Setelah membangun fondasi plot di delapan eposide awalnya, akhirnya House of the Dragon season 1 mulai memasuki klimak cerita. Dengan episode 9 ‘The Green Council’ yang baru saja tayang hari ini di HBO, tampaknya perang saudara klan Targaryen akan segera mereka mulai. Semuanya bermula dari kesalahpahaman Queen Alicent Hightower dalam mengartikan permintaan terakhir King Viserys Targaryen.

Menjelang ajalnya, Viserys sebenarnya masih tetap memegang teguh pada keputusan awalnya. Yaitu menjadikan anak perempuannya Princess Rhaenyra Targaryen sebagai Ratu King’s Landing, yang akan mewarisi takhta sekaligus ‘ramalan’ Aegon the Conqueror. Namun, Alicent malah mengira nama Aegon yang dia dengar adalah Prince Aegon II Targaryen, sehingga dia menjadikan anak pertamanya tersebut sebagai raja baru. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak pembahasan ending House of the Dragon episode 9 di bawah ini, Geeks.

Bangkitnya Green Council di Westeros

Episode terbaru kali ini dimulai dengan pagi yang kelam dan menyedihkan karena kematian Viserys di ranjangnya. Ratu yang mengetahui hal tersebut lantas menemui ayahnya Otto Hightower untuk membicarakan permintaan terakhir sang raja yang salah dia tangkap. Mendengar raja ingin Aegon II naik takhta, Otto langsung mengadakan pertemuan mendadak bersama para council di King’s Landing untuk membahasnya. Pada titik inilah muncul korban pertama dari perang saudara Targaryen, yaitu Master of Coin Lyman Beesbury, yang tetap setia pada keputusan lama raja untuk mengangkat Rhaenyra.

Tidak berhenti sampai di situ saja, sambil mencari Aegon II yang menghilang, Otto juga mengumpulkan para lord atau wakilnya dari masing-masing klan di Westeros. Dalam prosesnya, dia menangkap bahkan membunuh beberapa perwakilan klan yang bersumpah untuk tetap setia kepada Rhaenyra. Pada saat yang bersamaan, Alicent juga mendatangi kamar Princess Rhaenys Targaryen untuk meminta dukungan. Namun, Rhaenys justru tidak setuju jika Aegon II menjadi raja apalagi dengan menikung Rhaenyra. Tidak peduli dengan siapa saja yang mendukungnya, Alicent tetap ingin menjadikan anaknya sebagai raja.

Setelah Otto berhasil menebus Aegon II dari Mysaria alias White Worm, keesokan paginya Aegon langsung mengikuti upacara penobatan sebagai raja baru di aula Dragonpit. Dengan dukungan dari banyak klan, serta keyakinannya terhadap permintaan terakhir Viserys, Alicent merasa bahwa ini semua memang harus terjadi. Padahal dia tahu Rhaenyra yang pada saat itu berada di Dragonstone pasti akan sangat marah dengan perbuatannya. Walaupun begitu, Alicent tampaknya sangat yakin bahwa Persekutuan Ratu alias ‘Green Council’ yang baru saja bangkit, sudah siap untuk menghadapi ‘amarah’ Rhaenyra.

Apa Arti Kepergian Rhaenys dan Naganya?

Di ending, saat upacara penobatan Aegon II tengah berlangsung, diam-diam Rhaenys berhasil kabur dari kamarnya berkat bantuan Ser Eryck. Ketika rakyat King’s Landing bersorak untuk Aegon yang baru saja naik takhta, Rhaenys pergi ke rubanah Dragonpit untuk mengendarai naganya, Meleys. Seketika, upacara yang menggembirakan langsung berubah menjadi teriakan dari para korban amukan Rhaenys dan Meleys. Green Council yang tampak tidak berdaya hanya bisa melihat betapa mengerikannya Rhaenys ketika bersama naganya.

Awalnya Alicent mengira Rhaenys akan menyuruh Meleys menyemburkan apinya kepada Aegon II dan Green Council yang ada di belakangnya. Ternyata Meleys hanya mengaum dan Rhaenys langsung membawanya terbang menjauh dari King’s Landing. Arti dari adegan ini sebenarnya jauh lebih besar dari yang terlihat. Karena secara tidak langsung Rhaenys telah ‘meniup terompet’ tanda awal perang saudara Targaryen melalui auman Meleys. Sepertinya Rhaenys akan menjadi orang pertama yang memberi tahu Rhaenyra tentang pengkhianatan lawan mereka, Alicent dan Green Council-nya.

Itulah penjelasan tentang ending House of the Dragon episode 9 yang sangat epik. Dengan dimulainya perang saudara Targaryen, selanjutnya Rhaenyra tampaknya akan sibuk memperkuat kubu ‘Black’-nya. Dengan bergabungnya Rhaenys nanti, setidaknya dia telah mempunyai tiga dragonider kuat, bersama suaminya Prince Daemon Targaryen. Di sisi lain, untuk saat ini dragonrider dari kubu Green yang harus mereka waspadai adalah Prince Aemond dan naga raksasanya, Vhagar. Jangan lewatkan keseruan final episode House of the Dragon yang berjudul ‘The Black Queen’ pada tanggal 24 September nanti ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.