Sebagai salah satu waralaba andalan Marvel Studios, Guardians of the Galaxy sebentar lagi akan merilis tayangan spesialnya yang berjudul ‘The Guardians of the Galaxy Holiday Special’. Tayangan ini bahkan baru saja merilis trailer perdananya dan berhasil membuat para penggemar makin tidak sabar ingin melihatnya. Satu hal yang masih jadi pertanyaan sampai sekarang, sebenarnya kapan timeline tayangan spesial ini berlangsung di MCU. Apakah sebuah cerita flashback? Atau malah cerita masa depan, saat mereka sempat untuk melakukan perayaan natal? Mari langsung saja simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

Serba-Serbi Produksi GOTG Special

The Guardians of the Galaxy Holiday Special adalah sebuah tayangan khusus dari Marvel Studios yang formatnya mirip seperti tayangan Warewolf By Night beberapa waktu lalu. Tayangan ini akan dirilis secara eksklusif di saluran streaming Disney+, dengan durasi sekitar 40 menit. Meskipun durasinya cukup singkat jika kita bandingkan dengan film-film MCU, tetapi produksinya sendiri cukup memakan waktu. Di mana sutradara James Gunn baru memulai syutingnya pada bulan Februari 2022, dan rampung pada April lalu, setelah melangsungkan syuting selama kurang lebih tiga bulan.

Tayangan prelude ini tadinya akan diproduksi bersamaan dengan film Guardians of the Galaxy Vol. 3. Namun karena penundaan dan juga pandemi, produksinya baru bisa terlaksana pada tahun ini. Walaupun begitu, sebagian besar syutingnya masih berlangsung di set yang sama dengan GOTG Vol. 3. Set syutingnya sendiri banyak menampilkan berbagai dekorasi dan poster bertema Natal, termasuk poster Eternal Kinggo (Kumail Nanjiani). Berdasarkan semua itu, cukup jelas bahwa sejak awal tayangan ini memang dimaksudkan untuk menghibur penggemar pada musim liburan Natal.

Timeline GOTG Special di MCU

Meskipun jadwal tayangnya sudah terungkap, tetapi tidak sedikit penggemar yang masih penasaran dengan timeline dan status canon The Guardians of the Galaxy Holiday Special. Apalagi dengan adanya multiverse, sekarang timeline dan status canon tayangan MCU menjadi ambigu dan sedikit rumit untuk dijelaskan. Belum lagi adanya jeda Blip selama lima tahun di antara film Avengers: Infinity Wars dan Endgame. Untungnya, pada bulan Mei lalu, sutradara James Gunn telah menjawab masalah ini melalui QnA penggemar di media sosialnya.

Melalui akun Twitter pribadinya, Gunn pernah menjelaskan bahwa “The Guardians of the Galaxy Holiday Special hadir di antara [Thor] Love & Thunder dan GOTG Vol. 3. Dengan cerita baru dan karakter yang terhubung langsung ke semesta Guardians.” Artinya kisah yang akan kita lihat nanti akan berlangsung di semesta utama MCU alias canon. Dengan timeline peristiwa yang terjadi setelah Love & Thunder dan sebelum GOTG Vol. 3, tepatnya saat perayaan Natal di Bumi. Itulah mengapa di trailernya kita tidak melihat sosok Gamora (Zoe Saldana), yang memang absen sejak terakhir kali terlihat di ending Endgame.

Plot dan Karakter GOTG Special

Setelah mengetahui timeline dan status canonnya, setidaknya sekarang kita bisa lebih memahami plot yang terjadi di trailer The Guardians of the Galaxy Holiday Special. Di trailernya, Peter Quill alias Star-Lord (Chris Pratt) terlihat galau karena telah kehilangan Gamora sebanyak dua kali. Yang pertama saat Thanos mengorbankannya untuk mendapatkan Soul Stone di Infinity Wars. Kemudian yang kedua saat Gamora dari masa lalu meninggalkannya di ending Endgame.

Hal ini lantas membuat para anggota Guardians lain, khususnya Mantis (Pom Klementieff) dan Drax (Dave Bautista), berinisiatif untuk mencari kado Natal untuk Peter yang seorang manusia. Di mana mereka pergi ke Bumi untuk menjadikan aktor Kevin Bacon sebagai hadiah kejutan. Selain mereka tayangan spesial nanti juga akan menghadirkan Nebula (Karen Gillan), Rocket (Bradley Cooper), Teenage Groot (Vin Diesel), Kraglin (Sean Gunn), dan Cosmo the Space Dog. Begitu juga Yondu Udonta (Michael Rooker), yang tewas di GOTG Vol.2, untuk sebuah adegan flashback.

Itulah pembasan tentang timeline dan status canon GOTD Holiday Special di MCU. Sudah terjawab bahwa tayangannya berlangsung setelah kemunculan Guardians terakhir kali di film Love & Thunder, dan akan menjadi prelude untuk film Guardians of the Galaxy Vol. 3 (5 Mei 2023). Jangan lewatkan keseruan The Guardians of the Galaxy Holiday Special yang akan tayang di Disney+ pada tanggal 25 November nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.