Keadilan absolut atau absolute justice merupakan salah satu hal yang banyak dibenci dalam cerita One Piece. Secara singkatnya, absolute justice merupakan sebuah doktrin yang berarti siapa pun yang melakukan kejahatan atau melangggar peraturan akan dihukum atau mendapatkan ganjarannya. Tidak peduli situasi yang sedang terjadi saat itu.

Dalam dunia One Piece mereka yang menganut doktrin absolute justice banyak yang berasal dari angkatan laut dan agen World Government. Karena mengikuti doktrik tersebut akhirnya membuat mereka berpikir bahwa merekalah satu-satunya kekuatan besar dan hebat yang ada di dunia. Lalu, siapa saja karakter yang menganut doktrik absolute justice di dunia One Piece? Berikut adalah daftarnya.

Fleet Admiral Sakazuki

Rasanya semua Geeks sudah mengetahui tentang Sakazuki yang merupakan penganut absolute justice di seri One Piece. Bahkan, dialah yang kemudian memperkenalkan dan menjadi “wajah” dari doktrin tersebut. Meskipun dia adalah sosok yang kuat, Sakazuki merupakan salah satu karakter yang banyak fans benci. Hal ini akibat dari doktrin absolute justice yang dia anut tersebut.

Contoh nyata dari hal ini adalah bagaimana dia pernah berusaha untuk menghabisi nyawa Luffy, tidak peduli caranya. Dia juga menghasut Squard untuk menghabisi Whitebeard. Bahkan, Sakazuki adalah sosok yang bertanggung jawab atas tewasnya hampir seluruh penduduk Ohara 20 tahun yang lalu. Bagaimana Sakazuki menegakan keadilan absolut pada akhirnya memunculkan kebencian yang mendalam baik di kalangan para fans atau pun sesama karakter.

Cipher Pol

Cipher Pol merupakan sebuah organisasi rahasia yang Pemerintah Dunia kuasai. Tugas dari Cipher Pol adalah melakukan berbagai spionase, mencari berbagai informasi atau investigasi, dan menghabisi target sesuai arahan dari Pemerintah Dunia. Cukup banyak peran dari organisasi rahasia pemerintah ini dalam ceritanya, di mana yang paling baru mereka terlibat perang di Onigashima.

Sebagai bagian dari organisasi Pemerintah Dunia, rasanya memang wajar jika mereka adalah salah satu penganut garis keras doktrin keadilan absolut. Mereka berada di bawah langsung pengawasan pemerintah dan juga merupakan salah satu instrumennya. Beberapa anggota Cipher Pol yang menganut doktrin absolute justice adalah Rob Lucci. Hal ini bisa kita lihat bagaimana dia berusaha untuk menghabisi nyawa Luffy saat di Enies Lobby.

Selain itu, bagaimana Rob Lucci dan juga Cipher Pol lainnya seperti Guernica, Maha, dan anggota CP-0 lain yang ada di Wano memperlihatkan perilaku mengerikan di mana dia tidak memberikan ampun terhadap para aliansi Luffy menjadi contoh lain bagaimana para anggota Cipher Pol pun menganut doktrin absolute justice tersebut.

Wakil Admiral Onigumo

Onigumo adalah salah satu Wakil admiral di angkatan laut. Dia adalah sosok yang cukup berbahaya berkat buah iblisnya. Dengan kemampuan buah iblis Zoan laba-laba miliknya, dia bisa menggunakan banyak pedang sekaligus. Selain itu, dia juga merupakan pengguna Haki yang membuatnya semakin berbahaya. Dalam beberapa momen, kita melihat bagaimana Onigumo sempat memperlihatkan kemampuannya dalam menghadapi para bajak laut.

Misalnya, saat pertempuran di Marineford. Dia nampak tidak ragu untuk menyerang pasukan Whitebeard sambil melindungi markas angkatan laut. Sayangnya, Oda memang tidak terlalu memperlihatkan sisi absolute justice dari Onigumo dalam ceritanya meskipun dia jelas menganut doktrin tersebut. Onigumo sendiri meyakini bahwa absolute justice adalah sebuah pengorbanan untuk melawan apa yang menurutnya “jahat.” Hal tersebut demi menjaga perdamaian dunia dan tetap berada di bawah kendali World Governement.

Sengoku

Sengoku merupakan salah satu sosok legendaris di dunia One Piece. Dia sempat memegang jabatan sebagai fleet admiral dan berhasil membawa kemenangan bagi pihak angkatan laut saat perang menghadapi kelompok Whitebeard terjadi. Sengoku sangat dihormati oleh sosok legendaris lainnya, termasuk Gol D. Roger, yang membuktikan bagaimana kedahsyatan dari sosoknya.

Sebenarnya, doktrin absolute justice dalam sosok Sengoku masih sangat abu-abu. Dia tidak terlalu berpihak ke doktrin tersebut, namun juga dia tetap menjalankan doktrinnya. Ada kemungkinan, seperti halnya Garp, Sengoku terpaksa menjalankan hal tersebut karena dia adalah seorang angkatan laut. Tetapi pada dasarnya, Sengoku bukanlah angkatan laut yang terlalu senang dengan doktrin Absolute Justice.

Absolute justice adalah sebuah doktrin yang mengerikan dan berbahaya yang mana banyak angkatan laut dan pihak dari World Government anut. Doktrin ini berbahaya karena mereka tidak pandang bulu terhadap sesuatu. Mereka tega melakukan apa pun atas nama keadilan, yang mana hal itu tentunya tidaklah dibenarkan. Sudah banyak korban absolute justice di seri One Piece, yang mana menjadi bukti kengerian doktrinnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.