Hollywood selalu menjadi tolak ukur dari kesuksesan sebuah film maupun para aktor yang terlibat di dalamnya. Alasannya cukup sederhana, karena Hollywood memang merupakan salah satu industri perfilman yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Menariknya, ternyata di antara banyaknya film Hollywood yang beredar di pasaran, ternyata beberapa di antaranya telah melibatkan sejumlah aktor tanah air. Seperti 10 tayangan atau film Hollywood yang akan kita bahas kali ini, di mana para aktor Indonesia memainkan peran yang cukup penting bahkan sebagai karakter utama.

Furious 6

Sesuai dengan judulnya, Furious 6 adalah bagian keenam dari waralaba film populer Fast & Furious yang disutradarai oleh Justin Lin dan ditulis oleh Chris Morgan. Film sukses Hollywood ini ternyata melibatkan aktor Indonesia, Joe Taslim, sebagai karakter Jah, anak buah dari antagonis utama Owen Shaw (Luke Evans). Di filmnya, karakter Joe sempat diceritakan bertarung dengan Han (Sung Kang) dan Roman (Tyrese Gibson). Joe bahkan terlibat dalam pertempuran terakhir di bandara sampai akhirnya karakternya diceritakan tewas saat Roman mendorong mobilnya ke mesin pesawat kargo sampai meledak.

Mortal Kombat

Masih dengan Joe Taslim, aktor Indonesia ini juga pernah terlibat dalam film Hollywood Mortal Kombat yang rilis pada tahun 2021 lalu. Tidak tanggung-tanggung, di film yang mengadaptasi game populer ini Joe berperan sebagai karakter favorit penggemar, Bi-Han alias Sub-Zero. Karakter Joe ini digambarkan sebagai ninja petarung berkekuatan es yang mengancam dari awal sampai akhir filmnya. Pada akhirnya karakter Sub Zero sendiri diceritakan kalah dan tewas di tangan musuh bebuyutannya, yaitu Hanzo Hasashi alias Scorpion (Hiroyuki Sanada), yang dibantu oleh keturunannya Cole Young (Lewis Tan).

Eat Pray Love

Dari film aksi sekarang kita beralih ke film drama berjudul Eat Pray Love, di mana aktris Indonesia Christine Hakim beradu akting dengan para aktor Hollywood. Rilis pada tahun 2010, Eat Pray Love bercerita tentang kehidupan Liz Gilbert (Julia Roberts) yang memutuskan untuk mencari ketenangan di Bali, setelah bercerai dengan suaminya. Di film ini Christine Hakim berperan sebagai Wayan, wanita Bali yang menjadi sahabat Liz dan turut membantu karakter protagonis untuk lepas dari tekanan hidupnya.

Power Rangers Dino Charge

Power Rangers Dino Charge adalah season ke-22 dari waralaba Power Rangers yang mengadaptasi serial Super Sentai Jepang berjudul Zyuden Sentai Kyoryuge. Di tayangan ini, ternyata ada aktor keturunan Indonesia yang terlibat sebagai Ranger biru bernama Koda. Dia adalah Yoshi Sudarso, aktor kelahiran Surabaya yang sekarang menetap di Amerika. Koda sendiri digambarkan sebagai manusia gua yang akhirnya menjadi Power Ranger dengan kekuatan Stegosaurus.

The Kickboxer: City of Blood

Setelah sukses membintangi film The Raid 2 sebagai Hammer Girl, pada tahun 2015, Julie Estelle pernah mendapatkan tawaran untuk terlibat dalam film berstandar Hollywood yang berjudul City of Blood. Di film garapan sutradara Albert Pyun ini Julie berperan sebagai karakter bernama Tun, seorang polisi yang berusaha menangkap sekaligus membunuh saksi kriminal bernama Jenny (Clare Kramer). Namun, dalam prosesnya, alih-alih mendapatkan apa yang dia inginkan, Tun justru harus berhadapan dengan David (Sasha Mitchell).

