Dari sekian banyak genre film, horor adalah salah satu genre yang paling populer di seluruh dunia. Karena pada dasarnya genre ini tidak memerlukan penjelasan premis yang rumit untuk menyajikan cerita menyeramkan kepada para penontonnya. Para sineas dan aktor hanya perlu memberikan cerita yang membangung bulu kuduk berdiri sekaligus mimik wajah yang menggambarkan kengerian. Namun, tahukah kalian, dari semua film horor yang beredar dan populer di seluruh dunia, ternyata 10 di antaranya benar-benar diadaptasi dari kisah nyata. Apa saja film yang dimaksud? Simak di bawah ini, Geeks.

The Exorcist

The Exorcist adalah film horor yang sangat populer pada tahun 1973, bahkan mungkin sampai sekarang. Alasannya karena film yang mengadaptasi novel horor berjudul sama ini mengangkat kisah nyata tentang peristiwa kesurupan yang dialami oleh mendiang Roland Doe pada tahun 1940. Pada saat kerasukan, Doe kurang lebih berusia sekitar 14 tahun. Hal ini lantas membuat ibunya memanggil pendeta Katolik untuk mengadakan ritual pengusiran setan. Dalam prosesnya, ritual tersebut terpaksa dihentikan karena Doe mengamuk dan melemparkan pegas kasurnya kepada sang pendeta.

Poltergeist 

Sesuai dengan judulnya, Poltergeist adalah film horor tahun 1982 yang bercerita tentang kejadian mistis, di mana banyak barang berterbangan dan juga suara-suara mengerikan yang bermunculan. Hal tersebut bisa terjadi karena ternyata rumah keluarga korban di filmnya didirikan di atas kuburan arwah yang sangat kejam. Kejadian di film horor ini ternyata pernah terjadi di dunia nyata, di mana keluarga Hermann bercerita bahwa di rumah mereka sering kali banyak benda berterbangan secara misterius. Menurut mereka, alasannya karena rumah mereka didirikan di atas kuburan Suku Indian.

A Nightmare on Elm Street

Rilis perdana pada tahun 1984, A Nightmare on Elm Street adalah waralaba film horor slasher yang bercerita tentang kematian sekelompok anak muda oleh sosok mengerikan bernama Freddy Krueger, yang bisa membunuh para korbannya di alam mimpi. Dalam sesi wawancaranya dengan Vulture, pencipta sutradara Wes Craven sempat mengungkapkan bahwa premis film horor garapannya mengambil inspirasi dari kisah nyata di artikel koran Los Angeles Times yang bercerita tentang kejadian menyeramkan pada tahun 1981. Di mana ada lebih dari 25 pria yang tiba-tiba tewas secara misterius saat mereka tertidur.

The Exorcism of Emily Rose

Sama seperti The Exorcist, film horor The Exorcism of Emily Rose juga terinspirasi dari kisah nyata tentang kerasukan seorang wanita muda. Kali ini yang menjadi korbannya adalah seorang wanita Jerman bernama Anneliese Michel (Emily Rose di film), yang diceritakan berperilaku aneh dan sulit untuk dikendalikan. Sedih dengan kondisi anaknya, orang tua Anne lantas meminta bantuan kepada pendeta yang langsung mengadakan ritual pengusiran setan. Sayangnya, dalam prosesnya Anne meninggal dunia karena mengalami dehidrasi, di mana hal ini membuat kedua orang tuanya dan pendeta dihukum.

The Haunting in Connecticut

The Haunting in Connecticut adalah film horor tahun 2009 yang mengambil inspirasi dari kisah nyata pada tahun 1989. Sesuai dengan judulnya, plot film ini pada dasarnya bercerita tentang kejadian mistis di rumah berhantu yang berada di wilayah Connecticut. Semuanya bermula saat keluarga Snedeker (Campbell di film) menyewa rumah tersebut dan mulai mengalami berbagai kejadian menyeramkan. Pada akhirnya detektif paranormal Ed dan Lorraine Warren mengungkap bahwa rumah tersebut adalah bekas kamar mayat. Sehingga di dalamnya terdapat banyak sekali iblis yang berusaha menghantui manusia.

