Doctor Doom

Saat Marvel Universe melebur di komik Infinity Wars: Infinity Warps #1 (2018), Doctor Doom pernah diceritakan bersatu dengan Galactus, menjadi karakter amalgam bernama Doctor Doomactus. Masih sama jahatnya seperti sebelumnya, kali ini Doomactus ingin seluruh alam semesta menyebahnya. Saat dia tiba di Bumi, karakter amalgam Moon Girl dan Squirrel Girl yang bernama Moon Squirrel berhasil menipu Doomactus bahwa makhluk Bumi sangat memuji keberadaannya. Sejak saat itulah Doomactus menjamin bahwa Bumi ada dalam perlindungannya, sampai dunianya kembali seperti semula di akhir kisah.

Hulk

Seperti yang kita tahu, Hulk sebenarnya sudah cukup kuat untuk menghancurkan sebuah planet dengan kekuatan sendiri. Menariknya, di komik Immortal Hulk #25 (2019) Marvel pernah menceritakan bahwa Hulk pernah menjadi pengganti Galactus setelah dia membunuh Galactus. Dengan nama baru sebagai Breaker-Apart, Hulk yang mempunyai gabungan kekuatan gamma dan kosmik ini diceritakan hampir berhasil menghancurkan semua kehidupan. Untungnya kisah ini berlangsung di semesta alternatif, tidak terbayang bagaimana jadinya jika Breaker-Apart benar-benar eksis di Prime Universe.

Deadpool

Di komik Deadpool Kills Deadpool #2 (2013), varian Deadpool yang bernama Dreadpool diceritakan berkeliling multiverse untuk mengalahkan Deadpool yang asli. Dalam prosesnya dia mendirikan tim Evil Deadpool Corps yang terdiri dari banyak varian jahat Deadpool. Salah satunya adalah Galactipool, varian Deadpool yang menjadi Pemakan Dunia seperti Galactus. Dalam pertempuran melawan Good Deadpool Corps, entitas kosmik Galactipool yang tidak mempunyai healing factor akhirnya berhasil dikalahkan oleh Lady Deadpool yang menabrakan pesawat The Bea Arthur ke kepalanya.

Wolverine

Mungkin tidak banyak penggemar yang pernah membayangkan bagaimana jadinya jika Wolverine menjadi Galactus. Pada kenyataannya Marvel memang pernah memunculkan karakter Wolverine Galactus secara singkat di komik Secret Wars: Battleworld #3 (2015). Di mana pada saat itu Wolverine diceritakan mengumpulkan para variannya di Battleworld, planet yang diciptakan oleh Doctor Doom di kisah Secret Wars, untuk mengalahkan pasukan jahat Wolverine bentukan Mojo. Wolverine Galactus hanya terlihat tangannya saja, di mana dia mempunyai cakar adamantium raksasa yang sepertinya bisa membelah Bumi.

Itulah 8 karakter Marvel yang pernah diceritakan bergabung dan bahkan menjadi pengganti Galactus. Kehadiran para karakter ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa sejatinya Galactus adalah sebuah jabatan yang bisa diambil oleh siapa saja. Di mana pada dasarnya siapa pun penggantinya mereka harus meneruskan tugas Galactus sebagai penyeimbang alam semesta dengan memakan berbagai planet. Walaupun dalam prosesnya ada beberapa di antara mereka yang justru menjadi versi baik Galactus sebagai pelindung di alam semesta.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.