Setelah penantian yang sangat panjang, akhirnya para penggemar bisa segera menyaksikan film Black Adam di bioskop. Film terbaru DCEU ini akan memperkenalkan sang antihero yang sangat populer dari DC Comics, yaitu Teth-Adam alias Black Adam. Menurut sinopsisnya, Adam telah terpenjara selama 5.000 tahun dan baru terbebas pada era modern. Itu artinya ada seseorang yang telah memicu sebuah peristiwa, sampai akhirnya Adam bisa lolos dari penjara abadinya. Siapakah kira-kira sosok penting ini?

Meskipun filmnya belum tayang, sebenarnya DC telah merilis komik prekuel berjudul Black Adam: The Justice Society Files. Selain mengungkap bagaimana Justice Society bisa terbentuk di DCEU, komiknya juga menceritakan konflik pada era modern Khandaq yang melibatkan kelompok kriminal Intergang. Sosok protagonis dalam kisah tersebut tidak lain adalah Adrianna Tomaz (Sarah Shahi). Ada kemungkinan dialah yang nantinya akan membebaskan Adam di filmnya. Sebelum membahas bagaimana Adrianna melakukan hal tersebut, mari kita pahami terlebih dahulu alasan mengapa Black Adam dipenjara!

Dipenjara dan Kekuatan Black Adam Diambil

Kisah terpenjaranya Black Adam sepertinya mengambil referensi dari DC Comics, di mana penyihir Shazam terpaksa mengasingkannya karena dia terlalu kejam. Dalam acara DC FanDome 2020, DC pernah menjelaskan origin Black Adam di timeline DCEU. Sejatinya dia adalah seorang budak Khandaq yang lahir sekitar 5.000 tahun lalu. Di Khandaq sendiri banyak sekali orang sepertinya yang sangat mendambakan kebebasan dan mengharapkan kehadiran seorang penyelamat. Sampai akhirnya seorang penyihir misterius memberikan kekuatan gaib kepada Adam untuk menyelamatkan Khandaq pada saat itu.

Namun ketika Adam berusaha mengubah keadaan di sekitarnya, kekuatan barunya malah berpotensi menghancurkan Khandaq. Tidak jelas apa yang telah Adam lakukan pada saat itu, tetapi kemungkinan dia menggunakan kekuatannya untuk membunuh orang-orang jahat dengan sangat kejam. Penyihir sebelumnya yang memberi Adam kekuatan, terpaksa mengambil kembali kekuatannya dan mengurungnya di sebuah penjara gaib yang lokasinya tersembunyi. Berabad-abad kemudian mungkin ada orang yang berhasil menemukan peta menuju kurungan atau makam Black Adam dan akhirnya membebaskannya.

Peta Misterius yang Menunjukkan Makam Rahasia

Komik Black Adam: The Justice Society Files, menggambarkan karakter Adrianna sebagai seorang profesor Khandaq pada era modern. Selain bekerja di sebuah perguruan tinggi, ternyata Adrianna juga menjadi seorang pejuang perlawanan Khandaq melawan tirani kelompok Intergang. Adrianna dan Intergang diceritakan saling berebut mencari sebuah artefak Eternium yang konon dapat menjadi sebuah kunci untuk kemenangan Khandaq. Singkat cerita, Adrianna berhasil menemukan artefak tersebut sambil berusaha melarikan diri dari Intergang yang telah mengetahui keberadaannya.

Dalam prosesnya, Intergang berhasil menangkapnya dan berusaha membunuhnya. Untungnya, Adrianna sudah menyembunyikan artefaknya dan menyuruh saudara serta anaknya Amon untuk mengambilnya. Sementara Adrianna berhasil melarikan diri dari Intergang, Amon dan saudaranya telah menunggu Adrianna di suatu tempat. Pada titik inilah Adrianna menempelkan kalungnya ke artefak Eternium tersebut dan tiba-tiba sebuah peta gaib muncul, Menurutnya, peta ini akan membawanya ke makam rahasia di Rock of Eternity yang di dalamnya terdapat ‘The Crown’.

Adrianna akan Membebaskan Black Adam

Meskipun Adrianna tidak mengetahui apa pun tentang Black Adam, tetapi bukan tidak mungkin peta yang dia temukan sebenarnya mengarah ke penjara sang antihero. Karena The Crown sendiri mungkin adalah julukan orang-orang Khandaq untuk pahlawan mereka, Black Adam. Petunjuk lainnya bahwa peta tersebut mengarah ke penjara Black Adam adalah perkataan Adrianna yang menyinggung soal Rock of Eternity. Di DC Comics, Rock of Eternity adalah sebuah gunung yang terbuat dari batu neraka dan surga, serta dapat menetralisir semua kekuatan dari penyihir Shazam, termasuk yang Adam miliki.

Nantinya mungkin Adrianna akan menuju lokasi tersebut dan secara tidak sengaja melepaskan Adam dari penjara abadinya. Saat kelompok Intergang yang berhasil mengikutinya datang, di sinilah Adam muncul untuk menolong Adrianna. Adegan ini tampaknya sempat terlihat juga di trailer filmnya, di mana Adam membakar seorang kriminal bersenjata sampai hangus. Alasan mengapa Adrianna sangat penting bagi kisah Black Adam adalah karena di komiknya dia adalah istri keduanya. Jadi cukup masuk akal jika dia menjadi sosok yang akan membebaskan Adam dari penjara abadinya.

Itulah pembahasan tentang sosok Adrianna Tomaz yang berpotensi membangkitkan Black Adam di DCEU. Sejauh ini masih belum bisa kita pastikan apakah Adrianna versi DCEU akan mempunyai kisah yang sama seperti di komiknya. Namun, jika benar dia berhasil membebaskan Adam, tidak mustahil nantinya Adam akan berterimakasih bahkan sampai menaruh hati kepadanya. Karena di komiknya sendiri Adam tidak bisa lepas dari Adrianna, yang perlahan-lahan membuatnya ‘lebih baik’. Kebenarannya hanya akan terungkap di film Black Adam yang akan tayang di bioskop Indonesia mulai tanggal 19 Oktober besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.