Marvel Cinematic Universe adalah jagat sinema superhero live action yang sangat populer di seluruh dunia. Sampai artikel ini ditulis, setidaknya Marvel Studios telah merilis 30 film, 8 serial, dan 2 tayangan spesial MCU dengan kisah yang saling berhubungan satu sama lain. Namun tahukah kalian, sebelum Marvel Studios merajai dunia perfilman superhero di Hollywood seperti sekarang ini, sebenarnya ada banyak sekali film Marvel non-MCU yang beberapa di antaranya harus dibatalkan karena alasan yang beragam. Berikut ini 10 film Marvel yang batal dibuat.

Punisher War Zone 2

Pada tahun 2008, setelah film The Punisher dari sutradara Jonathan Hensleigh gagal secara finansial, Lionsgate memutuskan untuk merilis film reboot berjudul Punisher: War Zone dengan sutradara Levi Alexander. Di film ini Frank Castle alias Punisher (Ray Stevenson) bahkan bertemu dengan musuh bebuyutannya yang bernama Jigsaw. Sayangnya ambisi film ini justru tidak tergambar pada kualitasnya, sehingga banyak penggemar yang mengkritik karya dari Alexander ini. Kegagalan tersebut pada akhirnya membuat film Marvel ini batal, padahal pada saat itu sekuelnya sempat mendapatkan lampu hijau.

Daredevil 2

Pertama kali rilis pada tahun 2003, Daredevil adalah salah satu judul film Marvel yang diproduksi oleh 20th Century Studios. Film yang digarap oleh Mark Steven Johnson ini dianggap gagal karena penampilan Ben Affleck sebagai Daredevil yang kurang totalitas, serta plot yang terasa setengah hati. Walaupun begitu, film yang menghadirkan Kingpin versi kulit hitam ini terbilang cukup berhasil secara finansial. Sayangnya, hal tersebut tidak berhasil mendorong pengembangan sekuelnya untuk memasuki tahap produksi. Yang akhirnya hanya membuat studio merilis film spinoff Elektra yang juga gagal di pasaran.

Shang-Chi

Jauh sebelum Marvel Studios merilis film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, sebenarnya karakter Shang-Chi pernah beberapa kali hampir mendapatkan film solo lebih awal sekitar tahun 2000-an. Sebuah proyek film bela diri Marvel berjudul The Hands of Shang-Chi: Master of Kung Fu bahkan sempat akan disutradarai oleh Ang Lee. Pada tahun 2005, upaya kedua pernah dilakukan juga oleh sutradara Yuen Woo-ping dengan Stan Lee sebagai produsernya. Sayangnya, saat Marvel Cinematic Universe berdiri, semua proyek film Shang-Chi tersebut resmi dibatalkan.

Sekuel FANT4STIC

Tidak lama setelah Marvel Studios berhasil menyajikan tayangan superhero yang bisa memenuhi harapan penggemar, 20th Century Studios juga pernah mencoba membawa kembali tim keluarga super pertama Marvel melalui film reboot Fant4stic. Sayangnya film yang rilis pada tahun 2015 ini justru mendapatkan banyak kritik dari para penggemar dan juga kritikus, yang merasa plotnya sangat buruk. Hal ini pada akhirnya membuat 20th Century langsung membatalkan pengembangan film sekuelnya, yang pada saat itu sebenarnya sudah dijadwalkan untuk tayang pada 9 Juni 2017.

Ghost Rider 3

Mungkin Ghost Rider (2007) bukanlah film Marvel yang populer di kalangan penggemar Amerika. Namun di seluruh dunia, film yang dibintangi oleh Nicolas Cage justru sangat diminati, sampai akhirnya Columbia dan Sony merilis sekuelnya yang berjudul Ghost Rider: Spirit of Vengeance (2011). Sayangnya, film ketiganya yang sempat akan kembali dibintangi oleh Cage serta disutradarai oleh Mark Neveldine ternyata batal diproduksi. Alasannya karena pada tahun 2013, Sony telah mengembalikan hak atas karakternya kepada Marvel Studios, yang pada saat itu tengah berkembang dengan waralaba MCU-nya.

