Teknologi Ancient Kingdom menjadi sorotan utama dalam One Piece chapter 1065. Dalam chapternya, Oda coba menghadirkan sedikti gambaran tentang apa yang terjadi pada masa lalu, dan juga tentang Ancient Kingdom. Seperti yang kita ketahui, Ancient Kingdom merupakan kerajaan terbesar pada 800 tahun yang lalu dan memiliki peran penting dalam sejarah One Piece.

Namun, sampai sekarang masih belum banyak informasi yang kita ketahui tentang Ancient Kingdom. Misalnya, kita masih belum tahu seperti apa kerajaan tersebut, siapa yang menghuni kerajaan tersebut, dan sebagainya. Meskipun begitu, sedikit demi sedikit petunjuk tentang Ancinet Kingdom mulai terungkap. Contohnya adalah di chapter 1065 ini.

Dalam chapter tersebut, informasi yang terungkap tentang Ancient Kingdom berasal dari Vegapunk. Menurut sang ilmuwan, pulau Egghead bukanlah pulau masa depan seperti yang kita ketahui. Justru, itu adalah pulau masa lalu karena Vegapunk nyatanya coba untuk menirukan apa yang menjadi teknologi canggih dari masa lalu terutama teknologi dari Ancient Kingdom. Pertanyaan besar pun muncul, dari mana kemudian mereka mendapatkan teknologinya?

Bukan Kerajaan “Kuno”

Berdasarkan penjelasan Vegapunk – melalui Shaka – bahwa teknologi di pulau Egghead adalah “tiruan” dari apa yang ada di Ancient Kingdom memunculkan satu hal. Artinya, bisa kita tarik kesimpulan bahwa Ancient Kingdom bukanlah sebuah kerajaan kuno yang memiliki teknologi tertinggal. Justru, mereka adalah sebuah kerajaan yang sangat maju yang memiliki teknologi canggih dan modern.

Berbagai teknologi canggih tersebut bisa jadi merupakan sumber kehidupan mereka. Semua teknologi tersebut mereka gunakan untuk kehidupan sehari-hari atau bahkan menjadi sumber kekuatan mereka. Semua teknologi canggih tersebut yang kemungkinan membuat Ancient Kingdom menjadi kerajaan yang paling maju daripada kerajaan lainnya di dunia One Piece.

Namun, memang masih menjadi sebuah misteri besar sampai saat ini bagaimana kemudian sebuah kerajaan besar yang memiliki teknologi canggih bisa hancur atau kalah dalam pertempuran menghadapi 20 kerajaan yang menyerangnya. Dan apakah alasan teknologi ini juga yang kemudian membuat mereka memutuskan untuk menyerang Ancient Kingdom? Untuk saat ini, memang semuanya masih menjadi misteri.

Dapat Teknologi Dari Bulan?

Dalam cerita One Piece bulan merupakan sesuatu yang cukup sering muncul. Dan para fans sendiri tidak jarang membahas bulan sebagai sebuah tempat yang muncul akan muncul dalam cerita utamanya. Seperti yang Geeks ketahui, Oda Sensei cukup sering menghadirkan bulan. Contohnya adalah cerita petualangan Enel saat berada di bulan, yang menjadi salah satu cerita sampul paling populer.

Banyak juga teori-teori yang berkembang di kalangan fans yang berkaitan dengan bulan. Dan yang menarik adalah jika Geeks perhatikan, bulan memiliki teknologi yang canggih. Hal ini terungkap dalam cerita petualangan Enel. Beberapa bukti kecanggihan teknologi bulan adalah Automata, robot kecil humanoid yang Enel temui di sana. Kemudian, belum lagi ada space pirates atau bajak laut luar angkasa.

Dengan semua hal tersebut, sebagian fans meyakini bahwa di bulan terdapat kehidupan dengan berbagai teknologi canggih yang ada. Hal ini juga didukung oleh petunjuk yang ada misalnya nama Birka yang menjadi tempat asal-usul Enel. Nama tersebut mirip dengan nama tempat yang ada di bulan, di mana teknologi mereka sangat maju dan modern.

Berdasarkan hal tersebut, ada kemungkinan jika teknologi dari Birka atau teknologi bulan tersebut diberikan atau diwariskan ke bumi. Dalam hal ini mereka mewariskan teknologi tersebut kepada Ancient Kingdom, yang mana kemudian mereka kembangkan lagi. Bisa juga, Ancient Kingdom memiliki koneksi dengan para Moon People tersebut yang kemudian membuat mereka bisa memiliki teknologi dahsyat itu.

Zaman Post Apocalypse

Selain berasal dari bulan, ada juga spekulasi yang mungkin bisa menjawab teka-teki tentang asal-usul teknologi Ancient Kingdom. Dalam spekulasinya sendiri dijelaskan jika sebenarnya dunia yang terjadi atau timeline yang berjalan saat ini merupakan post-apocalypse. Artinya, ini merupakan zaman di mana sebuah kejadian hebat sebelumnya pernah terjadi.

Dalam spekulasinya juga ada penjelasan jika sebenarnya pada zaman dahulu dunia jauh lebih maju dari zaman sekarang. Semua teknologi dan hal modern yang ada sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, karena zaman tersebut yang membuat akhirnya semua teknologi terasa kuno dan semuanya terkejut saat menemukan teknologi baru. Konsepnya sendiri mirip dengan cerita Dr. Stone.

Dunia sebelumnya sudah sangat modern dan maju, sampai kemudian sebuah peristiwa membuat mereka kembali ke zaman batu. One Piece pun kemungkinan sama, di mana mereka harus mengalami zaman post apocalypse pasca kejadian besar. Dalam hal ini, dunia mengalami perubahan pasca 20 kerajaan bergabung untuk kemudian menghancurkan Ancient Kingdom.

Dan hal ini rasanya masuk akal, mengingat World Government melaran siapa pun untuk meneliti atau mengetahui apa yang terjadi pada masa lalu. Mungkin ini adalah cara Im dan mereka untuk tetap menjaga agar dunia berada dalam genggaman mereka. Jika kemudian apa yang terjadi pada masa lalu terungkap, terutama tentang teknologi tersebut, maka seluruh dunia mungkin akan bergejolak. Jadi, intinya, Teknologi Ancient Kingdom memang pada dasarnya sudah sejak lama maju dan modern. Dan ini juga yang membuat mereka menjadi kerajaan yang besar.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.