Fast X alias Fast Furious 10 menjadi film kesepuluh dalam franchise Fast & Furious. Filmnya digadang-gadang menjadi awal dari ending Fast Saga. Seperti yang kita ketahui, Fast Saga berjalan lebih dari dua dekade, yang dimulai lewat film pertama berjudul The Fast and the Furious, yang rilis 22 Juni 2001.

Saganya bakal berakhir dalam film kesebelas. Sayangnya, belum ada informasi tentang tanggal rilis film kesebelasnya. Tetapi sebelum itu, kita akan lebih dulu menyaksikan film kesepuluhnya, yang rencananya rilis 19 Mei 2023.

Dalam film tersebut, Dominic Toretto dan kawan-kawan masih berurusan dengan Cipher. Cipher tidak sendirian, karena aktor Jason Momoa juga dikonfirmasi bakal membintangi seorang villain baru. Hanya saja nama karakternya masih belum diketahui. Nah baru-baru ini, muncul informasi baru terkait Fast X.

The Warp melaporkan bahwa anggaran pembuatan Fast X melonjak drastis dibanding dengan film-film sebelumnya dari franchise Fast & Furious. Mereka melaporkan bahwa anggaran Fast X mencapai $340 juta. Selain menjadi rekor tertinggi di franchise Fast & Furious, angka tersebut juga mendekati anggaran Avengers: Endgame, yang mencapai $356 juta.

Angka fantastis tersebut menempatkan Fast X alias Fast Furious 10 sebagai salah satu film termahal yang pernah dibuat, meskipun angkanya masih berada di bahwa Avengers: Endgame, dan Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides yang merajai film termahal sepanjang sejarah dengan anggaran pembuatan hingga #400 juta.

Ada banyak penyebab anggaran Fast X membengkak dari film-film sebelumnya. Pertama adalah para pemeran yang membintangi filmnya terus bertambah. Selain harus menggelontorkan dana $20 juta untuk sang pemeran utama, Vin Diesel, mereka juga harus membayar pemeran lama lainnya seperti Michelle Rodriguez, Jordana Brewster, Tyrese Gibson, dan Ludacris. Mereka tentu mendapat gaji yang besar, walau tidak akan sebesar Vin Diesel.

Ditambah lagi, filmnya bakal menghadirkan para pemeran baru seperti Scott Eastwood, Brie Larson, Daniela Melchior, dan masih banyak lagi. Ditambah lagi dengan anggaran untuk menambahkan efek visual, dan efek pratikal dalam filmnya. Oleh sebab itulah dibutuhkan anggaran besar dalam pembuatan filmnya.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah filmnya akan masih menguntungkan bagi Universal atau tidak. Tentu pertanyaan tersebut akan terjawab ketika filmnya rilis nanti. Kita tunggu aja ya Geeks perilisan film Fast Furious 10 yang menjadi salah satu film termahal di dunia.

https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/