Selama kemunculan Black Panther di Marvel Comics, sudah banyak karakter yang pernah merasakan gelar Black Panther. Yap, Black Panther adalah sebuah gelar, mirip seperti Captain America. Terhitung, banyak sekali karakter dari Wakanda yang pernah mendapatkan gelar tersebut, seperti T’Chala, Shuri, Azari, hingga Erik Killmonger pun pernah merasakannya. Tapi nih Geeks, selain para penduduk Wakanda, adakah karakter dari luar Wakanda yang pernah menjadi Black Panther? Ada! Lantas siapa saja mereka? Simak berikut ini Geeks!

Kevin Cole

Di antara semuanya mungkin Kevin Cole yang paling menarik perhatian. Pasalnya, Cole hanyalah seorang manusia pada umumnya. Cole adalah anggota polisi yang sering memerangi para pengedar Narkoba. Setiap beraksi, Cole biasanya melakukan tugasnya seorang diri, tanpa bantuan polisi lain. Suatu ketika, Cole meminjam kostum Black Panther yang tersimpan di loker atasannya untuk memburu para penjahat. Tindakan ilegalnya tersebut berhasil menghentikan para penjahat. Namun ada harga mahal yang harus dibayar. Setelah kejadian tersebut, Cole dipencat dari kepolisian.

Sejak itulah Cole tak lagi menggunakan kostum Black Panther. Tetapi suatu ketika, Cole dan Erik Killmonger bertemu hingga akhirnya Killmonger memberikan Cole kekuatan super lewat sebuah tanaman berbentuk hati. Berkat kekuatan barunya, Cole menjadi anggota White Tiger pimpinan Killmonger.

Storm

Selanjutnya, yang pernah menjadi Black Panther adalah Ororo Munroe atau yang kita lebih kenal sebagai Storm. Dia adalah seorang mutant dan tokoh penting dalam cerita X-Men. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana bisa Storm berubah menjadi Black Panther? Kejadiannya bermula saat Storm melakukan pemisahan kekuatan dari tubuhnya. Setelah kekuatannya berhasil dipisahkan, dan disimpan pada sebuah tempat bernama Pipeline, kondisi Storm semakin kacau.

Kejadian itulah yang membuat Storm memiliki identitas baru sebagai Ghost Panther, dan ia mendapatkan armor khusus yang Tony Stark ciptakan. Setelah Storm menjadi versi terbaru dari Black Panther, dia sudah beberapa kali melawan villain yang mengancam keselamatan Wakanda. Setelah itulah Storm di dapuk menjadi pemimpin Wakanda baru.

Steve Rogers

Berikutnya adalah Steve Rogers. Mungkin Geeks bertanya-tanya bagaimana bisa Steve Rogers yang lekat dengan gelar Captain America bertransformasi menjadi Black Panther? Yap, transformasi Steve Rogers terjadi di Earth-1610. Ketika itu, Rogers menjadi Black Panther untuk menggantikan posisi T’Challa di sebuah tim superhero bernama Ultimates. Saat itu, T’Challa memutuskan untuk pulang ke Wakanda, sehingga tidak ada lagi yang menjadi Black Panther. Saat itulah Rogers diam-diam menggunakan identitas Black Panther.

Hanya T’Challa dan Tony Stark yang akhirnya mengetahui bahwa Rogers menjadi Black Panther. Ketika menjadi Black Panther, Steve Rogers sudah beberapakali menghajar musuh-musuh kuat, seperti saat melawan android Venom. Selain itu, Black Panther versi Steve Rogers pernah menghajar Juggernaut. Sayangnya, Juggernautlah yang berhasil mengalahkan Steve Rogers dengan kostum Black Panther-nya.

Ngozi

Sama seperti Kevin Cole, Ngozi sebenarnya hanya orang biasa asal Nigeria. Tetapi, ia memiliki segudang prestasi olahraga. Ia adalah mantan altet hebat. Namun karena mengalami kecelakaan dan lumpuh, kariernya sebagai atlet lari pun sirna. Nasibnya kemudian berubah 180 derajat setelah ia bertemu dengan symbiote Venom, yang kemudian mengambil alih tubuhnya. Sejak itulah Ngozi bisa kembali berjalan, namun dengan kemampuan Venom di dalam tubuhnya.

Suatu ketika Ngozi harus berhadapan dengan Rhino, yang melarikan diri setelah membunuh Black Panther. Nah setelah pertarungan alot antara keduanya, Rhino pun berhasil Ngozi kalahkan. Karena merasa berterima kasih, Dora Milaje dari Wakanda akhirnya mengajak Ngozi untuk menjadi Black Panther baru menggantikan T’Challa.

Itulah dia Geeks para karakter yang pernah menjadi Black Panther. Ternyata selain para penduduk Wakanda, ada beberapa orang yang beruntung karena pernah menjadi Black Panther baru. Di antara beberapa nama tersebut? Siapa yang menjadi favorit Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/