Geeks tentunya sudah tidak sabar menyaksikan film Black Adam, yang bakal rilis dalam waktu dekat. Bagaimana tidak? Film tersebut akan menampilkan banyak jagoan, mulai dari Doctor Fate, Hawkman, Cyclone hingga Atom Smasher. Mereka semua akan tergabung dalam sebuah tim superhero bernama Justice Society, untuk melawan kekuatan jahat Black Adam. Tetapi sebelum menyaksikan filmnya, ada baiknya kita membaca komik terbaru DC yang menjadi prekuel dari film Black Adam berjudul Black Adam: Justice Society Files. Dalam komik tersebut, kita akhirnya mengetahui tentang fakta Justice League dan Justice Society di DCEU.

Justice Society Eksis Sebelum Justice League

Komik prekuel Black Adam mengungkap banyak hal menarik tentang Justice Society. Dalam komik tersebut, terungkap bahwa sebenarnya Justice Society telah eksis lebih dulu dari Justice League. Tetapi di masa itu, baru dua anggota Justice Society yang kita ketahui. Mereka adalah Hawkman dan Doctor Fate. Masih belum jelas, kemana sisa anggota lainnya dan apa yang terjadi dengan mereka.

Tetapi umur dari Justice Society sepertinya tidak terlalu panjang. Yap, mereka membubarkan diri karena suatu alasan yang tidak mereka sebutkan. Masing-masing anggotanya pun melakukan perjalanannya secara individual untuk melindungi dunia.

Tetapi suatu tragedi muncul, dimana ia harus melawan Craddock yang bangkit dari kematian. Hawkman memang bisa mengalahkannnya dengan mudah, namun tragedi tersebut menyadarkan Hawkman bahwa akan ada ancaman besar yang akan hadir. Oleh sebab itu, ia berinisiatif untuk kembali membangun Justice Society. Tak menunggu waktu lama, Hawkman pun mulai merekrut anggota baru.

Karakter pertama yang Hawkman rekrut lebih dulu adalah Cyclone. Awalnya, Cyclone menolak tawaran Hawkman untuk bergabung. Cyclone sebenarnya ingin bergabung, hanya saja dia masih ragu dengan kemampuannya. Tetapi setelah Hawkman menolongnya, Cyclone sepertinya mengubah keputusan tersebut dan memutuskan bergabung. Anggota salanjutnya yang Hawkman rekrut ke Justice Society adalah Atom Smasher. Dia direkrut setelah berhasil mengalahkan para mafia, dan memukul mundur para Intergang. Hingga akhirnya Kent Nelson alias Doctor Fate menghubungi Hawkman lebih dulu untuk kembali bergabung di Justice Society.

Justice League Isi Kekosongan Justice Society

Seperti yang sudah kita sebutkan di atas, Justice Society sempat beberapa tahun tidak aktif. Tanpa tim pahlawan yang bertugas melindungi bumi, Bumi menjadi sangat rentan. Jumlah kejahatan tentu saja akan meningkat. Hal tersebut dapat kita lihat saat munculnya banyak villain di waktu yang bersamaan. Tetapi dalam komik prekuel Black Adam, ternyata terungkap bahwa di DCEU, Justice League yang dibentuk untuk mengisi kekosongan Justice Society. Hal tersebut terungkap saat Hawkman mengejar seorang villain bernama Craddock.

Saat Craddock berbicara dengan rekannya, rekannya mengatakan bahwa, “Kami lebih khawatir tentang orang-orang yang seperti Superman”, yang berarti mengkonfirmasi bahwa Justice League berada di satu universe yang sama dengan Justice Society. Bahkan paman dari Atom Smasher pun sempat menyebut nama Batman yang semakin menegaskan bahwa Justice League dan Justice Society berada di universe yang sama.

Namun jika merunut sejarah di DC Comics, sebenarnya ketika DC memperkenalkan Justice League untuk pertama kalinya di tahun 60-an, banyak yang memprotes kemunculan mereka. Justice League dianggap menggantikan eksistensi Justice Society yang sudah ada lebih dulu. Oleh sebab itulah DC kemudian mengenalkan konsep Multiverse, dan memisahkan Justice Society dan Justice League ke dua semesta yang berbeda. Tetapi lewat empat komik prekuel Black Adam, sekarang kita mengetahui bahwa di DCEU Justice Society dan Justice League berada di semesta yang sama, hanya perbedaan terdapat pada timeline keduanya.

Nasib Justice Society Pasca Black Adam

Setelah kita mengetahui bahwa Justice Society dan Justice League berada di semesta yang sama, lantas yang menjadi pertanyaan adalah apakah mereka akan saling bekerja sama? Bisa jadi. Terutama ketika mereka harus berurusan dengan ancaman yang sangat besar. Black Adam contohnya. Sebagai karakter dengan kekuatan yang dahsyat, Black Adam sangat mungkin menghabisi Justice Society atau Justice League seorang diri. Bahkan Doctor Fate pun mendapat penglihatan yang mana memperlihatkan saat Black Adam membunuh seluruh anggota Justice Society.

Justice League dan Justice Society sepertinya masih harus menyatukan kekuatan mereka untuk dapat menggulingkan Black Adam. Dalam komik DC pun, sudah banyak peristiwa yang memperlihatkan kolaborasi dari Justice Society dan Justice League. Yang paling berkenang tentu saja adalah saat peristiwa Crisis on Infinite Earth dan Murder of Mister Terrific, di mana kedua tim superhero tersebut saling membantu untuk menghentikan ancaman yang ada.

Tentu akan sangat menarik melihat 2 tim superhero saling bersandingan di DCEU. Namun sebelum itu, mari kita saksikan dulu aksi dari Justice Society dalam film Black Adam yang akan rilis tanggal 19 Oktober 2022. Jangan sampai ketinggalan ya Geeks!

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/