Beberapa waktu yang lalu Marvel Studios baru saja merilis trailer perdana dari tayangan terbaru mereka yang berjudul Werewolf By Night. Tayangan spesial Halloween ini akan bisa segera penggemar nikmati pada awal bulan Oktober besok. Di mana ada sejumlah monster Marvel yang akan melakukan debutnya di MCU. Termasuk Werewolf By Night dan Man-Thing yang sudah sangat terkenal di dunia horor Marvel. Tidak ketinggalan juga pemburu monster Elsa Bloodstone yang sepertinya akan memainkan peran vital di tayangannya.

Menariknya, meskipun masih belum tayang, tetapi tidak sedikit yang merasa Marvel Studios tengah mempersiapkan sesuatu dengan tayangan Werewolf By Night. Khususnya karena tiga karakter horor yang namanya sudah kita singgung di atas, sebenarnya mempunyai ‘benar merah’ yang terhubung langsung dengan persatuan monster Marvel. Yaitu Legion of Monsters, yang sebelumnya telah membantu Marvel dalam membangun elemen horor di komiknya. Hal yang sama juga bisa saja terjadi di MCU, untuk itulah kali ini kita akan membahas Legion of Monsters dan teori kemunculannya di Werewolf By Night.

Legion of Monsters, Pelindung Para Monster Marvel

Sesuai dengan namanya, Legion of Monsters adalah kelompok yang anggotanya terdiri dari para monster di semesta Marvel. Mereka bersumpah untuk melindungi para monster yang sengaja diburu dan bahkan dibunuh oleh orang atau monster jahat lainnya. Pertama kali muncul di komik Marvel Premiere #28 (1975) karya Bill Mantlo dan Frank Robbins, Legion of Monsters terbentuk secara tidak sengaja ketika masing-masing pendirinya mencoba menginvestigasi fenomena aneh. Di mana alien Elder Race bernama Starseed jatuh ke Bumi dan menyebabkan serangkaian gempa Bumi.

Saat pertama kali sosoknya terungkap, sebenarnya Starseed adalah entitas yang berniat menyelamatkan manusia, tetapi Morbius dan Werewolf By Night malah langsung menyerangnya. Parahnya lagi, Man-Thing dan Ghost Rider yang datang setelahnya juga langsung membantu menghancurkan Starseed. Pada akhirnya keempat pendiri Legion of Monsters ini sadar bahwa yang mereka lakukan salah. Namun semuanya sudah terlambat, menjelang ajalnya Starseed mencoba melepas kutukan mereka semua. Sayangnya dia lebih dahulu mati dan para Legion of Monsters kembali ke wujud monsternya.

Setelah sempat membubarkan diri, mereka pada akhirnya kembali bertemu. Tepatnya saat para monster menjadi buruan ‘Hunter of Monster Special Force’ dari Jepang. Pada titik inilah Legion of Monsters menemukan sumpah dan tujuan baru mereka, yaitu menyelamatkan para monster dari perburuan orang jahat. Dalam prosesnya Legion of Monsters berhasil menggiring para monster ke Morlock Tunnels. Di mana akhirnya mereka mendirikan kota bawah tanah bernama Monster Metropolis, agar bisa hidup dengan damai dan jauh dari manusia.

Para Karakter Populer di Legion of Monsters

Awalnya tidak ada yang mengira bahwa Legion of Monsters akan sebesar sekarang, bahkan sampai mendirikan Monster Metropolis. Karena semuanya bermula dari pertemuan tidak sengaja antara para monster arogan, yaitu Werewolf, Morbius, Man-Thing, dan Ghost Rider. Meskipun sempat dibubarkan karena manusia selalu mencap mereka sebagai penjahat, pada akhirnya Legion of Monster berhasil menemukan jalannya untuk kembali lebih kuat. Dengan sejumlah anggota tambahan, seperti N’Kantu the Living Mummy dan Manphibian.

Setelah bermarkas di Monster Metropolis, persatuan monster ini bahkan tumbuh makin besar dengan jajaran anggota yang lebih beragam. Mulai dari antihero Punisher yang sempat mati dibunuh oleh Daken di komik Punisher Vol. 8 (2009) dan hidup kembali sebagai monster bernama FrankenCastle. Sampai pemburu monster Elsa Bloodstone yang malah membantu Werewolf dan monster lain untuk mengalahkan Dimensional Man di komik Legion of Monsters Vol 2 (2011). Anggota lainnya yang cukup terkenal adalah Siklah, Satana, dan Simon Garth alias Zombie.

Marvel Tengah Menyiapkan Legion of Monster di MCU?

Ada banyak petunjuk yang kengisyaratkan kemunculan Legion of Monster di tayangan Werewolf By Night. Mulai dari hadirnya para pendiri Legion of Monster, yaitu Werewolf dan Man-Thing yang sosoknya terlihat jelas di trailer. Kemudian keterlibatan Elsa yang mungkin akan menjadi bagian sekaligus memperkuat persatuan monster di MCU. Sampai munculnya karakter Verusa, pemimpin dari pemburu monster MCU, yang tujuannya sama seperti Hunter of Monster Special Force di komik. Yaitu memburu para monster dan menumpas mereka sampai ke akarnya.

Petunjuk lainnya, bisa kalian lihat juga pada potongan gambar trailer di atas. Di mana ada sosok monster bertelinga besar, mempunyai taring panjang, dan mata yang membelalak, mirip seperti penampilan Manphibian di komik. Manphibian sendiri adalah salah satu anggota inti Legion of Monster di Marvel Comics yang debut sekitar tahun 70-an. Sayangnya, di trailer Werewolf By Night, dia hanya terlihat sebagai pajangan di dalam kotak etalase. Yang mungkin menandakan bahwa dia telah kalah atau bahkan mati di tangan pemburu monster.

Jika benar Legion of Monsters akan debut di Werewolf By Night, bukan tidak mungkin tayangan spesial Halloween ini juga akan mengarah pada pembentukan kota Monster Metropolis. Di mana Werewolf akan menjadi monster pertama yang sadar bahwa sejatinya para monster membutuhkan perlindungan. Kita lihat saja nanti kebenarannya di tayangan Werewolf By Night, yang akan tayang di Disney+ pada tanggal 7 Oktober besok. Tayangan berdurasi 53 menit ini akan menampilkan bintang, seperti Gael G. Bernal sebagai Werewolf By Night, Laura Donnelly sebagai Elsa Bloodstone, dan Harriet S. Harris sebagai Verusa.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.