The Possession

The Possession adalah film horor dimulai dengan kisah seorang anak yang membeli sebuah kotak antik di pasar. Ibu sang anak mulai curiga bahwa kotak antik tersebut menyimpan sebuah kekuatan jahat yang membuat anaknya berperilaku aneh. Film yang rilis pada tahun 2012 ini ternyata terinspirasi dari kisah nyata, di mana seorang pria bernama Kevin Mannis menjual sebuah kotak horor yang disebut ‘dybbuk box’ di eBay. Dalam cerita rakyat, dybbuk adalah sebutan untuk arwah penasaran, yang saking jahatnya selalu berusaha menghantui sekaligus merasuki manusia.

The Conjuring

Film horor The Conjuring (2013) dan juga semua sekuelnya, termasuk yang terbaru yaitu The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021), pada dasarnya memang mengambil inspirasi dari kisah nyata Ed dan Lorraine Warren. Pasangan suami-istri ini berprofesi sebagai detektif khusus paranormal yang telah menangani banyak masalah gaib di Amerika. Termasuk kasus yang terjadi di rumah berhantu keluarga Lutz, kemudian kasus yang berasal dari boneka kutukan Annabelle, dan juga kasus pembunuhan yang konon melibatkan iblis dari Neraka.

Annabelle

Siapa yang tidak kenal dengan boneka kutukan Annabelle? Boneka yang mempunyai penampilan mengerikan ini pertama kali diceritakan di film The Conjuring. Saking populernya, kisah Annabelle kemudian dijadikan sebuah waralaba film baru, mulai dari film Annabelle (2014) sampai yang terbaru Annabelle Comes Home (2019). Ternyata semua film horor Annabelle tersebut diadaptasi dari kisah nyata tentang boneka Raggedy Anne. Singkat cerita akhirnya diketahui bahwa di dalam boneka tersebut terdapat arwah jahat Annabelle Higgins, yang mengutuk para pemiliknya.

Winchester (2018)

Winchester adalah film horor thriller tahun 2018 yang digarap oleh sutradara Michael dan Peter Spierig. Sejak awal sudah dijelaskan bahwa film horor ini mengadaptasi kisah nyata tentang rumah berhantu milik Sarah Winchester di California. Sebelumnya kisahnya terkenal, diceritakan bahwa di rumahnya Sarah telah kehilangan bayi perempuan dan suaminya karena penyakit, sebelum akhirnya dia meninggal pada tahun 1922. Sejak saat itu dilaporkan banyak sekali kejadian mistis di rumah tak berpenghuni tersebut. Saat ini Rumah Winchester sendiri telah menjadi tempat wisata horor populer di California.

Things Heard & Seen

Things Heard & Seen adalah film horor yang baru rilis pada tahun 2021 lalu. Ceritanya sendiri berfokus pada pasangan Manhattan yang pindah ke rumah bersejarah, di mana pada akhirnya terungkap bahwa ternyata pernikahan mereka terhubung dengan sejarah mengerikan dari rumah tersebut. Diadaptasi dari novel berjudul All Things Cease to Appear, film horor ini ternyata terinspirasi dari kisah nyata penulisnya, yaitu Elizabeth Brundage, di mana dia dan suaminya mengalami banyak kejadian menyeramkan di sebuah rumah yang disewanya.

Itulah 10 film horor yang mengadaptasi kisah di dunia nyata. Terlepas dari apakah kisah nyata tentang filmnya hanya sekadar gimik atau bukan, tetapi pada kenyataannya semua film horor ini telah berhasil menghadirkan kengerian yang tampak nyata. Di mana hampir semua adegannya terasa sangat relate dengan kehidupan sehari-hari yang umumnya dialami oleh para penontonnya. Dari semua film horor ini menurut kalian mana yang paling menyeramkan, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.