Dalam film Werewolf by Night, Marvel Studios mengenalkan salah satu monster klasik dari komik Marvel. Monster tersebut bernama Ted alias Man-Thing. Ketika para pemburu mulai beraksi di rumah keluarga Bloodstone, mereka ditugaskan untuk memburu Man-Thing. Saat perburuan terjadi, tidak ada yang menyangka bahwa sebenarnya Jack Russell (Gael Garcia Bernal) adalah teman Man-Thing.

Terungkap bahwa sebenarnya Jack mengikuti permainan tersebut hanya untuk membebaskan Man-Thing dari siksaan sebuah benda bernama Bloodstone, yang berada di tubuhnya selama ini. Jack pun berniat untuk membebaskan monster tersebut dan keluar dari tempat terkutuk keluarga Bloodstone. Di Marvel Comics, Man Thing sebenarnya mempunyai sejarah yang panjang. Lantas siapa dia? Simak pembahasannya berikut ini Geeks!

Man-Thing, “Korban” Serum Super Soldier

Pertama kali debut di tahun 1971, Man-Thing pertama kali muncul di komik Savage Tales #1. Sebelum menjadi Man-Thing, dia sebenarnya adalah manusia biasa yang bekerja sebagai ahli biokimia. Nama aslinya adalah Dr. Ted Sallis. Ketika itu, Ted memiliki tugas untuk mengerjakan sebuah proyek khusus bernama Project Gladiator. Ted dituntut untuk membuat duplikat dari serum Super-Soldier, sebuah serum yang pada akhirnya membuat Steve Rogers menjadi Captain America. Selama mengerjakan proyek tersebut, sebuah Organisasi bernama AIM (Advanced Idea Mechanics) mulai memata-matai Ted.

Mereka ternyata mengincar serum tersebut, dan berencana menggunakannya untuk kejahatan. Ketika AIM mulai bergerak untuk mencuri serumnya, Ted menyadari bahwa ada bahaya yang mengincar. Ted yang terpojok kemudian menyuntikkan dirinya dengan serum tersebut, sebelum akhirnya ia pergi menggunakan mobilnya. Namun na’as, mobil yang Ted tumpangi mengalami kecelakaan sehingga membuatnya tenggelam di sebuah rawa-rawa.

Ted tidak menyadari bahwa rawa tersebut berisi sebuah zat dari Nexus of All Realities, yang membuat serum Super Soldier ditubuhnya bereaksi, hingga akhirnya tubuh Ted berubah menjadi makhluk bermata merah besar yang disekujur tubuhnya terdapat akar-akar panjang. Sejak itulah dia tidak bisa lagi berbicara, dan semua kenangannya menghilang.

Berkekuatan Magis

Man-Thing punya segudang kekuatan yang berasal dari serum yang ia suntik. Tapi tidak hanya itu, kekuatannya juga berpadu dengan energi magis dari Nexus of All Realities. Dengan begitu, Man-Thing memiliki kecepatan, kecerdasan, kekuatan, dan daya tahan yang luar biasa. Selain itu dia juga memiliki kemampuan spiritual yang membuatnya kebal terhadap berbagai macam penyakit. Dengan kekuatan supernya, dia bahkan bisa mengangkat mobil seberat satu ton lebih. Nah karena ia memiliki koneksi dengan Nexus of All Realities, ia pun akhirnya menjadi penjaga portal tersebut.

Buat Geeks yang belum tahu, Nexus of All Realities adalah lokasi penting di multiverse. Disitulah seseorang dapat mengakses setiap kemungkinan realitas di multiverse. Di series What If, tempat tersebut sempat dijelaskan secara singkat. Nexus of All Realities diawasi oleh Uatu the Watcher, dan hanya makhluk kuat yang dapat mengaksesnya. Kembali ke komiknya, Man-Thing pernah bersekutu dengan Howard the Duck. Selain itu, Man-Thing juga pernah bergabung dengan beberapa tim seperti Thunderbolt, Daydreamers, Midnight Sons, dan Legion of Monsters. Di Midnight Sons dan Legion of Monster lah dia akhirnya bertemu dengan Werewolf by Night dan Elsa Bloodstone.

Hubungan Man-Thing dan Jack di MCU

Ketika Jack pertama kali melihat Man-Thing di rumah keluarga Bloodstone, Jack menganggap bahwa Man-Thing bukanlah monster, melainkan temannya. Jack pun menceritakan kepada Elsa bahwa Man-Thing lebih suka untuk dipanggil Ted. Sebenarnya, baik Jack dan Ted, keduanya sama-sama seekor monster. Jack adalah seorang Werewolf by Night dan Ted merupakan Man-Thing.

Karena merasakan hal yang sama, mereka pun saling memahami satu sama lain, sehingga membuat Jack rela berkorban untuk membantu Man-Thing, untuk dapat keluar dari tempat tersebut. Ada hubungan yang kuat antara kedua karakter tersebut. Kemungkinan besar, mereka berdua adalah teman lama yang akhirnya bertemu dalam film Werewolf by Night.

Sekarang mereka berdua telah terbebas dan mereka mungkin akan kembali beraksi di masa depan MCU. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini MCU sedang menyiapkan dunia supranatural, dengan kemunculan Blade. Mungkin suatu saat nanti, mereka akan beraksi dan membentuk tim superheronya sendiri. Nah, kita masih belum mengetahui apakah Man-Thing di MCU benar-benar mengadaptasi cerita di komiknya atau tidak. Jika mengadaptasi dari komiknya, maka bisa jadi Man-Thing akan memiliki peran penting di MCU untuk menjaga Nexus of All Realities.

Itulah dia Geeks penjelasan tentang sosoknya di MCU. Walau bentuknya menyeramkan, tetapi di balik itu dia adalah sosok biasa. Apakah dia akan kembali muncul di MCU? Kita tunggu aja ya Geeks kelanjutannya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/