Bleach merupakan salah satu manga shonen yang sangat populer yang kembali muncul pada musim gugur 2022 ini. Mereka merilis seri anime terbaru yang mengadaptasi salah satu cerita paling epik di serinya. Dalam seri ini, kemungkinan para fans veteran akan menemukan berbagai jawaban mengenai misteri yang ada di manganya serta berbagai hal lain.

Yang menjadi salah satu perhatian juga adalah bagaimana para fans akan melihat bagaimana asal-usul dari Ichigo Kurosaki dan juga warisan keluarganya. Tetapi, bagaimana dengan rekannya sesama Soul Reaper yaitu Rukia Kuchiki? Para fans lama dari seri Bleach tentunya baru tahu sedikit tentang asal-usul sosok Rukia. Hal ini karena cerita masa lalunya masih belum tereksplor oleh Tite Kubo.

Melalui momen kilas balik, para fans mengetahui bahwa Rukia pada awalnya merupakan seorang gadis kecil miskin. Dia diketahui berasal dari diskrik Rukongai yang ada di Soul Society bersama dengan Renji. Namun, para fans sendiri tidak yakin apakah Rukia memang benar-benar lahir di sana atau justru berasal dari dunia nyata. Hal ini pun memunculkan banyak pertanyaan dan kemungkinan.

Rukia Adalah Manusia?

Tidak ada jawaban pasti dari mana Rukia berasal. Namun, para fans sendiri tahu bahwa ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, Rukia memang berasal dari dari Soul Society. Hal ini berdasarkan fakta bahwa para souls juga mampu untuk berkembang biak seperti halnya manusia. Contoh nyata dari hal ini adalah keluarga Kuchiki dan Shihoin. Byakuya Kuchiki bahkan sejak lahir sudah berada di Soul Society.

Hal tersebut membuat para fans berspekulasi bahwa mereka yang lahir sebagai seorang souls adalah sosok yang kuat. Namun, pengecualian mungkin terjadi kepada Rukia. Dia mungkin lahir di Soul Society, tetapi ada kemungkinan juga jika dia pada awalnya ada manusia sebelum kemudian jiwanya berada di Soul Society. Kakaknya, Hisana, juga mungkin mengalami hal yang sama.

Hal ini yang mungkin menjadi penjelasan mengapa kemudian keduanya masih bisa bersama di Soul Society. Berdasarkan hal tersebut, artinya ada dua kelompok souls yang tinggal di Soul Society, mereka yang memang benar-benar lahir di sana atau yang merupakan “tamu.” Tidak mudah untuk membedakan kedua kelompok tersebut. Dalam arc Soul Society, Ichigo pernah bertemu dengan seorang pria muda bernama Yuichi Shibata.

Ichigo dan Chad bertemu sosok tersebut di Karakura Town. Yuichi sendiri baru saja disucikan setelah kematian Shrieker dan kemudian diantar menuju Soul Society. Di dunia tersebut Yuichi kemudian membentuk sebuah keluarga, dan mengadopsi semua hal yang berkaitan dengan sistem yang ada di Soul Society. Mulai dari perilaku sampai pakaian pun coba dia aplikasikan kepada dirinya dan keluarganya.

Ichigo berhasil mengenali Yuichi karena sebelumnya mereka sudah saling mengenai. Mungkin, hal tersebut tidak akan terjadi jika mereka tidak saling mengenal sebelumnya. Hal ini juga mungkin berlaku terhadap Rukia. Di sisi lain, untuk saat ini kemungkinan misteri tersebut masih tetap melekat. Pasalnya, Rukia tidak pernah membicarakan keluarganya selain Byakuya.

Tema Isekai

Terlepas dari bagaimana asal-usul Rukia, semua itu ada kaitannya dengan tema utama dari Bleach yaitu Isekai yang dikombinasikan dengan elemen supranatural. Meskipun Bleach memang bukan 100% bertema Isekai seperti halnya Reincarnated as a Slime atau Dr. Stone, namun Tite Kubo berhasil menghadirkan elemen tersebut tanpa terlalu banyak bergantung pada hal itu.

Namun, Rukia sendiri merupakan karakter yang berbeda dari sosok Ichigo. Dia menghabiskan beberapa minggu di Karakura Town dalam tubuh palsu (gigai) yang dia gunakan, dan tidak mampu kembali ke Soul Society. Jika Rukia memang lahir sebagai manusia, maka mengalami “momen Isekai” dengan pergi ke Soul Society, sebelum dia kembali ke bumi.

Meskipun begitu, Rukia tidak akan mengenali sosok Ichigo di era tahun 2000an dengan begitu mudahnya. Jika Rukia memang pernah terlahir sebagai manusia dan kemudian dikirim ke Soul Society bersama Hisana, dan mengingat butuh waktu yang lama bagi souls untuk tumbuh dan berkembang, artinya Rukia mungkin sudah tewas puluhan tahun yang lalu. Bahkan, sebagian fans berspekulasi jika Rukia mungkin sebenarnya berusia 150 tahun di bumi.

Dengan dasar tersebut, Rukia kemungkinan tewas saat usianya masih kecil atau bahkan masih bayi sebelum kemudian dikirim ke Soul Society. Bisa jadi, dia tewas di era Meiji atau di tahun 1840 atau 1850an. Jadi, meskipun Rukia pernah menjadi manusia, dia mungkin tidak akan mengenali Jepang di era 2000an setelah tumbuh di Soul Society. Karena “lahir” di Soul Society, Rukia mungkin sudah melupakan semua yang dia ketahui dan kenali di bumi.

Kesimpulannya

Berdasarkan penjeasalan di atas, tidak ada jawaban pasti mengenai asal-usul Rukia karena Tite Kubo sendiri masih belum menjelaskan mengenai hal itu. Tetapi, para fans sendiri meyakini jika Rukia adalah manusia. Rukia kemungkinan lahir puluhan atau bahkan ratusan tahun yang lalu. Hal ini karena waktu berjalan secara berbeda di bumi dan Soul Society. Apakah Tite Kubo akan menyelesaikan misteri ini? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.