Setelah 13 tahun berlalu, akhirnya sutradara James Cameron siap merilis film sekuel Avatar yang yang berjudul The Way of Water. Masih berlangsung di planet Pandora, kali ini Jake dan keluarga kecilnya memutuskan untuk tinggal bersama suku Na’vi pesisir Metkayina. Sayangnya, kedamaian mereka harus terganggu oleh bangsa manusia dari RDA yang telah menemukan jalan kembali untuk menjajah Pandora. Di mana kali ini RDA membawa hasil eksperimen Na’vi baru mereka, Recombinant. Apa sebenarnya Recombinant di film Avatar: The Way of Water? Mari langsung saja kita bahas, Geeks!

Apa itu Recombinant?

Untuk saat ini sebenarnya informasi mengenai Recombinant yang akan muncul di film sekuel Avatar masih terbilang sangat minim. Dalam istilah ilmiah bahasa Indonesia, rekombinan adalah bentuk genetik atau keturunan yang diperoleh melalui proses ‘pemindahan dan penyusunan’ gen baru yang tidak terdapat pada induknya. Untuk di semesta Avatar sendiri istilah ini baru pertama kali terdengar saat Empire Magazine melaporkan bahwa sosok jahat Colonel Quaritch (Stephen Lang), yang mati di film pertama, akan kembali sebagai seorang Recombinant alias Recom di The Way of Water.

Menurut gambaran singkatnya, Recom adalah klon avatar Na’vi yang menyimpan ingatan prajurit manusia yang tewas dalam pertempuran sebelumnya. Secara spesifik disebutkan bahwa Recom Quaritch masih menyimpan kenangan tentang apa yang terjadi kepadanya di film Avatar pertama. Termasuk bagaimana dia mati di tangan Jake (Sam Wothington) dan Neytiri (Zoe Saldana). Berdasarkan apa yang terlihat di berbagai promosi filmnya, termasuk di trailer terbarunya, Recom merupakan bagian dari RDA dan mereka juga sepertinya mempunyai satu pleton khusus Recom untuk melakukan misi tertentu.

Dibekali Peralatan Canggih

Karena Recombinant adalah avatar Na’vi jenis baru yang mempunyai ingatan prajurit manusia, RDA juga tampaknya membekali mereka dengan peralatan canggih layaknya seorang prajurit khusus. Mulai dari Recom Breather yang memungkinkan mereka untuk tetap bisa menghirup CO2 di markas baru manusia, Bridgehead. Kemudian Recom Throat Comms untuk berkomunikasi dengan pusat kendali dan Recom lain. Sampai persenjataan Skeleton Suit RDA yang dimodifikasi agar sesuai dengan fisik Recom yang pada dasarnya mempunyai ukuran lebih besar dan lebih kuat dari manusia biasa.

Untuk persenjataannya sendiri, layaknya prajurit, seorang Recom umumnya dilengkapi dengan rompi anti peluru, pisau belati, pistol Z-33R, dan senjata laras panjang M69-AR. Dalam kesempatan lain mereka juga bisa menggunakan senjata Hydra Machine Gun yang memungkinkan seorang Recom untuk memberikan serangan yang jauh lebih mematikan. Selain senjata yang mereka kenakan langsung, prajurit Recom ini juga tampaknya akan membawa tiga jenis granat, seperti granat peledak, flashbang, dan granat asap. Dengan semua ini cukup jelas bahwa Recom lebih berbahaya dari bangsa Na’vi asli di Pandora.

Apakah Recombinant Jahat?

Seperti yang sudah kita singgung di atas, pada dasarnya Recom merupakan prajurit khusus dari RDA. Mengingat bangsa manusia dari RDA berada di pihak antagonis, itu artinya sebagian besar Recombinant adalah avatar jahat yang akan menjadi musuh bagi Jake dan bangsa Na’vi asli di Pandora. Apalagi sekarang RDA dengan markas barunya Bridgehead berniat mengekploitasi sumber daya alam yang berada di laut Pandora. Kemungkinan besar mereka akan menugaskan para Recom untuk mengambil alih wilayah di sekitar Bridgehead agar bisa dijadikan koloni baru untuk manusia.

Dengan tugas Recom yang sangat merugikan Pandora, sepertinya bangsa Na’vi asli, khususnya Metkayina, mau tidak mau harus melawan mereka dan RDA dengan peralatan tradisional. Termasuk memanfaatkan kondisi laut dan pesisi serta kekuatan hewan di sekitar mereka. Sejauh ini ada dua Recom yang sudah dipastikan akan kembali mengancam, yaitu Recom Quaritch dan Recom Lyle Wainfleet (Matt Gerald) yang juga mati di film pertamanya. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan naninya akan ada Recom yang sadar dengan kejahatan manusia dan akhirnya bersekutu dengan Metkayina.

Itulah pembahasan tentang Recombinant, Na’vi jenis baru di film Avatar: The Way of Water. Berdasarkan apa yang terlihat di trailer barunya, ada lebih banyak Recom selain Quaritch dan Lyle, mungkin jumlah mereka yang sebenarnya cukup untuk membuat bangsa asli Na’vi kewalahan. Yang lebih parahnya lagi, dengan begini apakah ini artinya para Recom abadi? Karena RDA bisa terus-menerus mengulang proses yang sama untuk memasukan ingatan pada klon avatar lain. Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Film Avatar: The Way of Water sendiri akan tayang pada tanggal 16 Desember nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.