Angkatan laut memiliki persenjataan dan teknologi baru kali ini. Mereka merupakan hasil pengembangan dari unit khusus di angkatan laut yang mana Vegapunk menjadi pemimpinnya. Hal ini kita ketahui dalam poin di chapter 1059, di mana terungkap dalam chapternya bahwa pulau Amazon Lilly mendapatkan serangan besar-besaran dan terkepung oleh pihak angkatan laut.

Untuk mendangkap Boa Hancock, pihak angkatan laut pun kemudian mengerahkan senjata terbaru mereka yang bernama Seraphim. Dan terbukti, senjata terbaru milik angkatan laut tersebut sangatlah dahsyat. Bahkan, mereka berhasil menghancurkan pulau Amazon Lilly.  Yang juga menarik adalah bagaimana Boa Hancock, dan bahkan Blackbeard, tidak sanggup untuk mengalahkan mereka. Lalu, sebenarnya apa itu Seraphim?

Versi Lebih Kuat

Secara singkatnya, Seraphim merupakan versi yang jauh lebih kuat dari model Pacifista sebelumnya. Seperti yang kita ketahui, Pacifista merupakan teknologi buatan Vegapunk untuk angkatan laut. Tujuannya adalah sebagai kekuatan tambahan bagi para angkatan laut demi menangkap berbagai bajak laut kuat, misalnya para mantan Shichibukai. Kemunculan Pacifista sendiri pertama kali terjadi di arc Sabaody.

Pacifista merupakan salah satu senjata terkuat dari serinya. Pacifista sendiri biasa disebut “Senjata Manusia”. Sama seperti namanya, mereka adalah sebuah robot yang sangat kuat. Butuh peralatan sebanyak satu kapal penuh untuk membuat satu Pacifista. Para Pacifista ini memiliki sebuah program visual yang secara spesifik mencari bajak laut yang masuk dalam daftar pencarian.

Ketika mereka sudah menemukan targetnya, maka mereka akan menembakan laser dahsyat dari mulutnya. Namun, berbeda dengan model sebelumnya, untuk model terbaru ini level kekuatan mereka berbeda. Bagaimana Boa Hancock serta suku Kuja nampak kewalahan menghadapi mereka, serta Blackbeard yang juga terkejut, menjadi bukti bahwa Seraphim jauh lebih kuat dari Pacifista sebelumnya.

Dibuat Oleh SSG

Untuk saat ini, memang masih belum ada konfirmasi resmi dari Oda Sensei. Namun, kemungkinan besar Pacifista model terbaru yang memiliki nama ‘Seraphim’ ini merupakan hasil pengembangan dari SSG atau Special Science Group. Dalam ceritanya terdapat sedikit penjelasan jika SSG merupakan organisasi atau kelompok ciptaan Dr. Vegapunk, sosok yang paling jenius dalam cerita One Piece.

Selain SSG, Vegapunk juga kemungkinan terlibat dalam terciptanya Seraphim. Hal ini mengingat dialah yang juga menciptakan Pacifista. Kelompok SSG sendiri sengaja dibentuk untuk menggantikan posisi Shichibukai sebagai salah satu kekuatan terbesar dalam serinya. Untuk saat ini, sayangnya, tidak banyak informasi yang sudah Oda hadirkan tentang organisasi SSG.

Fakta terbaru kemudian muncul di chapter terbaru kemarin, di mana pulau Egghead kemungkinan menjadi tempat Vegapunk menciptakan Seraphim. Bahkan, Seraphim lainnya kemungkinan masih tersimpan di pulau tersebut. Hal ini kita ketahui saat Helmeppo dan juga Hibari meminta atasan mereka, Prince Grus, untuk meminjamkan salah satu Seraphim untuk membantu membebaskan Koby yang diculik oleh Blackbeard.

Mereka sendiri saat ini posisinya berada di markas angkatan laut G-14, yang posisinya tidak jauh dari Egghead. Dengan dimulainya arc Egghead ini mudah-mudahan saja Oda bisa lebih banyak lagi menghadirkan informasi tentang SSG.

