Marvel Studios baru saja merilis trailer perdana Ant-Man and the Wasp Quantumania dan secara tidak langsung mengungkap rencana Kang yang sesungguhnya. Berdasarkan apa yang terlihat di trailernya, cukup jelas bahwa Kang adalah big bad yang akan jadi ancaman bagi tim Ant-Man di Quantum Realm. Berdasarkan yang telah terungkap di trailernya, kali ini kita akan membahas teori rencana Kang yang sebenarnya, dan mengapa dia sangat tertarik pada Ant-Man?

Kang Ingin Ant-Man Mencuri

Dengan durasi trailer Quantumania yang lebih dari dua menit, sebenarnya ada beberapa hal yang sepertinya cukup aman untuk kita simpulkan. Yang pertama, penyebab Ant-Man dan semua orang terdekatnya bisa terjebak di Quantum Realm adalah karena satelit Quantum ciptaan anaknya, Cassie Lang. Kemudian yang kedua, ternyata rencana Kang di Quantum Realm sangat bergantung pada Ant-Man. Hal tersebut bisa kita dengar dari penawaran yang Kang ajukan kepada Ant-Man di akhir trailer. “Aku bisa membawamu pulang dan memberimu lebih banyak waktu, jika kamu mau membantuku,” kata Kang.

Dari perkataannya, cukup jelas bahwa Kang ingin Ant-Man melakukan sesuatu untuknya. Kemungkinan besar alasan mengapa rencana Kang sangat membutuhkan Ant-Man adalah karena dia terkenal sebagai pencuri ulung. Seperti yang kita tahu, di film pertamanya, Ant-Man telah membuktikan keahliannya dalam mencuri. Seperti saat dia mencuri Ant-Man suit dan Pym Particles dari Yellowjacket, serta ketika Hank Pym menyuruhnya untuk mengambil Signal Decoy di Stark Industries.Berdasarkan hal tersebut, kemampuan Ant-Man ini sepertinya akan sangat berpotensi meningkatkan keberhasilan rencana Kang.

BACA JUGA: 5 Varian Kang yang Lebih Bahaya dari Thanos!

Yang jadi pertanyaan, apa yang sebenarnya akan Ant-Man curi di filmnya? Jawabannya mungkin bisa kita lihat pada menit 1:25 di trailernya. Di mana Kang terlihat memegang sebuah bola bercahaya yang mirip seperti artefak ‘Light of the Centuries Sphere’ di Marvel Comics. Kang mungkin sangat menginginkan Centuries Sphere untuk membawa ‘sesuatu’ untuk melintasi ruang dan waktu. Namun karena beberapa alasan, mungkin Kang tidak bisa mengambilnya sendirian, entah dari siapa pun pemilik nanti. Sehingga peran Ant-Man akan sangat krusial untuk memuluskan rencana besar Kang tersebut.

Apa Itu Centuries Sphere?

Di Marvel Comics sendiri, sebenarnya Light of the Centuries Sphere adalah salah satu artefak penjelajah waktu, yang selalu berhasil memuluskan rencana Kang. Muncul pertama kali di komik Avengers #69 (1969), Centuries Sphere mempunyai bentuk seperti bola kristal, sama seperti bola yang juga terlihat di trailer Quantumania. Meskipun bentuknya relatif kecil, tetapi Centuries Sphere memungkinkan Kang membawa benda atau orang lain untuk melintasi ruang dan waktu. Dengan kata lain, dia sangat bergantung pada Centuries Sphere jika ingin melakukan perjalanan waktu dengan skala yang lebih besar.

Salah satu kehebatan Centuries Sphere bisa kita lihat dengan sangat jelas di kisah Kang Dynasty (2001). Di mana pada saat itu Kang dengan pesawat pedang raksasanya bisa tiba-tiba muncul di langit Bumi. Jika tidak ada Centuries Sphere, mungkin Kang hanya bisa pergi ke suatu timeline seorang diri, tidak bisa sambil membawa pesawatnya. Di komik klasik Avengers #69 (1969), Kang bahkan pernah memanfaatkan Centuries Sphere untuk membawa Avengers ke timeline-nya. Semua fungsi tersebut telah membuktikan bahwa Centuries Sphere sangatlah fundamental dalam setiap petualangan Kang.

Kang dan Centuries Sphere di MCU

Jika benar rencana Kang membutuhkan Ant-Man untuk mencuri Centuries Sphere, artinya ini akan membawa varian Kang di film ini menjadi bertransformasi, dari Kang the Warrior menjadi Kang the Conqueror seperti yang kita kenal di versi komiknya.

Karena dengan Centuries Sphere, Kang sangat mungkin untuk pergi lintas timeline dengan pasukan yang telah dia kumpulkan sendiri selama berabad-abad. Atau mungkin muncul dengan sejumlah teknologi yang jauh lebih canggih dari apa yang telah dimiliki Bumi saat ini. Ketika peristiwa ini benar-benar terjadi, Kang sudah pasti akan sangat sulit untuk dikalahkan. Dan semuanya tergantung dari apa yang akan Ant-Man lakukan di film Quantumania nanti.

Itulah pembahasan tentang rencana besar Kang di film Quantumania dan juga mungkin MCU secara keseluruhan. Sekarang tinggal bagaimana Ant-Man mengambil keputusan. Apakah dia akan rela mengorbankan keluarganya atau justru terpaksa membantu Kang untuk mencuri apa yang selama ini dia inginkan. Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Kebenaran dari teori ini sendiri hanya akan terungkap saat film Ant-Man and the Wasp Quantumania rilis pada 17 Februari 2023 mendatang. So kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.