Im atau Im Sama merupakan pemimpin dari Pemerintah Dunia sekaligus merupakan sosok paling tinggi dalam hierarki tersebut. Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, bahkan Gorosei pun menyembah dan berlutut kepada Im. Namun, di sisi lain, Im juga merupakan sosok yang paling misterius dalam seri One Piece. Im hanya muncul dalam beberapa panel saja dan sosoknya pun masih diselimuti oleh siluet.

Bukan hanya itu, hampir tidak ada informasi yang bisa diketahui tentang sosok Im, selain dia adalah pemimpin tertinggi dari Pemerintah Dunia. Hal inilah yang kemudian banyak memunculkan pertanyaan di kalangan para fans. Banyak para fans penasaran dengan asal-usul Im serta kekuatannya. Juga, mereka penasaran bagaimana Im bisa menjadi sosok penguasa seperti sekarang.

Banyak teori-teori yang muncul yang mencoba menjelaskan tentang sosok Im. Misalnya adalah Im ternyata merupakan ibu dari Luffy. Ada juga teori yang menyebutkan bahwa Im adalah sosok yang dikenal oleh Joy Boy pada abad yang hilang 800 tahun yang lalu. Dan teori lainnya pun mengatakan bahwa Im adalah satu-satunya yang selamat atau saksi hidup dari abad yang hilang.

Pengguna Buah Iblis?

Berbicara mengenai sosok Im dan juga kekuatannya, sebagian fans meyakini jika dia merupakan pengguna kekuatan buah iblis. Hal ini berdasarkan beberapa fakta yang ada dalam ceritanya. Misalnya, sosok Im diyakini sebagai seorang perempuan, berdasarkan siluet karakternya yang sering muncul dalam cerita. Selain itu, dari bentuk fisik pun Im nampak tidak terlalu besar.

Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Im kemungkinan tidak pernah bertarung secara fisik. Atau bahkan Im sama sekali tidak memiliki kekuatan bertarung. Lalu, bagaimana kemudian dia bisa “menaklukan dunia”? Yang paling masuk akal tentunya adalah dengan menggunakan kekuatan buah iblis. Yang menarik adalah terdapat sebuah teori atau spekulasi lainnya antara Im dan buah iblis.

Dalam salah satu teori yang berkembang, disebutkan bahwa ada kemungkinan jika Im adalah “pencipta” atau orang yang menghadirkan kekuatan buah iblis. Dia menyimpan semua rahasia tersebut di Mary Geoise, yang mana sampai sekarang masih belum terungkap. Dan melihat dari apa yang terjadi sejauh ini, rasanya memang masuk akal jika Im adalah pengguna buah iblis.

Apa Buah Iblisnya?

Dengan asumsi bahwa Im memang adalah pengguna kekuatan buah iblis, pertanyaan selanjutnya adalah apa buah iblis yang dia konsumsi? Kembali, ada banyak spekulasi dan teori yang kemudian muncul di kalangan fans terkait buah iblis milik Im ini. Ada yang menyebutkan bahwa Im merupakan pengguna sebelumnya dari buah iblis Ope Ope no Mi.

Itulah yang kemudian menjadi alasan mengapa Im bisa bertahan sejak 800 tahun yang lalu sampai sekarang karena dia bisa hidup abadi. Ada juga yang menyebutkan jika Im memiliki kekuatan buah iblis yang mirip dengan Hobi Hobi no Mi, hanya saja buah iblis ini jauh lebih dahsyat dari milik Sugar karena sudah berhasil awakening. Dengan kekuatannya tersebut dia bisa hidup abadi dan juga melupakan ingatan orang-orang.

Namun, berdasarkan informasi yang sudah Oda hadirkan sejauh ini tentang Im, kemungkinan nama buah iblisnya sendiri adalah berbeda dari yang lain. Contohnya adalah Power Power Fruit atau Destruc Destruc Fruit. Buah iblis ini akan membuat penggunanya memiliki kekuatan dahsyat, yang mampu menghancurkan apa pun. Buah iblis ini sendiri berjenis Paramecia.

Dengan kekuatannya yang dahsyat, Im mampu mengendalikan atau menguasai berbagai hal. Karena, dengan kekuatan ini, Im bisa saja melakuykan apa pun yang dia inginkan. Dan bukan tidak mungkin juga jika buah iblis Im ini merupakan “saingan” dari buah iblis Nika yang Luffy miliki saat ini. Bisa jadi, inilah alasan mengapa kemudian Im begitu mengincar sosok Luffy. Karena, dia sadar kekuatannya mampu menandingi kekuatan buah iblisnya.

Mampu Hancurkan Dunia?

Dengan kekuatan buah iblis yang sangat dahsyat tersebut ada kemungkinan jika Im mampu untuk menghancurkan seluruh dunia. Jika memang demikian, wajar jika kemudian Im menjadi pemimpin dan bahkan para Gorosei pun berlutut di hadapannya. Hal ini karena Gorosei tahu bahwa mereka tidak akan sanggup untuk menghadapi kedahsyatan kekuatan buah iblis dari Im.

Di sisi lain, kedahsyatan buah iblis Im ini kemungkinan mampu untuk menghancurkan dunia. Bisa jadi dengan kekuatan buah iblis tersebut, Im menggunakannya untuk menghancurkan Lulusia seperti yang kita lihat di chapter 1060. Atau bahkan dia menggunakannya untuk menghancurkan God Valley pada 38 tahun yang lalu. Dan juga bisa jadi berkat buah iblis ini Im dan 20 kerajaan lainnya mampu untuk menang menghadapi Kerajaan Kuno.

Yang tidak kalah menarik adalah bagaimana terdapat sebuah teori yang menyebutkan jika pada awalnya dunia One Piece merupakan sebuah daratan yang besar. Namun, Im kemudian menghancurkan daratan tersebut dan membaginya ke dalam 4 Blues yang kita kenal sekarang. Dengan kekuatan buah iblis tersebut, memang bisa saja Im melakukan hal yang luar biasa tersebut.

Menarik tentunya untuk melihat bagaimana kedahsyatan dari kekuatan buah iblis Im Sama ini dalam pertempuran terakhir menghadapi Luffy dan kelompok Topi Jerami. Dalam momen ini, kita mungkin akan melihat momen epik dari Im saat menggunakan kekuatan buah iblisnya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.