Tidak sedikit penggemar yang bertanya-tanya apakah tayangan spesial Halloween Werewolf By Night adalah bagian dari MCU. Rasa penasaran tersebut mungkin baru muncul setelah melihat betapa uniknya tayangan karya Michael Giacchino ini. Berfokus pada karakter bernama Jack Russell, tayangan yang baru saja rilis di Disney+ ini menceritakan petualangannya bersama seorang pemburu monster bernama Elsa Bloodstone.

Dalam prosesnya mereka harus menyelamatkan monster bernama Ted alias Man-Thing. Sekaligus menghadapi pemburu hantu lain yang dipimpin oleh ibu tiri Elsa bernama Verussa. Singkat cerita akhirnya Jack berubah menjadi Werewolf By Night dan membunuh pasukan pemburu monster. Kemudian Man-Thing yang sebelumnya telah Elsa dan Jack selamatkan, akhirnya membalas budi dengan membunuh Verussa. Sedangkan Elsa akhirnya mendapatkan pusaka Bloodstone, warisan dari mendiang ayahnya, Ulysses.

Mengingat para karakter di dalam tayangan spesial ini sepenuhnya baru, serta tidak ada karakter MCU lainnya yang muncul, cukup masuk akal mengapa banyak penggemar yang bingung dengan status canon Werewolf By Night. Namun, sebenarnya ada satu petunjuk yang secara tidak langsung memberikan jawaban terkait masalah tersebut. Bahkan mungkin menjelaskan timeline Warewolf by Night di MCU!

Petunjuk Penting di Opening Werewolf By Night

Berdasarkan apa yang terlihat di Werewolf By Night kemarin, tayangan spesial ini memang mempunyai beberapa perbedaan dengan tayangan MCU lainnya. Sejauh ini, hanya Werewolf By Night yang menyajikan tayangannya dalam format ‘black and white’ alias noir a la film-film tahun 1930-an. Selain membuat nuansa horornya makin terasa, format noir juga Marvel Studios manfaatkan untuk menyembunyikan adegan berdarah-darah di dalam tayangannya. Itulah mengapa akhirnya banyak penggemar yang penasaran dengan status canonnya.

Untungnya, sutradara Michael Giacchino dan Marvel Studios menyematkan satu petunjuk penting di opening Werewolf By Night. Yaitu narasi pembuka tentang keberadaan tim superhero Avengers yang terdiri dari Hawkeye, Black Widow, Captain America, Iron Man, Hulk, dan Thor. Setelah narator Rick Wasserman menjelaskan keberadaan para pahlawan tersebut, kamera langsung turun untuk memperlihatkan sosok vampir mengerikan. Rick mengatakan bahwa di dunia modern, para monster harus bersembunyi di balik kegelapan karena ada orang-orang yang memburu mereka.

Opening dan narasi tersebut secara tidak langsung telah menegaskan bahwa Werewolf By Night adalah tayangan canon MCU. Yang keberadaannya sama seperti para Avengers dan juga superhero lainnya. Sebelumnya Giacchino juga pernah mengatakan hal serupa kepada Polygon bahwa dia sengaja memasukan elemen Avengers dengan cara seperti itu, untuk menegaskan bahwa tayangannya memang bagian dari MCU. Karena status canonnya sudah terkonfirmasi, sekarang yang jadi pertanyaan kapan timeline Werewolf By Night di MCU?

Kapan Werewolf By Night Berlangsung?

Untuk menjawab hal ini sebenarnya jauh lebih rumit dari sekadar menjelaskan status canon Werewolf By Night. Karena di dalam tayangannya sama sekali tidak ada penyebutan tahun kejadian. Baik Jack maupun Elsa, mereka tampaknya tidak menyinggung peristiwa lain di MCU, selain kehidupan mereka sendiri. Hal inilah yang membuat timeline Werewolf By Night kurang begitu jelas. Apalagi dengan format noir, tayangannya terasa seperti berlangsung pada masa yang sangat lampau. Namun, di ending ternyata terungkap bahwa dunia monster ini juga cukup berwarna seperti tayangan MCU lainnya.

Meskipun tidak ada jawaban pasti untuk menjelaskan timeline Werewolf By Night, tetapi kita bisa saja berspekulasi, berdasarkan petunjuk kehadiran Avengers di opening. Jika mengacu pada komposisi anggota Avengers yang masih sangat sedikitsepertinya narator Rick tengah menceritakan kemunculan para anggota pendiri di film The Avengers (2012). Artinya kemungkinan besar tayangan Werewolf By Night sebenarnya berlangsung tidak lama setelah Avengers menyelamatkan Kota New York dari Loki dan pasukan Chitauri.

Perlu kita catat bahwa pembahasan timeline ini masih bersifat spekulasi. Namun, jika benar Werewolf By Night terjadi tidak lama setelah film The Avengers, artinya para monster sebenarnya sudah ada sejak lama di MCU. Di sisi lain, kesuksesan Werewolf By Night sendiri secara tidak langsung telah mebukakan jalan bagi monster lain untuk muncul. Bahkan jika beruntung, kita mungkin akan melihat kemunculan para karakter dari Werewolf By Night di tayangan horor MCU lainnya. Misalnya di serial Agatha: Coven of Chaos atau film Blade yang akan datang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.