Pemerintah Dunia saat ini sudah mulai bergerak setelah sebelumnya mereka lebih banyak diam dan mengawasi situasi. Dimulai dengan adanya dugaan keterlibatan mereka dalam insiden di Alabasta pasca Reverie, sampai pertempuran besar di Onigashima. Para fans dari seri One Piece banyak yang berspekulasi bahwa Pemerintah Dunia akan menjadi musuh terakhir Luffy dan kelompok Topi Jerami.

Seperti yang kita ketahui, Pemerintah Dunia merupakan organisasi yang mengatur seluruh kehidupan di dunia One Piece. Mereka benar-benar mengatur semua aspek kehidupan dari mulai yang terkecil sampai yang terbesar. Keputusan mereka benar-benar tidak bisa diganggu gugat alias mutlak. Dan barang siapa yang berani menggugat, melawan, atau mempertanyakan keputusan tersebut maka kemungkinan terburuk pun harus siap-siap mereka terima.

Pemerintah Dunia sendiri dalam cerita One Piece digambarkan sebagai organisasi yang berusaha untuk memberikan apa yang orang-orang inginkan; kedamaian dan kesejahteraan. Kedamaian berusaha mereka wujudkan dengan adanya angkatan laut yang selalu menangkap dan menghancurkan para bajak laut yang ada. Sejauh ini masih banyak sekali misteri yang menyelimuti Pemerintah Dunia.

Banyak yang berspekulasi jika Pemerintah Dunia merupakan musuh sebenarnya alias villain utama dalam serinya. Dan melihat dari apa yang terjadi sejauh ini dalam ceritanya, rasanya hal itu memang masuk akal. Ini juga bisa menjadi alasan yang masuk akal mengapa kemudian spekulasi bahwa Luffy akan menghancurkan Pemerintah Dunia di akhir serinya.

Dua Senjata Kuno “Milik” Luffy

Dengan kekuatan mereka yang sangat besar, Pemerintah Dunia tentunya tidak mudah untuk mereka kalahkan. Meskipun Luffy sudah berkembang jauh lebih hebat – begitu juga dengan para kru Topi Jerami lainnya – tetapi lawan terakhir mereka akan berbeda. Mereka tentunya memerlukan lebih banyak lagi tenaga dan pasukan serta kekuatan untuk bisa menghadapi Pemerintah Dunia.

Kita sudah melihat bagaimana kedahsyatan sang pemimpin Pemerintah Dunia, Im, di chapter 1060 kemarin. Dia bisa menghancurkan sebuah pulau dalam sekejap dengan senjata atau kekuatan yang dia miliki. Berkaca pada hal tersebut, lalu bagaimana cara Luffy mengalahkannya? Tentu, yang paling masuk akal adalah dengan menggunakan senjata yang tidak kalah epik, Senjata Kuno.

Para fans banyak yang berteori atau berspekulasi jika yang Im gunakan untuk menghancurkan kerajaan tersebut adalah Senjata Kuno lainnya, Uranus. Meskipun begitu, Luffy juga tidak kalah dari Im. Dia sejauh ini “memiliki” dua Senjata Kuno lainnya, yaitu Pluton dan Poseidon. Seperti yang Geeks ketahui, Poseidon merupakan putri duyung Shirahoshi di pulau manusia ikan.

Sedangkan, Pluton adalah sebuah kapal perang epik yang dalam arc Wano terungkap jika sebenarnya Senjata Kuno itu tersimpan di bawah gunung Fuji. Luffy menjalin hubungan baik dengan dua pulau tempat Senjata Kuno tersebut berada, bahkan kedua wilayah itu berada di bawah perlindungannya. Artinya, jika dia mau dan butuh, bisa saja Luffy menggunakan kedua Senjata Kuno tersebut.

Untuk saat ini, memang Luffy masih belum memerlukannya. Karena itu, Shirahoshi dan juga Pluton masih terjaga dengan baik. Namun, ketika waktunya tiba – yaitu saat pertempuran final nanti – Luffy tentu akan menggunakan kedua Senjata Kuno tersebut. Dan penggunaan dua Senjata Kuno ini tentunya akan meningkatkan peluang Luffy untuk bisa menang dan menghancurkan Im dan Pemerintah Dunia.

Jalan Kalahkan Pemerintah Dunia

Seperti disebutkan di atas, penggunaan dua Senjata Kuno bisa menjadi jalan bagi Luffy untuk bisa menang melawan Im dan Pemerintah Dunia. Mengapa? Simpelnya, Pemerintah Dunia hanya memiliki satu Senjata Kuno, Uranus. Namun, Luffy memiliki dua Senjata Kuno yang mana tentunya ini menjadi sebuah keunggulan bagi sang protagonis. Dan di atas juga dijelaskan bahwa Pemerintah Dunia adalah organisasi besar dan kuat.

Butuh banyak kekuatan untuk bisa menghancurkan dan menggulingkan organisasi ini, yang mana masuk akal jika kemudian Luffy menggunakan dua Senjata Kuno untuk menjadi jalan kemenangannya. Di sisi lain, kita masih belum tahu seberapa dahsyat dan kuat sosok Im dan Gorosei. Mereka adalah karakter yang masih Oda rahasiakan informasinya sampai saat ini.

Kita tidak tahu asal-usul mereka, seberapa besar kekuatannya, bahkan kita masih belum tahu seperti apa rupa dari Im. Banyak spekulasi yang menyebutkan jika Im dan Gorosei adalah karakter yang kuat. Tentu tidak akan mudah untuk bisa mengalahkan atau menaklukan mereka. Dan yang juga menarik adalah adanya spekulasi bahwa nantinya ketiga Senjata Kuno akan jadi jalan untuk perubahan baru.

Pasca pertempuran puncak selesai, Luffy akan menggunakan ketiga Senjata Kuno untuk menghancurkan Red Line dan menyatukan semua pulau dan ras yang ada. Jadi, kesimpulannya adalah keberadaan dua Senjata Kuno yang sudah Luffy “kuasai” merupakan jalan untuk bisa mengalahkan Pemerintah Dunia. Dengan adanya dua Senjata Kuno tersebut, peluang Luffy untuk menang sangat tinggi. Dan terakhir, dia akan membawa perubahan besar dengan Senjata Kuno tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.