Robot raksasa yang Luffy dan kelompoknya temukan sepertinya memiliki koneksi panjang dengan World Government dan peristiwa di masa lalu. Robot tersebut mungkin yang sempat terlibat dalam kehancuran Ancient Kingdom. Seperti yang Geeks ketahui, World Government merupakan gabungan dari 20 kerajaan yang bersatu untuk mengalahkan Ancient Kingdom pada 800 tahun yang lalu.

Namun, tidak ada informasi lengkap mengenai apa penyebab semua itu serta apa yang sebenarnya terjadi pada masa itu. Yang jelas, Ancient Kingdom harus hancur akibat penyerangan mereka. Eiichiro Oda sendiri sudah berjanji bahwa dia akan mulai membeberkan berbagai rahasia yang terkait dengan masa lalu. Dan mungkin penemuan robot raksasa yang mungkin terkoneksi dengan World Government di seri One Piece chapter 1065 ini bisa jadi awalnya.

Temuan Robot Raksasa

Petualangan Luffy, Bonney, Chopper, dan Jinbe masih terus berlanjut di chapter ini di mana mereka kembali menemukan sesuatu yang luar biasa di sebuah ruangan raksasa. Dalam ruangan tersebut, ada banyak peninggalan atau benda-benda lainnya yang sempat menjadi karya Vegapunk yang mungkin dia anggap gagal. Yang mengejutkan adalah bagaimana mereka menemukan sebuah robot raksasa teronggok di sebuah sudut.

Mereka nampak terkagum-kagum sambil juga heran dengan robot tersebut. Mereka kagum karena melihat robot raksasa yang benar-benar terbuat dari baja asli. Namun, di satu sisi, mereka juga bingung dan heran bagaimana kemudian untuk sesuatu yang modern atau futuristik nampak begitu tua dan usang. Berdasarkan hal tersebut ada kemungkinan jika robot tersebut menggunakan teknologi dari Ancient Kingdom.

Dalam chapter 1065 sendiri, Shaka menjelaskan kepada Franky bahwa sebenarnya apa yang mereka lihat sebagai teknologi yang modern sebenarnya adalah teknologi usang. Apa yang ada di pulau Egghead dan semua teknologi canggih tersebut sebenarnya adalah teknologi lama, yang mana Vegapunk menirukan teknologi kuno dari Ancient Kingdom. Robot tersebut pun kemungkinan adalah peninggalan atau sempat juga digunakan oleh Ancient Kingdom.

Hal ini mungkin bisa menjelaskan mengapa ada karat dan nampak begitu usang serta kuno yang kemudian muncul dari robotnya. Namun, memang ada juga kemungkinan lain bahwa robot tersebut adalah ciptaan Vegapunk yang gagal. Seperti yang disebutkan di atas, Vegapunk mencoba untuk menirukan teknologi Ancient Kingdom. Dan robot ini mungkin adalah salah satunya.

Namun, dari dua kemungkinan tersebut rasanya spekulasi bahwa robot tersebut adalah peninggalan Ancient Kingdom rasanya jauh lebih masuk akal. Hal ini melihat karat dan berbagai petunjuk lainnya, seperti apa yang Jinbe ucapkan tentang adanya ketidakcocokan antara teknologi yang digunakan dan bentuk robotnya serta ucapakn dari Shaka.

Tiruan Oars?

Bentuk robot yang Luffy temukan di tempat pembuangan Vegapunk tersebut nampak sangat mengerikan, dengan adanya tanduk di kepalanya. Ukuran robot tersebut yang sangat besar memberikan kesan bahwa robot tersebut benar-benar sangat kuat dan sulit untuk dikalahkan. Namun, jika Geeks perhatikan bentu tubuh robot raksasa tersebut sangat mirip dengan Oars.

Oars merupakan salah satu raksasa yang ukuran tubuhnya paling besar dibandingkan dengan para raksasa lainnya. Karena ukurannya yang sangat besar itulah dia kemudian mendapatkan julukan di pembawa/penarik benua. Oars merupakan bagian dari salah satu suku raksasa kuno, karena itulah ukurannya jauh lebih besar dari raksasa yang berasal dari pulau Elbaf. Teka-teki mengenai Oars sendiri masih belum terjawab sampai sekarang.

Tetapi, ada kemungkinan jika Oars juga memiliki peranan penting pada masa lalu. Karena sama-sama hidup pada masa lalu, bisa jadi Ancient Kingdom tahu dan mengenal Oars. Dan inilah alasan mengapa kemudian mereka membuat sebuah robot yang bentuknya menyerupai Oars, karena mereka berharap jika robot tersebut bisa menjadi pelindung kerajaan tersebut. Jika hal ini benar, tentunya akan sangat menarik untuk mengulik lebih lanjut koneksi atau hubungan antara Ancient Kingdom dan Oars.

Ditakuti World Government?

Dengan asumsi bahwa robot tersebut adalah ciptaan dari masa lalu yang menggunakan teknologi Ancient Kingdom, dan bagaimana robot ini diciptakan dengan harapan sebagai pelindung, ada kemungkinan jika robot itu pernah bertarung menghadapi World Government. Seperti yang ada di paragraf sebelumnya, 20 kerajaan pernah bersatu pada 800 tahun yang lalu dan menghancurkan Ancient Kingdom. Dan robot tersebut pernah menghadapi World Government.

Untuk saat ini, memang kita masih belum tahu bagaimana kemudian kerajaan yang memiliki teknologi tinggi dan modern bisa kalah menghadapi serangan 20 kerajaan. Namun, yang pasti robot raksasa tersebut kemungkinan pernah juga terlibat dalam pertempuran epik tersebut. Robot itu mungkin pernah membuat pasukan aliansi World Government tersebut kewalahan.

Dengan bersusah payah, World Government berhasil mengalahkan robot itu dan menghancurkan Ancient Kingdom. Setelah semuanya selesai, mereka pun memutuskan untuk kemudian menyimpannya di tempat tersembunyi dan tidak terduga sampai saat ini dengan harapan tidak ada lagi yang menggunakannya. Dan inilah mungkin alasan mengapa robot tersebut ditakuti World Government, karena sempat membuat kewalahan.

Bisa jadi ini adalah inspirasi dari Vegapunk untuk menciptakan Pacifista dan robot-robot lainnya. Vegapunk mungkin ingin menciptakan robot yang jauh lebih sempurna dari apa yang sudah ada sebelumnya. Kemunculan robot raksasa ini seolah sengaja Oda Sensei hadirkan dalam ceritanya untuk mendukung atas apa yang Shaka ucapkan kepada Franky. Dan biasanya, akan ada hal menarik yang kemudian hadir berdasarkan petunjuk tersebut. Kita nantikan saja ya fakta sebenarnya dari robot raksasa tersebut pada chapter yang akan datang!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.