Menggunakan DNA Ras Lunarian?

Salah satu pertanyaan terbesar yang muncul di kalangan fans terkait Seraphim adalah apakah Vegapunk dan SSG menggunakan DNA ras Lunarian? Bukan tanpa sebab spekulasi di kalangan fans tersebit muncul. Yang menarik dari Pacifista model terbaru ini adalah penampilannya. Mereka nampak memiliki sayap hitam serta memiliki warna kulit yang gelap kecoklatan. Melihat dari ciri-ciri Pacifista Seraphim ini mengingatkan kita akan sosok King.

Mengingat apa yang terjadi kepada King sebelumnya, di mana dia sempat menjadi subyek penelitian Vegapunk, ada kemungkinan jika DNA ras Lunarian milik King menjadi dasar untuk mengembangkan Seraphim. Ras Lunarian sendiri diyakini sudah lama punah dan mereka sempat tinggal di atas Red Line, sebelum kemudian Mary Geoise berdiri kokoh di sana. Mereka memiliki julukan sebagai ras para dewa, karena mampu bertahan di berbagai kondisi dan medan.

Para ras Lunarian ini pun memiliki kemampuan dalam pengendalian api dan memiliki kemampuan regenerasi atau penyembuhan. Inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa Vegapunk tertarik untuk meneliti tentang King. Dan hasil pengembangannya tersebut kemudian dia aplikasikan terhadap Seraphim, seperti yang kita lihat dalam ceritanya.

Mirip Shichibukai

Ada hal yang menarik lainnya dari Seraphim terkait penampilannya. Selain memiliki ciri-ciri fisik yang mirip dengan ras Lunarian, wajah dari Seraphim ini pun ternyata mengejutkan. Mereka memiliki wajah yang sangat mirip dengan para Shichibukai ketika masih kecil. Yang membedakannya adalah pada bagian pupil matanya terdapat tanda bintang, yang menandakan bahwa itu bukanlah manusia.

Model Pacifista sebelumnya memiliki bentuk yang mirip seperti mantan Shichibukai yaitu Bartholomew Kuma. Namun, untuk versi Seraphim sendiri terungkap jika mereka memiliki wujud seperti anak kecil. Lebih tepatnya mereka memiliki wujud yang mirip dengan para mantan Shichibukai saat masih kecil. Contohnya adalah Seraphim yang menyerang Amazon Lily sangat mirip dengan Boa Hancock saat dia masih kecil.

Masih belum diketahui mengapa bentuk Seraphim sangat mirip dengan para mantan Shichibukai ketika masih kecil. Jawaban yang paling logis lagi-lagi mirip dengan apa yang terjadi kepada King. Dalam kilas balik King di chapter 1035, terungkap bagaimana Kaido muda kabur dari lab fasilitas milik Pemerintah Dunia. Namun, sebelum kabur dia kemudian menyelematkan sosok lainnya yaitu Alber/Arbel yang kemudian Kaido beri nama King.

Mereka berdua sama-sama menjadi subyek penelitian Vegapunk. Hal yang sama juga sepertinya terjadi kepada Boa Hancock dan para Shichibukai lainnya. Apalagi, jika kita melihat atau mengetahui rekam jejak sosok Hancock pada masa lalu. Seperti yang kita ketahui, Hancock dan ketiga adiknya merupakan mantan budak bagi kaum naga langit sebelum kemudian dia kabur dan diselamatkan oleh Rayleigh.

Bisa jadi, Hancock merupakan salah satu subyek penelitian lain dari Dr. Vegapunk setelah dia menerima kekuatan Mero Mero no Mi. Vegapunk mungkin ingin tahu bagaimana reaksi buah iblis yang sudah dimakan manusia. Semua data-data yang ada kemudian Vegapunk kembangkan dan aplikasikan untuk kemudian dikembangkan menjadi Seraphim. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.