Transformers: Rise of the Beasts akan menjadi film ketujuh dari Transformers. Menariknya, sama seperti film Bumblebee, Rise of the Beasts tidak lagi Michael Bay sutradarai. Sutradara yang bertugas menyelesaikan filmya adalah Steven Caple Jr. Filmnya akan mengambil latar waktu tahun 1994, ketika sepasang arkeolog dari Brooklyn terjebak dalam empat kelompok Transformers yaitu Autobots, Maximals, Predacons, dan Terrorcons. Film ini akan menampilkan Scourge, sebagai salah satu villain. Tetapi ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Scourge juga akan dipertemukan dengan villain lainnya yaitu Unicron di Rise of the Beasts.

Siapa Unicron?

Sebelum melihat Unicron lebih jauh di Rise of the Beasts, ada baiknya kita mengenal asal-usulnya. Asal-usul Unicron sebenarnya bervariasi, tergantung dengan cerita Transformer yang dihadirkan. Tetapi yang jelas, dia ancaman besar bagi seluruh alam semesta. Dalam sebuah cerita di Transfomers yang paling baru, disebutkan bahwa pada awal semesta muncul, The One menciptakan Unicron. Tetapi The One tidak hanya menciptakan Unicron sendiri karena dia juga menciptakan kembarannya, Primus. Unicron mewakili sisi jahat, sementara Primus mewakili kebaikan. Karena terlahir jahat, itulah sebabnya Unicron berusaha untuk membasmi semua Autobots di seluruh cerita Transformers.

Mendapat julukan sebagai Lord of Chaos dan Planet Eater, Unicron menghabiskan waktunya untuk memakan planet. Wajar saja, tubuhnya sangat besar dan dia tidak akan terpuaskan sampai tujuan akhirnya tercapai. Bahkan nih Geeks, Unicron juga adalah pemakan universe. Untuk melakukan tugas tersebut, Unicron mampu melakukan perjalanan melintasi universe sesuka hatinya. Sejauh ini, Unicron telah melahap sekitar 22,56% alam semesta, dan sepertinya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Seringkali, Unicron akan membuat kesepakatan dengan makhluk yang lebih rendah darinya, dan iapun menjanjikan kepada mereka kekuatan yang besar sebagai imbalan. Nah setelah mereka bersedia menjadi antek-anteknya, Unicron pun akan berkuasa dan memerintah mereka. Banyak yang kemudian secara sukarela melayani Unicron, walaupun sebenarnya Unicron tidak benar-benar memberikan kekuatannya kepada Transformers lainnya.

Manipulasi Terrorcons & Decepticons

Sebelum tampil di Rise of the Beasts, alangkah baiknya kita mengetahui betapa berbahayanya Unicron. Seperti yang kita sebutkan di atas, Unicron sering menjalin kesepakatan dengan makhluk yang lebih rendah darinya. Contohnya adalah saat Unicron akan mencoba kembali dihidupkan. Unicron meminta bantuan kapada Alpha Quintesson untuk mengumpulkan sekelompok pembangkang dari Decepticon dan kemudian mengubah mereka menjadi Terrorcons. Iapun menjanjikan Terrorcon kekuatan dahsyat sebagai imbalan atas apa yang mereka lakukan.

Tetapi setelah mereka membantunya, Unicron tidak pernah memberikan mereka kekuatan tambahan. Padahal, walau tubuh Unicron masih hancur, masih ada kekuatan besar yang dia miliki. Selain itu, Megatron juga pernah diberikan kekuatan oleh Unicron, dan menjadi seorang Decepticon kuat yang dikenal sebagai Galvatron. Tetapi Galvatron harus Unicron korbankan saat mereka menghadapi para Autobots, di mana Unicron meninggalkannya setelah terkepung. Yap, selama Unicron masih memiliki rencana untuk menang, dia akan mengorbankan semuanya, termasuk para bawahannya. Dan nanti, dia akan merekrut lagi pasukan baru, sebelum akhirnya mereka kembali ia tinggalkan. Itukah yang terjadi di Rise of the Beasts?

Koneksi Unicron dengan Beast Wars

Unicron memang memiliki keterkaitan dengan cerita Beast Wars sebagai karakter jahat. Dalam Transformers 1986 yang menjadi cerita lanjutan, Unicron sempat menggunakan tubuh Decepticons yang kalah untuk menciptakan Scourge, pemimpin baru Terrorcons, dan salah satu antagonis yang akan muncul di Beasts Wars. Sementara itu dalam komik Transformers: Armada yang rilis tahun 2003 lalu, komik tersebut menampilkan empat karakter yang terinspirasi dari Beast Wars yaitu Rhinox, Airazor, Terrorsaur, dan Cheetor. Mereka kemudian Unicron culik dalam cerita akhirnya. Keempat karakter tadi kemudian kembali dalam komik Energon, yang kemudian mereka berubah ketika Heralds of Unicron menjadi pembawa kehancuran dan kematian.

Bukti Kemunculan Unicron di Rise of the Beasts

Bukti utama bahwa Unicron akan menjadi villain utama di Transformers: Rise of the Beasts berasal dari beberapa gambar yang sempat sutradara bagikan. Beberapa gambar berasal dari akun Instagram milik Steven Capale Jr., di mana ada sebuah gambar yang menunjukkan pemimpin Terrorcons membawa simbol Unicron di kap mesinnya. Seperti yang kita sebutkan di atas, dalam cerita Transformers, Scourge diciptakan dengan penuh dendam oleh Unicron. Nah karena Scourge akan menjadi salah satu villain juga di film Rise of the Beasts, maka berarti kemunculan Unicron juga sangat mungkin, mengingat dialah yang membuatnya.

Tetapi masih belum kita ketahui secara pasti apakah Rise of the Beasts akan benar-benar mengadaptasi cerita aslinya untuk pengenalan para Beasts Warsnya atau tidak. Bisa jadi Scourge nantinya juga akan mereka ceritakan secara berbeda, dan ada perubahan asal-usul karakternya.

Itulah dia Geeks penjelasan singkat tentang Unicron dan kemungkinan kemunculannya di film Rise of the Beasts nanti. Meski masih belum terkonfirmasi, tetapi sudah ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Unicron akan muncul, terlepas hanya sebagai cameo, atau malah ialah villain utamanya. Kita tunggu aja ya Geeks cerita pasti filmnya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/