Gambit

Pada tahun 2014, 20th Century Studios sempat berencana untuk memunculkan karakter Gambit di film X-Men: Apocalypse (2016) dengan Chaning Tatum sebagai pemerannya. Bersamaan dengan ide tersebut, studio juga hampir menggarap film solo Gambit. Sayangnya hal tersebut tidak pernah terwujud, karena banyak dari sutradaranya yang memutuskan untuk hengkang, seperti Rupert Wyatt, Doug Liman, dan Gore Verbinski. Padahal pada saat itu filmnya telah menggaet aktris Lea Seydoux dan juga Lizzy Caplan. Kemudian saat Disney mengakuisisi studiosnya, proyek ambisius ini akhirnya resmi batal.

Spider-Man 4

Trilogi Spider-Man karya sutradara Sam Raimi sebenarnya merupakan salah satu waralaba film Marvel yang sangat populer di kalangan penggemar. Namun karena Sony kurang puas dengan pencapaian film Spider-Man 3 (2007), pada akhirnya waralaba terpaksa dihentikan. Padahal pada saat itu Raimi sudah sempat menulis naskah untuk film keempatnya yang tadinya akan menghadirkan supervillain seperti Mysterio, dan Vulture. Gagalnya produksi film Spider-Man 4 pada saat itu banyak membuat penggemar bersedih. Sebagai gantinya, beberapa tahun kemudian Sony akhirnya merilis film reboot The Amazing Spider-Man.

Venom

Melalui film Spider-Man 3, karakter Venom dari aktor Topher Grace tadinya sempat akan mendapatkan film solonya sendiri. Di mana pada tahun 2008 Sony telah memberikan lampu hijau untuk proyeknya dan setahun Paul Wernick dan Rhett Reese bahkan sempat mengungkapkan bahwa mereka telah menyelesaikan naskahnya. Sayangnya, dengan batalnya film Spider-Man 4, akhirnya proyek film Marvel Venom pun menjadi tidak jelas sampai akhirnya dibatalkan. Alasannya masih sama, karena Sony berniat me-reboot waralaba sekaligus semestanya dengan The Amazing Spider-Man.

The Amazing Spider-Man 3

Awalnya film reboot The Amazing Spider-Man terbilang cukup berhasil dalam memuaskan para penggemar yang kecewa film Spider-Man 4 batal tayang. Di mana hal tersebut sebagian besar disebabkan oleh penampilan akting memukau dari Andrew Garfield sebagai Spider-Man. Sayangnya, Sony lagi-lagi membatalkan waralabanya setelah mereka sempat memberikan lampu hijau untuk film The Amazing Spider-Man 3. Pada akhirnya terungkap bahwa semua itu terjadi karena Sony dan Marvel Studios telah membuat kesepakatan untuk membawa karakter Spider-Man ke MCU dengan kisah sekaligus aktor baru.

Silver & Black

Sesuai dengan judulnya, Silver & Black adalah film Marvel yang tadinya akan berfokus pada karakter Silver Sable dan Black Cat, yang terkenal cukup dekat dengan Spider-Man. Proyek ini sempat Sony mulai pada tahun 2017 dengan Gina Prince-Bythewood sebagai sutradaranya. Sayangnya, satu tahun setelah pengumumannya, film yang cukup membuat penggemar Marvel penasaran ini dibatalkan oleh Sony. Setelah itu sempat beredar sebuah kabar lain yang mengatakan bahwa naskah lamanya akan digunakan untuk film solo Black Cat. Namun, sampai sekarang masih belum jelas bagaimana kelangsungnya proyeknya.

Itulah 10 film Marvel yang akhirnya batal meskipun sempat dikembangkan dan bahkan diantisipasi oleh para penggemar. Saat ini banyak karakter dari film batal ini yang akhirnya mendapatkan tempat di MCU, seperti Daredevil yang akan mempunyai serial solo berjudul Daredevil Born Again. Belum lagi rumor yang mengatakan bahwa karakter seperti Ghost Rider, Punisher, dan Gambit, akan tampil sebagai karakter tambahan di MCU. Melihat kesempatan yang terbuka lebar untuk mereka, bukan tidak mungkin para karakter lain dari film batal ini akan muncul juga pada masa depan MCU. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.