Angels Fallen: Warriors of Peace

Sama seperti Julie Estelle, Arifin Putra adalah aktor Indonesia yang namanya mulai terkenal di kalangan penggemar Hollywood setelah membintangi film tanah air The Raid 2 sebagai Uco. Popularitasnya membuat film berstandar Hollywood Angels Fallen: Warriors of Peace menggaet Arifin sebagai salah satu pemeran utamanya yang bernama Trigger. Berdasarkan sinopsisnya, film ini bercerita tentang veteran perang Irak yang mendapatkan misi penting untuk menghentikan malaikan jahat yang ingin menguasai dunia dengan pasukan kematiannya.

John Wick: Chapter 3 – Parabellum

Semua penggemar film aksi Hollywood pasti mengetahui waralaba film John Wick. Di film ketiganya yang berjudul John Wick: Chapter 3 – Parabellum (2019), aktor Indonesia Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman berperan sebagai musuh John Wick (Keanu Reeves) yang mengeroyoknya dalam sebuah pertarungan epik. Mereka berperan sebagai shinobi yang merupakan murid dari salah satu villain utama di filmnya yang bernama Zero (Mark Dacascos). Setelah melakukan pertarungan sengit, karakter Yayan dan Cecep akhirnya mati di tangan Wick yang memang terkenal sulit untuk dikalahkan.

Star Wars: The Force Awakens

Siapa yang tidak mengenal Star Wars? Salah satu waralaba film tertua dan terbesar di Hollywood ini ternyata pernah melibatkan aktor Indonesia di filmnya yang berjudul Star Wars: The Force Awakens (2015). Mereka adalah Yayan Ruhian dan Iko Uwais, yang masing-masing berperan sebagai Tasu Leech dan Razoo Qin-Fee, anggota organisasi kriminal Kanjiklub Gang. Meskipun tidak masuk dalam kredit, Cecep Arif Rahman juga terlihat sebagai bagian dari Kanjiklub Gang dengan penutup mata. Meskipun singkat, tetapi kemunculan mereka berhubungan langsung dengan karakter Han Solo (Harrison Ford).

Snake Eyes

Snake Eyes adalah film superhero yang dimaksudkan sebagai origin dari karakter G.I. Joe bernama sama yang rilis pada tahun 2021 lalu. Filmnya sendiri bercerita tentang kisah Snake Eye (Henry Golding) yang berlatih di perguruan ninja Arashikage, sebelum akhirnya dia harus menghadapi masalah besar yang berhubungan dengan organisasi kriminal dunia. Di film ini aktor Indonesia Iko Uwais berperan sebagai karakter bernama Hard Master, mentor di perguruan Arashikage yang turut melatih Snake Eyes dan keponakannya Tommy Arashikage yang akhirnya menjadi Storm Shadow.

Mile 22

Film Mile 22 bercerita tentang misi dua orang agen CIA, Jimmy (Mark Wahlberg) dan Alice (Lauren Cohan), yang berusaha untuk meloloskan seorang mantan agen sekaligus polisi Indocarr dari negaranya. Mantan agen tersebut adalah Li-Noor, karakter yang diperankan oleh Iko Uwais. Dalam prosesnya mereka harus menghadapi banyak pasukan khusus dan tentara bayaran yang sangat ingin membunuh Li-Noor, karena dia terlalu banyak tahu tentang rahasia negaranya. Di ending, ternyata akhirnya terungkap bahwa villain yang sebenarnya adalah Li-Noor sendiri, yang memang sejak awal memanipulasi Jimmy.

Itulah 10 film Hollywood yang dibintangi oleh film Indonesia. Sebagian besar dari deretan film ini ternyata terbilang cukup sukses juga di seluruh dunia. Di mana hal tersebut tidak lepas dari keterlibatan para aktor Indonesia ini, yang secara tidak langsung telah membuat filmnya dapat menarik perhatian lebih dari para penggemar film di tanah air.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.