerita dari anime ini dibiarkan menggantung, dan tidak dilanjutkan.

PaperPlane

Nah buat kalian penggemar anime bergenre drama, PaperPlane sangat cocok untuk kalian saksikan. Anime ini mengambil latar kota Solo, Jawa Tengah, dan menceritakan tentang gaya hidup masyarakat masa kini yang sangat tergantung dengan teknologi dan gadget. Tidak ada dialog yang dimunculkan dalam anime ini. Tetapi kalian akan melihat serangkaian petunjuk yang akhirnya mengarah kepada akhir filmnya. Lantas apa yang terjadi dengan sang karakter utama di PaperPlane? Well, tentunya kalian baru bisa mendapat jawabannya setelah menonton anime tersebut. PaperPlane digarap oleh Aji Nugroho dan Bhyan Apriliyan, dan dapat kalian saksikan di Youtube.

Tikam Samurai

Anime ini diadaptasi dari novel garapan Makmur Hendrik berjudul sama. Bergenre action, Tikam Samurai menceritakan tentang Bungsu, seorang pemuda yang menjual negaranya untuk mendapat uang. Namun suatu ketika, keluarga Bungsu dihabisi oleh para tentara Jepang, dengan menggunakan Katana. Saat itulah Bungsu berjanji untuk membalaskan dendamnya dan tak lagi berkhianat kepada bangsa dan negaranya. Bungsu kemudian mulai memburu orang-orang yang telah mengusik keluarganya, dengan menggunakan katana. Nah anime ini mempertontonkan adegan yang berdarah-darah, sehingga kurang cocok disaksikan untuk anak kecil. Radjoam Rahim, Lilik Sumantoro, M Assarudin adalah orang-orang hebat dibalik pembuatan anime ini.

Vatalla – Sang Pelindung

Digarap oleh Kampoong Monster, Vatalla – Sang Pelindung menceritakan tentang Jaka, Vinetta, Fionna, Arya, Yudha, dan seorang anjing bernama Wolfie, yang membentuk sebuah band bernama Aliens Five. Tetapi kehidupan mereka berubah drastis setelah menemukan benda bersejarah berbentuk keris purba. Ternyata, keris purba tersebut menyimpan roh gunung api yang menjaga sebuah legenda purba. Dalam legenda tersebut, diceritakan bahwa ada sebuah dunia bernama Cyodyayalla yang dilanda dengan kehancuran. Nah demi menyelamatkan Cyodyayalla, kelima remaja tersebut turun langsung dan berpetualang. Nah menariknya, anime ini pernah ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta di Indonesia.

Trese

Anime ini diadaptasi dari komik Filipina berjudul sama. Menariknya, Trese diproduksi oleh Base Entertainment, rumah produksi yang berbasis di Indonesia dan Singapura. Trese sendiri menceritakan tentang karakter bernama Alexandra Trese, seorang penyembuh sekaligus pejuang yang melindungi umat manusia dari para makhluk gaib. Yap, anime ini menawarkan nuansa sihir yang cukup kental. Karena digarap langsung oleh sineas Jay Oliva yang pernah mengerjakan Justice League Dark, maka Trese pun mirip seperti seri tersebut. Trese tayang di Netflix dan terbagi dalam enam episode, dan semua episodenya sudah bisa kalian tonton sejak tahun lalu.

Itu dia Geeks beberapa anime hasil kreasi dari anak bangsa. Beberapa anime tersebut mungkin sudah familiar di telinga kalian, tetapi beberapa lainnya mungkin terdengar asing. Nah di antara anime tersebut, mana yang pernah kalian saksikan Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/